ANALISIS ARUS KAS (CASH FLOW) SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN KAS PADA PT. RAKYAT SULAWESI SELATAN INTERMEDIA.

Ati Ati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana laporan arus kas (cash flow) digunakan sebagai alat perencanaan dan pengendalian kas pada  PT. Rakyat Sulawesi Selatan Intermedia pada periode 2016-2017. Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif, karena data yang diperoleh nantinya berupa angka. Dari angka yang diperoleh akan dianalisis lebih lanjut dalam analisis data.  Data arus kas (cash flow) yang disusun dan selanjutnya dibandingkan dengan teori yang relevan sehingga dapat diambil suatu kesimpulan. Hasil penelitian penulis dibatasi pada masalah dalam proses penyusunan arus kas (cash flow) yang berhubungan dengan arus kas (cash flow) sebagai perencanaan dan pengendalian. Dari hasil pembahasan yang dilakukan dapat diketahui dari acuan periode tahun yang lalu maka manajemen membuat suatu kebijakan perencenaan yang maksimal untuk menghasilkan surplus kas yaitu dengan meningkatkan pendapatan dengan cara memperbanyak jaringan baik dalam kota maupun diluar kota. Apabila pengendalian tidak dijalankan dengan ketat sering  kali jumlah pengeluaran diperbesar dan selisihnya digelapkan. Oleh karena itu perlu dilakukan pengendalian terhadap kegiatan tersebut agar kesinambungan usaha dapat tercapai dengan baik dan perusahaan dapat menghasilkan laba yang maksimal.


Full Text:

PDF

References


Agus Harjito, dan Martono.2012. Manajemen Keuangan, Yogyakarta: Ekonisia

Edisi Kedua

Fahmi, Irham. 2013. Pengantar Manajemen Keuangan, Bandung: Alfabeta

Harahap,S.S. 2013. Analisis Kritis Atas Laporan Keuangan, Jakarta: Rajawali Pers Edisi Kesebelas.

Hasibuan, Malayu. 2016. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hery, 2012.Rahasia Cermat dan Mahir Menganalisis Laporan Keuangan, Jakarta: Grasindo

Home, dkk. 2012. Fundamentals Of Financial Management,Jakarta: Salemba empat.

Kasmir. 2012. Analisis Laporan Keuangan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Muthohar, Aziz. 2012. Faktor-Faktor Utama Yang Mempengaruhi EfektifitasPerencanaan Kas Pada Satuan Kerja Kementrian/Lembaga DalamLingkup Wilayah Pembayaran KKPN, Jakarta: II. Tesis Jakarta: FakultasEkonomi Universitas Indonesia.

Nayla, Akifa P. 2013. Dasar-Dasar Akuntansi Perkantoran. Jakarta: Edisi Pertama,Cetakan Pertama.

Rudianto.2012, Akuntansi pengantar. Jakarta: Penerbit Erlangga

Surya,Raja Adri Satriawan 2012. Akuntansi keuangan Versi IFRS, Yogyakarta: Graha ilmu, Edisi Pertama.

Wahyudiono, Bambang. 2014. Mudah Membaca Laporan Keuangan, Jakarta: Penerbit Raih Asa Sukses


Refbacks

  • There are currently no refbacks.