PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT) TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) UPB SULSELRABAR MAKASSAR

Syahrul Syahrul

Abstract


Muh. Syahrul pratama 2018. Pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja karyawan Pada PT. PLN (persero) UPB Sulselrabar. Di bimbing oleh Asriati sebagai pembimbing satu dan Muhammad Nur Abdi sebagai pembimbing dua. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan PT. PLN (persero) UPB Sulselrabar. Sampel dari penelitian ini adalalah karyawan sebanyak 57 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Dimana pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi melalui kuesioner. Teknik analisi data yang digunakan adalah dengan menggunkan analisis deskriptif dan analisis statistik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan dan pelatihan karyawan yang diberikan perusahaan PT. PLN (persero) UPB Sulselrabar tergolong baik, sehingga kinerja yang dihasilkan setelah memperoleh atau mendapatkan pendidikan dan pelatihan telah dapat meningkatkan kinerja karyawan dengan baik. Dan dari hasil perhitungan kofisien determinasi diperoleh sebesar 32,8 % variabel pendidikan dan pelatihan. Selain itu dari perhitungan uji T menunjukkan bahwa variabel pendidikan dan pelatihan memiliki t hitung sebesar 5.176 sedangkan t tabel pada taraf 5 % untuk 57 responden adalah 2.004. dikarenakan t hitung > t tabel maka HO ditolak dan menerima Ha. dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 (0.000<0.05) hal ini berarti pendidikan dan pelatihan memilki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya semaikn baik pendidikan dan pelatihan, maka semaikn baik pula kinerja karyawan.


Full Text:

PDF

References


Amir,F,M 2015. Memahami Evaluasi Kinerja Karyawan Konsep dan Enelitian Kinerja Di Perusahaan. Mitra Wacana Media: Jakarta

Amalia, L.R. 2009. Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja karyawan PT. PLN (persero). Jakarta. Universitas Mercu Buana

Amalgama, M., Susyanti, D.W Dan Syarweni, N. 2016. Pengaruh Diklat Penunjang Terhadap Kinerja Pegawai PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Wara Dan Tangerang. Epigram. (online), Vol. 13 No 2, (https://jurnal.pnj.ac.id/index.php/epigram/article/download/, diakses 1 Februari 2018).

Bungin, B. 2013. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Kencana: Jakarta

Baswan. 2014. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Toyota Hadji Kalla Cabang Makassar. Makassar. Universitas Muhammadiyah Makassar

Fajar, S.T., Heru, T. 2015. Manajemen sumber daya manusia (sebagai dasar meraih keunggulan bersaing). UPP STM YKPN: Yogyakarta

Gutomo, D.S. 2017. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Badan Perpustakaan Daerah Samarinda. eJournal Administrasi Bisnis. (online), Volume 5. Nomor 2, (https://ejournal.adbisnis.fisip-unmul.ac.id/, diakses 1 Februari 2018).

Kafau. J., Posumah, J.H., dan Mambo. R., 2016. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Dikantor Kecamatan Mapanget Kota Manado. (online), (https;//media.neliti.com, diakses 1 Februari 2018).

Kamrida, A. 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan. (online), (https://eprints.unm.ac.id, diakses 1 Februari 2018).

Kasmir. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia ( teori dan praktik). PT. Rajagrafindo Persada: Depok.

Nababan, O.R., Tawas, H.N dan Uhing, J. 2016. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PT.PLN (Persero) Area Manado. Jurnal EMBA. (online) Vol.4.No.3, (https://media.neliti.com/, diakses 1 Februari 2018).

Noor, F.K.H., Aziz, N Dan Yunus, M. 2012. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Imigrasi Banda Aceh. prodipps.unsyiah.ac.id. (online), . Volume 1, No. 1, (https://prodipps.unsyiah.ac.id/Jurnalmm/, diakses 1 Februari 2018).

Mangkunegara, P. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung

Sunyoto, D. 2014. Sistem Informasi Manajemen (persfektif organisasi). PT. Buku seru: Jakarta

Sutrisno, E. 2015. Budaya organisasi. Prenadamedia Group: Jakarta

Sinambela, L.P. 2014. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Graha Ilmu: Yogyakarta

Turere, V. N. 2013. Pengaruh Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan Pada Balai Pelatihan Teknis Pertanian Kalasey, Jurnal EMBA. (online), Vol.1, No.3, (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/1368, diakses 1 Februari 2018).

Winarto, E., Zaki, A., dan Communnity, S. 2015. Panduan Dasar SPSS. PT Elex Media Komputindo: Jakarta

Wardono, M.N.S. 2012. Pengaruh Pendidikan Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Kecamatan Semen Kabupaten Kediri. .REVITALISASI. (online), Vol. 1, Nomor. 2, (https://publikasi.uniska-kediri.ac.id/, diakses 1 Februari 2018).




DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v2i2.1952

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal ilmu Manajemen Profitability is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter