Role of Customer Relations Activities of PT.PLN (Persero) ULP Daya in Improving Business, Customer Satisfaction, and Assessing Service Quality Performance
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggito, A., dan Setiawan, J. 2018. Metodologi Penelitian kualitatif. Yogyakarta: CV Jejak.
Ardial, 2018. Fungsi Komunikasi Organisasi Studi Kasus Tentang Fungsi Komuunikasi Organisasi Terhadap Pegawai. Medan: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.
Adnin, R.J., Lubis, N., dan Widayanto. 2013. Pengaruh Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Pelanggan Pt. Nasmoco Pemuda Semarang, jurnal ilmu administrasi bisnis, (online). Vol. 2, No. 3,
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/2855 diakses pada 7 april 2020
Anonim. 2015. Demo Krisis Listrik, Ratusan Warga Lempari Kantor PLN dengan Telur, https://batam.tribunnews.com/2015/03/16/geram-warga-lempar-telur-dan-barang-elektronik-ke-kantor-pln-tanjungpinang, diakses pada 30 maret 2020, pukul 15.25 WITA
Anonim. 2009. Listrik padam, warga ceburkan mobil PLN ke rawa, https://ekonomi.kompas.com/read/2009/12/27/14501729/listrik.padam.w arga.ceburkan.mobil.pln.ke.rawa, diakses 29 maret 2020, pukul 21.00 WITA.
Anonim. 2010. Demo PLN Ambon Ricuh. https://www.liputan6.com/news/read/261345/listrik-padam-demo-knpi-di- kantor-pln-ricuh#, 30 maret 2020, pukul 10.45 WITA
Atika, R.D. 2014. Strategi Customer Relations Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Pada Hotel Dyan Graha Pekanbaru, jurnal online mahasiswa, (Online). Vol. 1, No. 1, https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFSIP/article/view/2106 diakses pada 6 april 2020
Bandu, M.Y. 2013. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelangganpada PT. PLN (Persero) Rayon Makassar Barat. Skripsi jurusan ilmu administrasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik unhas Makassar. (online). Link. Diakses pada 22 juni 2020, pukul 01.00 WITA
Carepeboka, R.M. 2017. Konsep Aplikasi Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: PenerbitAndi
Darmanto, Wardaya S, 2016. Manajemen Pemasaran untuk Mahasiswa, Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Yogyakarta: Deepublish
Fandy Tjiptono, 1997. Manajemen jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi
Helaluddin dan Wijaya, H. 2019. Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori dan Praktek. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia jaffray
Indahsari, M. 2019. Pemasaran Dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press
James G Barnes. 2003. Secret Of Customer Relationship Manajement. Yogyakarta: Penerbit Andi
Julianto, Nurhudha Z, 2010. Aktivitas ”Customer Relations” Pt. Pln (Persero) Dalam Usaha Meningkatkan Kepuasan Pelanggan, digilib.uns.ac.id, diakses pada 6 april 2020.
Kotler, P. and Keller, K.L. 2007. Strategi peningkatan kepuasan pelanggan. Diakses pada 23 juni 2020.
Kamarijah, N. studi penerapan CRM pada BUMN yang meaksanakan proses reformasi, http://www.stialanmakassar.ac.id/calendar/najmi.htm, diakses 29 maret 2020, pukul 19.30 WITA.
Malthouse, 2013. Jurnal ilmiah manajemen bisnis. (online). Vol. 13, No. 1. Diakses 23 juni 2020.
Newell, 2020. Jurnal Administrasi public (JAP), Vol. 1, No. 5. (onine) diakses pada 23 juni 2020.
Nurhayani, Sunaryo D, 2019. Strategi pemasaran kontemporer. Serang: CV. Penerbit Qiara Media.
Purwanti, A. 2018. Corporate Branding Sebagai Peran Public Relations PLN Bright Batam Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik, Jurnal Akrab Juara, (online). Vol. 3, No. 1, http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/85 diakses pada 6 april 2020
Putra, A.P. 2017. Hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen BPJS ketenagakerjaan pada program jaminan hari tua (JHT) di samarinda. (online). Vol. 5, No. 1. ejournal.psikologi:fisip-unmul.ac.id diakses pada 22 juni 2020.
Putri, A., Yulianto, I.E., dan Mawardi, M.K. 2015. Pengaruh Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas.
Pelanggan (Survey Pada Pelanggan Pt. Gemilang Libra Logistics, Kota Surabaya), jurnal Administrasi Bisnis, (online). Vol. 23, No. 2, http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/923 diakses pada 6 april 2020.
Prasetio, A.P. Siregar, S. And Luturlean, B.S. 2015. The effect of the leadership towards employee performance in the human resources departemant at the PLN west java and banten distribution office. International journal of basic and applied sciences, (online). Vol. 4, No. 1. Diakses pada 23 juli 2020.
Rahayu, B.S., Saryanti, E. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hubungan Pelanggan Dan Citra Perusahaan Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Nasabah, Advance Jurnal of Acounting, (online). Vol. 1, No. 2, https://www.e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/advance/article/view/31 diakses pada 5 april 2020.
Rangkuti, F. 2013. Customer Service Satisfaction & Call Center Berdasarkan ISO 9001. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Rangkuti, F. 2016. Customer Care Excellence. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Solang, R., Manday, S.L., dan Nelwan, O.S. 2014. Kualitas Layanan Dan Hubungan Pelanggan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kota KotaMobagu, Jurnal EMBA, (online). Vol. 2, No. 1, https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/3555 diakses pada 6 April 2020.
Sirait, D.P. 2018. Pengaruh Customer Relationship ManagemenDan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Jurnal Digest Marketing, (online). Vol. 3, No. 1, https://onlinejournal.unja.ac.id/digest/article/view/4406 diakses pada 6 april 2020.
Setyaleksana, B.Y., Suharyono, dan Yulianto, E. 2017. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Administrasi Bisnis, (online). Vol. 46, No. 1,http://administrasibisnis.studentjournal.ub.ac.id/index.php/jab/article/view/1781 diakses pada 7 april 2020.
Sutopo, H.B. 2002. Metodologi Penelitian Kuaitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Silviani, I. 2020. Public Relations Sebagai Solusi Komunikasi Krisis. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.
Tangkainginang, H. 2019. Pemberlakuan ketentuan tindak pidana terhadap pelanggaran Undang-Undang Nomor 30 tahun 2009 tentang ketenagalistrikan. (online). Vol. 8, No. 2, unsrat.ac.id diakses pada 23 juni 2020.
Wengker, A. 2013. Pengaruh Kualitas Layanan, Nilai Pelanggan, Customer Relationship Management (Crm) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, (online). Vol. 1, No. 3, (https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jrbm/article/view/2520 , diakses pada 5 april 2020).
DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v7i2.11939
Refbacks
- There are currently no refbacks.