The Influence of Experience Quality on Domestic Tourists' Behavioral Intentions in Visiting Water Parks
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agha, A. A., Rashid, A., Rasheed, R., Khan, S., & Khan, U. (2021). Anteseden Loyalitas Pelanggan di Sektor Telekomunikasi. Jurnal Online Turki untuk Penyelidikan Kualitatif, 12(9).
Alba, J. W., & Williams, E. F. (2013). Prinsip-prinsip kesenangan: Sebuah tinjauan penelitian tentang konsumsi hedonis. Jurnal psikologi konsumen, 23(1), 2-18.
Alcañiz, E. B., García, I. S., & Blas, S. S. (2005). Hubungan antara citra penghuni, evaluasi masa tinggal dan perilaku pasca pembelian. Journal of Vacation Marketing, 11(4), 291-302.
Alexander, M. W. (2010). Kesenangan pelanggan: Sebuah tinjauan. Jurnal Akademi Studi Pemasaran, 14(1), 39.
Ali, F., Kim, W. G., & Ryu, K. (2016). Pengaruh lingkungan fisik terhadap kesenangan dan kepuasan penumpang: Efek moderasi dari identitas nasional. Tourism Management, 57, 213-224.
Al-Sabbahy, H. Z., Ekinci, Y., & Riley, M. (2004). Investigasi dimensi nilai yang dirasakan: implikasi untuk penelitian perhotelan. Jurnal penelitian perjalanan, 42(3), 226-234.
Andrades, L., & Dimanche, F. (2018). Penciptaan bersama nilai pengalaman: pendekatan perilaku wisatawan. In Menciptakan nilai pengalaman dalam pariwisata (pp. 83-97). Wallingford, Inggris: CAB International.
Anuwichanont, J., & Mechinda, P. (2009). Dampak nilai yang dirasakan pada loyalitas spa dan efek moderasi dari ekuitas destinasi. Jurnal Penelitian Bisnis & Ekonomi (JBER), 7(12).
Babin, L. A., Babin, B. J., & Boles, J. S. (1999). Pengaruh persepsi konsumen terhadap wiraniaga, produk dan dealer terhadap niat pembelian. Jurnal Ritel dan Layanan Konsumen, 6(2), 91-97.
Bagozzi, R. P. (1981). Mengevaluasi model persamaan struktural dengan variabel yang tidak dapat diamati dan kesalahan pengukuran: sebuah komentar.
Barnes, D. C., & Krallman, A. (2019). Kesenangan pelanggan: Sebuah tinjauan dan agenda untuk penelitian. Jurnal Teori dan Praktik Pemasaran, 27(2), 174-195.
Baumgartner, H., & Homburg, C. (1996). Aplikasi pemodelan persamaan struktural dalam riset pemasaran dan konsumen: Sebuah tinjauan. Jurnal Internasional Riset Pemasaran, 13(2), 139-161.
Bigné, J. E., Andreu, L., & Gnoth, J. (2005). Pengalaman taman hiburan: Sebuah analisis tentang kesenangan, gairah dan kepuasan. Manajemen Pariwisata, 26(6), 833-844.
Biscaia, R., Yoshida, M., & Kim, Y. (2023). Kualitas layanan dan pengaruhnya terhadap hasil konsumen: tinjauan meta-analisis dalam olahraga penonton. European Sport Management Quarterly, 23(3), 897-921.
Boswijk, A., Peelen, E., Olthof, S., & Beddow, C. (2012). Ekonomi pengalaman. Amsterdam: Pusat Eropa untuk Ekonomi Pengalaman dan Transformasi.
Bowden, J. L., & Dagger, T. S. (2011). Menyenangkan atau tidak menyenangkan? Sebuah investigasi tentang pembentukan loyalitas di industri restoran. Journal of Hospitality Marketing & Management, 20(5), 501-524.
Brown, J. S. (1961). Motivasi perilaku. Prabhat Prakashan.
Bujisic, M., Hutchinson, J., & Parsa, H. G. (2014). Pengaruh atribut kualitas restoran terhadap niat perilaku pelanggan. Jurnal Internasional Manajemen Perhotelan Kontemporer, 26(8), 1270-1291.
Byon, K. K., & Zhang, J. J. (2010). Pengembangan skala pengukuran citra destinasi. Intelijen & Perencanaan Pemasaran, 28(4), 508-532.
Carlsen, J., & Boksberger, P. (2015). Meningkatkan nilai konsumen dalam pariwisata anggur. Jurnal Penelitian Perhotelan & Pariwisata, 39(1), 132-144.
Chand, M. (2010). Mengukur kualitas layanan tujuan pariwisata India: sebuah aplikasi model SERVQUAL, Jurnal Internasional Teknologi dan Manajemen Jasa, 13(3-4), 218-233.
Chang, J. C. (2008). Penilaian kepuasan wisatawan: Sebuah investigasi tentang emosi, ekuitas, dan atribusi. Jurnal Penelitian Perhotelan & Pariwisata, 32(1), 108-134.
Chen, C. M., Lee, H. T., Chen, S. H., & Huang, T. H. (2011). Niat perilaku wisatawan dalam kaitannya dengan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan di Taman Nasional Kinmen, Taiwan. International Journal of Tourism Research, 13(5), 416-432.
Chin, C. L., Moore, S. A., Wallington, T. J., & Dowling, R. K. (2000). Ekowisata di Taman Nasional Bako, Kalimantan: Perspektif pengunjung tentang dampak lingkungan dan pengelolaannya. Jurnal Pariwisata Berkelanjutan, 8(1), 20-35.
Chin, W. W., & Todd, P. A. (1995). Tentang penggunaan, kegunaan, dan kemudahan penggunaan pemodelan persamaan struktural dalam penelitian MIS: Sebuah catatan peringatan. MIS quarterly, 237-246.
Choi, H., & Choi, H. C. (2019). Menyelidiki proses pemunculan kesenangan wisatawan terhadap situs tujuan wisata: Sebuah aplikasi teori penilaian kognitif. Jurnal Penelitian Perjalanan, 58(5), 732-744.
Cole, S. T., & Scott, D. (2004). Meneliti peran mediasi kualitas pengalaman dalam model pengalaman wisatawan. Jurnal Pemasaran Perjalanan & Pariwisata, 16(1), 79-90.
Cosmides, L., & Tooby, J. (2000). Psikologi evolusioner dan emosi. Buku pegangan emosi, 2(2), 91-115.
David, K. T., & Wilton, P. C. (1988). Model-model pembentukan kepuasan konsumen: Sebuah perluasan. Jurnal riset pemasaran, 25(2), 204.
Dowling, G. R. (1986). Mengelola citra perusahaan anda. Manajemen pemasaran industri, 15(2), 109-115.
Elias-Almeida, A., Miranda, F. J., & Almeida, P. (2016). Kesenangan pelanggan: persepsi konsumen spa hotel. EJTHR, 7(1), 13-20.
Enomoto, S., & Marriott, H. (1994). Menyelidiki perilaku evaluatif dalam interaksi pemandu wisata Jepang.
Franzen, G., & Moriarty, S. E. (2015). Ilmu dan seni pencitraan merek. Routledge.
Fu, X., Kang, J., & Tasci, A. (2017). Kesesuaian diri dan aliran sebagai anteseden sikap dan loyalitas terhadap merek taman hiburan. Jurnal pemasaran perjalanan & pariwisata, 34(9), 1261-1273.
Geissler, G. L., & Rucks, C. T. (2011). Pengalaman taman hiburan secara keseluruhan: Sebuah studi pelacakan kepuasan pengunjung. Jurnal Pemasaran Liburan, 17(2), 127-138.
Ghorbanzadeh, D., Saeednia, H., & Rahehagh, A. (2019). Anteseden niat perilaku wisatawan domestik dalam mengunjungi taman air: bukti dari Iran. Jurnal Internasional Kebijakan Pariwisata, 9(1), 1-26.
Gonzalez, R., & Griffin, D. (2001). Menguji parameter dalam pemodelan persamaan struktural: setiap "satu" penting. Metode psikologis, 6(3), 258.
Hanafi, M. (2007). Pemodelan jalur PLS: komputasi variabel laten dengan mode estimasi B. Statistika Komputasi, 22(2), 275-292.
Hayakawa, H. (1976). Teori konsumen ketika harga dan pendapatan riil mempengaruhi preferensi. Southern Economic Journal, 840-845.
Huang, Y. K. (2010). Pengaruh kualitas layanan maskapai penerbangan terhadap niat perilaku penumpang menggunakan skor SERVQUAL: Sebuah studi kasus di Taiwan. Jurnal Masyarakat Asia Timur untuk Studi Transportasi, 8, 2330-2343.
Hutchinson, J., Lai, F., & Wang, Y. (2009). Memahami hubungan kualitas, nilai, ekuitas, kepuasan, dan niat berperilaku di antara wisatawan golf. Manajemen pariwisata, 30(2), 298-308.
Kantamneni, S. P., & Coulson, K. R. (1996). Mengukur nilai yang dirasakan: pengembangan skala dan temuan penelitian dari survei konsumen. Jurnal Manajemen Pemasaran (10711988), 6(2).
Kao, Y. F., Huang, L. S., & Wu, C. H. (2008). Pengaruh elemen teatrikal terhadap kualitas pengalaman dan niat loyalitas untuk taman hiburan. Jurnal Penelitian Pariwisata Asia Pasifik, 13(2), 163-174.
Khraim, H. S. (2011). Pengaruh loyalitas merek terhadap perilaku pembelian kosmetik konsumen wanita UEA. Jurnal Internasional Studi Pemasaran, 3(2), 123.
Kim, D. P., & Baek, J. B. (2011). Analisis Faktor dan Penentu Kepuasan Pengunjung di Taman Nasional Naejangsan, Korea. Jurnal Lingkungan dan Ekologi Korea, 25(4), 614-620.
Kim, E., Nicolau, J. L., & Tang, L. (2021). Dampak keinovatifan restoran terhadap loyalitas konsumen: Peran mediasi dari kualitas yang dirasakan. Jurnal Penelitian Perhotelan & Pariwisata, 45(8), 1464-1488.
Kumar, A. (1996). Kesenangan pelanggan: menciptakan dan mempertahankan keunggulan kompetitif. Universitas indiana.
Laros, F. J., & Steenkamp, J. B. E. (2005). Emosi dalam perilaku konsumen: sebuah pendekatan hirarkis. Jurnal Penelitian Bisnis, 58(10), 1437-1445.
Lee, B. Y., & Park, S. Y. (2019). Peran kesenangan pelanggan dan ekuitas pelanggan untuk loyalitas di hotel kelas atas. Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata, 39, 175-184.
Lee, H., Lee, Y., & Yoo, D. (2000). Faktor penentu kualitas layanan yang dirasakan dan hubungannya dengan kepuasan. Jurnal pemasaran jasa, 14(3), 217-231.
Lee, S. Y., Petrick, J. F., & Crompton, J. (2007). Peran konstruk kualitas dan perantara dalam menentukan niat berperilaku peserta festival. Jurnal Penelitian Perjalanan, 45(4), 402-412.
Lee, S., Jeong, E., & Qu, K. (2020). Mengeksplorasi pengalaman pengunjung taman hiburan terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali: Pemanfaatan model ekonomi pengalaman. Jurnal Penjaminan Kualitas dalam Perhotelan & Pariwisata, 21(4), 474-497.
Lee, S., Jin, N., & Lee, H. (2014). Peran moderasi kualitas layanan taman air, lingkungan, citra, dan kualitas makanan pada nilai yang dirasakan dan loyalitas pelanggan: Sebuah studi kasus di Korea Selatan. Jurnal Penjaminan Kualitas dalam Perhotelan & Pariwisata, 15(1), 19-43.
Lewis, M., Feiring, C., & Rosenthal, S. (2000). Kelekatan dari waktu ke waktu. Perkembangan anak, 71(3), 707-720.
Lichtenstein, D. R., & Burton, S. (1989). Hubungan antara kualitas harga yang dirasakan dan kualitas harga yang objektif. Jurnal riset pemasaran, 26(4), 429-443.
Liljander, V., & Bergenwall, M. (1999). Respon emosional berbasis konsumsi yang berhubungan dengan kepuasan. Helsinki: Helsinfors: Sekolah Ekonomi dan Administrasi Bisnis Swedia.
Marinkovic, V., Senic, V., Ivkov, D., Dimitrovski, D., & Bjelic, M. (2014). Anteseden kepuasan dan niat berkunjung kembali untuk restoran dengan layanan lengkap. Intelijen & Perencanaan Pemasaran, 32(3), 311-327.
Matthews, L., Hair, J. O. E., & Matthews, R. (2018). PLS-SEM: CAWAN SUCI UNTUK ANALISIS TINGKAT LANJUT. Jurnal Manajemen Pemasaran, 28(1).
Mehmetoglu, M., & Venturini, S. (2021). Pemodelan persamaan struktural dengan kuadrat terkecil parsial menggunakan Stata dan R. Crc Press.
Mehta, N., & Pickens, A. (2020). Ekonomi kesuksesan pelanggan: Mengapa setiap aspek model bisnis Anda membutuhkan perubahan paradigma. John Wiley & Sons.
Mawardi, M. K., Iqbal, M., Astuti, E. S., Alfisyahr, R., & Mappatompo, A. (2024). Determinants of green trust on repurchase intentions: a survey of Quick Service Restaurants in Indonesia. Cogent Business & Management, 11(1), 2318806.
Mill, R. C. (2002). Model komprehensif kepuasan pelanggan di bidang perhotelan dan pariwisata: Implikasi strategis untuk manajemen. International Business & Economics Research Journal (IBER), 1(6).
Milman, A., Li, X., Wang, Y., & Yu, Q. (2012). Meneliti pengalaman tamu di taman hiburan bertema: Bukti awal dari Tiongkok. Jurnal Pemasaran Liburan, 18(4), 313-325.
Moon, H., Yoon, H. J., & Han, H. (2016). Peran lingkungan fisik bandara dalam proses penciptaan kepuasan: memediasi dampak emosi wisatawan. Jurnal Penelitian Pariwisata Asia Pasifik, 21(2), 193-211.
Morgan, M. J., Attaway, J. S., & Griffin, M. (1996). Peran pengalaman produk/jasa dalam proses pembentukan kepuasan: Sebuah uji moderasi. Jurnal Kepuasan Konsumen, Ketidakpuasan dan Perilaku Mengeluh, 9, 104-114.
Muskat, B., Hörtnagl, T., Prayag, G., & Wagner, S. (2019). Persepsi kualitas, keaslian, dan harga dalam pengalaman bersantap wisatawan: Menguji model kepuasan dan niat perilaku yang bersaing. Jurnal Pemasaran Liburan, 25(4), 480-498.
O'Neill, M. A., Riscinto-Kozub, K. A., & Van Hyfte, M. (2010). Mendefinisikan kepuasan pengunjung dalam konteks pariwisata berbasis alam yang berorientasi berkemah-kekuatan pendorong kualitas. Jurnal Pemasaran Liburan, 16(2), 141-156.
Padlee, S. F., Thaw, C. Y., & Zulkiffli, S. N. A. (2019). Hubungan antara kualitas layanan, kepuasan pelanggan dan niat berperilaku. Manajemen pariwisata dan perhotelan, 25(1), 121-139.
Panchapakesan, P., Amin, M., & Herjanto, H. (2022). Bagaimana restoran mewah akan meningkatkan konsep kesenangan tamu. Jurnal Wawasan Perhotelan dan Pariwisata, 5(2), 311-330.
Parasuraman, A., Ball, J., Aksoy, L., Keiningham, T. L., & Zaki, M. (2021). Lebih dari sekadar perasaan? Menuju teori kesenangan pelanggan. Jurnal Manajemen Pelayanan, 32(1), 1-26.
Petrick, J. F., & Backman, S. J. (2002). Sebuah pemeriksaan terhadap faktor-faktor penentu kepuasan wisatawan golf. Jurnal Penelitian Perjalanan, 40(3), 252-258.
Phillips, W., & Jang, S. (2007). Citra destinasi dan niat berkunjung: Meneliti peran moderasi motivasi. Analisis Pariwisata, 12(4), 319-326.
Pike, S., & Ryan, C. (2004). Analisis penentuan posisi destinasi melalui perbandingan persepsi kognitif, afektif, dan konatif. Jurnal penelitian perjalanan, 42(4), 333-342.
Poon Teng Fatt, J., Wei, M., Yuen, S., & Suan, W. (2000). Meningkatkan citra perusahaan dalam organisasi. Berita Penelitian Manajemen, 23(5/6), 28-54.
Poulsson, S. H., & Kale, S. H. (2004). Ekonomi pengalaman dan pengalaman komersial. The marketing review, 4(3), 267-277.
Prentice, C. (2013). Persepsi kualitas layanan dan loyalitas pelanggan di kasino. Jurnal Internasional Manajemen Perhotelan Kontemporer, 25(1), 49-64.
Ryan, C., Shih Shuo, Y., & Huan, T. C. (2010). Taman hiburan dan model persamaan struktural penentu kepuasan pengunjung-Janfusan Fancyworld, Taiwan. Jurnal Pemasaran Liburan, 16(3), 185-199.
Saiprasert, W. (2011). Telaah perilaku dan persepsi motivasi wisatawan medis: Sebuah model struktural (Disertasi Doktor).
Schvaneveldt, S. J., Enkawa, T., & Miyakawa, M. (1991). Perspektif evaluasi konsumen terhadap kualitas jasa: faktor evaluasi dan model kualitas dua arah. Manajemen kualitas total, 2(2), 149-162.
Shonk, D. J. (2006). Persepsi kualitas layanan, kepuasan dan niat untuk kembali di antara para wisatawan yang menghadiri acara olahraga. Universitas Negeri Ohio.
Su, D. N., Nguyen, N. A. N., Nguyen, Q. N. T., & Tran, T. P. (2020). Hubungan antara motivasi perjalanan dan kepuasan terhadap destinasi warisan budaya: Peran keterlibatan pengunjung, pengalaman pengunjung dan citra destinasi pusaka. Perspektif Manajemen Pariwisata, 34, 100634.
Tam, J. L. (2004). Kepuasan pelanggan, kualitas layanan dan nilai yang dirasakan: sebuah model integratif. Jurnal manajemen pemasaran, 20(7-8), 897-917.
Tema, S. K. T. (2012). Meneliti dampak emosi pengunjung dan kualitas yang dirasakan terhadap kepuasan dan niat berkunjung kembali ke taman hiburan. Jurnal Pengurusan, 35, 97-109.
Temme, D., Kreis, H., & Hildebrandt, L. (2006). Pemodelan jalur PLS: Sebuah tinjauan perangkat lunak (No. 2006, 084). Makalah diskusi SFB 649.
Torres, E. N., Fu, X., & Lehto, X. (2014). Menelaah pendorong utama kesenangan pelanggan dalam pengalaman menginap di hotel: Sebuah perspektif lintas budaya. Jurnal Internasional Manajemen Perhotelan, 36, 255-262.
Uysal, M., Howard, G., & Jamrozy, U. (1991). Penerapan analisis kepentingan-kinerja pada resor ski: Sebuah studi kasus di North Carolina. Visi dalam Kenyamanan dan Bisnis, 10(1), 4.
Vogt, C. A., & Fesenmaier, D. R. (1995). Persepsi wisatawan dan pengecer terhadap layanan. Analisis Penelitian Pariwisata, 22(4), 763-780.
Wang, C. L., Wang, Y., Wei, J., & Chung, H. (2020). Memahami konsumsi pengalaman: kemajuan teoritis dan implikasi praktis. Jurnal Pemasaran dan Logistik Asia Pasifik, 32(6), 1173-1176.
Wang, C. Y., & Hsu, M. K. (2010). Hubungan citra destinasi, kepuasan, dan niat berperilaku: Sebuah model terintegrasi. Jurnal Pemasaran Perjalanan & Pariwisata, 27(8), 829-843.
Wang, W., Chen, J. S., Fan, L., & Lu, J. (2012). Pengalaman wisata dan taman lahan basah: Kasus Zhejiang, Tiongkok. Analisis Penelitian Pariwisata, 39(4), 1763-1778.
Wright, B. A., Duray, N., & Goodale, T. L. (1992). Menilai persepsi kualitas layanan pusat rekreasi: sebuah aplikasi dari kemajuan terbaru dalam penelitian kualitas layanan. Jurnal Administrasi Taman dan Rekreasi, 10(3), 33-47.
Wu, H. C., & Li, T. (2017). Sebuah studi tentang kualitas pengalaman, nilai yang dirasakan, citra warisan, kepuasan pengalaman, dan niat perilaku untuk wisatawan warisan. Journal of Hospitality & Tourism Research, 41(8), 904-944.
Wu, H. C., & Mohi, Z. (2015). Penilaian kualitas layanan di restoran cepat saji. Journal of Foodservice Business Research, 18(4), 358-388.
Wu, H. C., Li, M. Y., & Li, T. (2018). Sebuah studi tentang kualitas pengalaman, nilai pengalaman, kepuasan pengalaman, citra taman hiburan, dan niat berkunjung kembali. Jurnal Penelitian Perhotelan & Pariwisata, 42(1), 26-73.
Wu, J. H. C., Yu-Chiang, L., & Fu-Sung, H. (2011). Analisis empiris untuk mensintesis efek kualitas layanan, nilai yang dirasakan, citra perusahaan dan kepuasan pelanggan pada niat perilaku dalam industri transportasi: Kasus kereta api berkecepatan tinggi Taiwan. Pemasaran Inovatif, 7(3).
Yeh, T. M., Chen, S. H., & Chen, T. F. (2019). Hubungan antara pemasaran berbasis pengalaman, inovasi layanan, dan kepuasan pelanggan - studi kasus pada pabrik pariwisata di Taiwan. Keberlanjutan, 11(4), 1041.
Yi, S., Day, J., & Cai, L. A. (2014). Menjelajahi nilai yang dirasakan wisatawan: Investigasi pengalaman perjalanan wisatawan kapal pesiar Asia. Jurnal penjaminan mutu dalam perhotelan & pariwisata, 15(1), 63-77.
Yi, Y. (1990). Sebuah tinjauan kritis terhadap kepuasan konsumen. Tinjauan pemasaran, 4(1), 68-123.
Yu, W., & Ramanathan, R. (2012). Kualitas layanan ritel, citra perusahaan dan niat berperilaku: efek mediasi dari kepuasan pelanggan. Tinjauan Internasional Riset Ritel, Distribusi, dan Konsumen, 22(5), 485-505.
DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v8i2.15426
Refbacks
- There are currently no refbacks.