Comparative Study of People's Business Credit (KUR) Program Services for Farmers at State-Owned Banks in Sinjai Regency

Nursaifullah Nursaifullah, Muhammad Suyuti, Muhammad Suyuti, Makmur Makmur, Makmur Makmur

Abstract


Tujuan Penelitian Untuk mengetahui perbedaan dan perbandingan mekanisme pengelolaan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk petani pada Bank BUMN, seperti BRI Cabang  Sinjai,  Bank  Sulselbar Cabang Sinjai dan BNI Cabang Sinjai, terkait syarat pencairan, waktu pengembalian, Lama peminjaman dan Plafon Kredit yang bisa diakses oleh petani Metode Penelitian yaitu menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif analitik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan informan terdiri dari Pimpinan atau pengelola KUR pada BRI cabang Sinjai, Bank Sulselbar cabang sinjai dan BNI Cabang Sinjai Hasil Penelitian terkait Study Komparasi pelayanan Program Kredit Usaha Rakyat (KUR)  untuk Petani pada Bank BUMN di Kabupaten Sinjai, dapat disimpulkan bahwa syarat pemberian/pencairan KUR bagi petani secara umum pada semua Bank BUMN disamakan perlakuannya dengan masyarakat  umum,  yang berbeda dari Tiap Bank adalah syarat umum yang ditetapkan oleh masing-masing Bank dimana Bank Sulselbar meminta NPWP dan BNI meminta Rekomendasi Dinas Pertanian apabila petani ingin meminjam dana KUR, sedangkan terkait Waktu pengembalian dana KUR bagi petani pada tiap bank BUMN sama  aturannya  tergantung dari jenis pinjaman yang dilakukan oleh petani, untuk pinjaman usaha harian maka pengembaliannya tiap bulan, sedangkan usaha cocok tanam pengembaliannya per musim / 6 bulan dan untuk usaha ternak diperbolehkan pengembalian 1 tahun sampai 2 tahun. Adapun Lama Peminjaman.bervariasi tergantung kesepakatan/perjanjian awal, masa 1 tahun sampai 4 tahun peminjaman, kecuali Bank Sulselbar memberikan kemudahan bagi petani yang ingin meminjam selama 2 tahun maka pengembaliannya bisa sekali dan langsung lunas. Sedangkan Plafon Kredit yang disiapkan bagi peminjam KUR pada masing-masing bank BUMN sama sebesar 1 sampai 500 juta, dengan perbedaan syarat yang diberlakukan pada masing-masing bank BUMN. Untuk BRI dan Bank Sulselbar plafon kredit diatas 50 juta sampai 500 juta dipersyaratkan Agunan dan bukti usaha sedangkan BNI, usaha Debitur harus dikerjasamakan dengan pihak Bank sebagai bentuk pembinaan dan pengawasan bagi peminjam.

Keywords


Komparasi; Bank BUMN; KUR

Full Text:

PDF

References


AbdullahdanTantriF,2012,BankdanLembagaKeuangan,Ed.11,Jakarta,Penerbit:RajawaliPers.

Amanda Praiselia, 2015, Kajian penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Pertanian pada Bank BRI Kantor Cabang Tondano, Sikripsi Fakultas Pertanian jurusan social ekonomi, Universitas Sam Ratulangi Manado

Baharuddin, Dkk. 2021.Panduan Hibah Internal Penelitian Dosen Universitas Muhammadiyah Sinjai,Sinjai. LPPM UMSI

Damayanti, Meby, Latief Adam. Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) sebagai AlatPendorong Pengembangan UMKM di Indonesia. TNP2K Working Paper 27- 2015.TimNasionalPercepatanPenanggulanganKemiskinan(TNP2K).Jakarta,Indones ia.

Dwi Nur Atin Tika, 2018, Pengaruh Efektivitas Kredit Usaha Rakyat (KUR)TerhadapPeningkatan Profit UsahaMikro, Sikripsi FakultasEkonomi Program Studi Pendidikan Ekonomi,Universitas Negeri Yogyakarta

Ekawati Dian, 2016, implementasi program Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI unitsangiasseri dalam meningkatkan kesejahteraan usahakecildanmenengahdikelurahansangiasserikecamatansinjaiselatankabupaten sinjai, Sikripsi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Moenir. 2006. Manajemen pelayanan umum. Bumi aksara: Jakarta

Nuraisyah. 2018, Analisis Pengaruh Customer Relationship Management untuk meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk cabang Sinjai, Sikripsi Departemen manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Hasanuddin.

Nurul Fadhilah. 2019, Pengaruh layanan ATM dan Mobile Banking terhadap loyalitas nasabah Bank Sulselbar cabang Sinjai (Analisis ekonomi islam), Sikripsi program studi perbankan syariah Fakultas Ekonomi dan bisnis islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) pare-pare.

Orlando Agung, Romi susanto, 2020, Mekanisme Pencairan Kredit Usaha Rakyat Pada Pt. Bank Rakyat Indonesia Unit Lubuk Buaya, Akademi Keuangan dan Perbankan Padang, romisusanto@akbpstie.ac.id

SeptaPutraSimaremare Daniel, 2018, Analisis Efektivitas Penyaluran Kredit Usaha Rakyat(Kur)Terhadap Umkm DiKabupatenDeliSerdang, Sikripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Ekonomi PembangunanUniversitasSumateraUtara, Medan

UU RI No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan

UU RI No. 25 Tahun 2009 tentang pelayanan Publik

Permenko Nomor 8 Tahun 2019, tentang Pedoman pelaksanaan KUR

Permenkeu Nomor 65 tahun 2020 tentang Tata cara pemberian subsidi bunga/subsidi margin untuk kredit/pembiayaan UMKM

Peraturan Menteri Keuangan No. 180 tahun 2017 , tentang tata cara pembayaran subsidi bunga untuk KUR

e-journal.uajy.ac.id/8883/3/2MTS02204, (diakses tanggal 22 Februari 2021) http://arripple.blogspot.com/2016/04/pengertian-dan-konsep-petani-dan.html(diakses tanggal

Februari 2021) http: kbbi.kemdikbud.go.id Kamus Besar Bahasa Indonesia, (diakses tanggal 22 Februari 2021)

https://kur.ekon.go.id/perubahan-kebijakan-kredit-usaha-rakyat-kur-tahun-2020(diakses tanggal 8 Maret 2021)

https://tirto.id/syarat-pinjaman-kur-2020-di-bri-bni-btn-dan-bank-mandiri-fYvG(diakses tanggal 8 Maret 2021)




DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v7i1.10256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal ilmu Manajemen Profitability Is Licenced Under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License