ANALISIS DANA BANTUAN OPERASIONAL SEKOLAH (BOS) DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KELENGKAPAN FASILITAS SEKOLAH DI SMP NEGERI 3 MAKASSAR

Barsani Barsani, Muchran Bl Muchran Bl, Muchran Bl Muchran Bl, Astri Jaya, Astri Jaya

Abstract


BARSANI. 2018. Analisis Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Dalam Meningkatkan Kualitas Kelengkapan Fasilitas Sekolah Di SMP Negeri 3 Makassar, Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Makassar. Dibimbing oleh Pembimbing I H. M. Muchran BL dan Pembimbing II Asri Jaya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Dana Bantuan Operasional Sekolah dapat Meningkatkan Kualitas Kelengkapan Fasilitas Sekolah di SMP Negeri 3 Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Kelengkapan Fasilitas Sekolah di SMP Negeri 3 Makassar”. Subjek dalam penelitian ini adalah Tim Manajemen BOS SMP Negeri 3 Makassar (Kepala Sekolah, Bendahara, dan Ketua Komite), dan beberapa orang Guru. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif kualitatif dengan menggunakan uraian/deskripsi, yang dilengkapi dengan tabel persentase. Berdasarkan hasil observasi dan pengumpulan data dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan anggaran pada beberapa sub pembiayaan yang berkaitan dengan peningkatan fasilitas di SMP Negeri 3 Makassar.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 1990. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Agustina, Farida Dwi. 2008. Peranan Dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di MTs Miftahul Ulum Ngoro Jombang. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Malang.

Atmodieirio, Subagio. (2000). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta : Ardadizya Jaya.

Adriman. (2014). Pentingnya Sarana Dan Prasarana Pendidikan Dalam Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. (Makalah). Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar

Brannen K. 1997. Memadu Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bahri, Syamsul. 2012. Analisis Pemanfaatan Dana Bantuan Operasional Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Kelengkapan Fasilitas Sekolah Di SD Negeri Kompleks Sambung Jawa Makassar. (Tesis). Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Pendidikan Ujung Pandang.

Karisun. 2010. Analisis Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di MTs Negeri Wonosari Gunung Kidul Yogyakarta. (Skripsi). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Mendiknas. 2016. Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Tahun Anggaran 2017. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.

Mendiknas. 2017. Petunjuk Teknis Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Laporan Keuangan Bantuan Operasional Sekolah Tahun Anggaran 2017. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementrian Pendidikan Nasional.

Mulyasa,E. 2002. Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muslich, Mohamad. 2000. Manajemen Keuangan Modern. Jakarta: Bumi Aksara.

Suryadi. 2009. Manajemen Mutu Berbasis Sekolah. Bandung: PT. Sarana Panca Karya Nusa.

Suryobroto. 2004. Manajemen Pendidikan Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 1987. Tuntutan Penyusunan Karya Ilmiah. Jakarta: Sinar Baru Algesindo

Scott G. William, dkk. 1992. Struktur Organisasi dan Dinamika. Semarang: Dahara Prize.

Singarimbun Masri dkk. 1987. Metode Penelitian Survey. LP3ES. Yogyakarta.

Subagyo, Joko P. 1991. Metode Penelitian (dalam teori dan praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statistik Untuk Penelitian, Cetakan Kedua. Bandung: Alfabeta.

Wahyuningsih,Dwi Tika. 2016. Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Di SMP Negeri 2 Gombong Kabupaten Kebumen. (Skripsi). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Wasty, Soemanto. 2006. Psikologi Pendidikan. Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.