PENGARUH KUALITAS DAN HARGA PRODUK SMARTPHONE XIAOMI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA COUNTER WARNA – WARNI CELL

Muhammad Rifal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas dan harga produk Smartphone Xiaomi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Counter Warna - Warni Cell. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen pengguna smartphone xiaomi terhadap keputusan pembelian konsumen pada Counter Warna - Warni Cell. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 67 orang. Pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling, dengan jenis metode accidential sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert yang masing-masing sudah diuji coba dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil analisis regresi linear berganda menunjukkan bahwa variabel kualitas dan harga produk smartphone xiaomi secara simultan mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen pada Counter Warna - Warni Cell.  Hal ini dapat dibuktikan dari nilai Fhitung 7,161  3,24 dengan nilai signifikansi (sig) sebesar 0,002 < 0,05 (a = 5%). Berdasarkan hasil uji t (Uji Parsial) tidak semua variabel berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Counter Warna – Warni Cell.  Hal ini dapat dibuktikan dari nilai thitung variabel kualitas sebesar 2,481 > 1,999 dan nilai signifikansi (sig) adalah sebesar 0,002 < 0,05 (a = 5%) dan nilai thitung variabel harga produk sebesar 1,397 < 1,999 dan nilai signifikansi (sig) adalah sebesar 0,167 > 0,05 (a = 5%), artinya kualitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Counter Warna - Warni Cell sedangkan harga produk tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada Counter Warna – Warni Cell.


Full Text:

PDF

References


Amalia, Suri dan Asmara, Oalan. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), Vol. 6, No. 8 (https://media.neliti.com>publications diakses pada tanggal 26 Juili 2018)

Daryanto. 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.

Kasmir. 2014. Kewirausahaan. Edisi Revisi. Cetakan Kesepuluh. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta

Kotler dan Armstrong. 2012. Prinsip – Prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Erlangga : Jakarta

Kotler, P. Dan G, Armstrong. 2012. Prinsip – Prinsip Pemasaran 2. Edisi Kedua belas. Erlangga. Jakarta

Kotler Philip, 2002. Manajemen Pemasara. Jilid 1, Edisi Milenium, Prehallindo : Jakarta

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Erlangga : Jakarta

Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Cetakan Kesatu. Alfabeta. Bandung

Sabran, Bob. 2009. Manajemen Pemasaran,Edisi Ketiga Belas Jilid 1 (Philip Kotler & Kevin Lane Keller). Erlangga Jakarta

Swastha, Basu. 2008. Manajemen Pemasaran. Analisis Perilaku Konsumen.Edisi Pertama. Cetakan Keempat. BPFE. Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi Bisnis Pemasaran, Edisi 3. Andi : Yogyakarta 2010. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andy Ofset. Yogyakarta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta : Bandung 2013. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta : Bandung

Syamsuddin, Muhammad. 2017. Pengaruh Iklan, Harga, Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Pembelian Modem Smartfren, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, (Online), Vol. 6, No. 8 (https://ejournal.stiesia.ac.id>download diakses pada tanggal 26 Juli 2018)

Yazia, Vivil. 2014. Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Iklan terhadap Keputusan Pembelian Handphone Blackberry (Studi Kasus Blackberry Center Veteran Padang),Journal Of Economic and Economic Education, (Online), Vol. 2, No. 2, (https://media.neliti.com>publications diakses pada tanggal 26 Juli 2018)




DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v2i1.1959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal ilmu Manajemen Profitability is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter