Influence of customer reviews, safety and convenience on online purchasing decisions Case study marketplace shopee

Mistika Ignasia Br Ginting, Muinah fadhilah, Nonik Kusuma Ningrum

Abstract


The purpose of the study was to determine the effect of customer reviews, security and convenience on online purchasing decisions through the marketplace. This research is a quantitative research. The target population is the people of Yogyakarta shopping online on the Shopee marketplace. The research sample is 100 respondents. The data collection method used the questionnaire method, while the data analysis technique used multiple regression analysis and classical assumption test consisting of normality test, multicollinearity test, and heteroscedasticity test. The results showed that customer reviews had a positive effect on online purchasing decisions with a significance value of 0.029 <0.05. Security has a positive effect on online purchasing decisions with a significance value of 0.002 <0.05. Ease has a positive effect on online purchasing decisions with a significance value of 0.000 <0.05. Customer reviews, security and convenience simultaneously influence online purchasing decisions on the Shopee marketplace with a significance value of 0.000 <0.05.

Keywords


customer reviews, security, convenience, purchasing decisions

Full Text:

PDF

References


Amirudin M. Amin, Hendra. 2020. “The Effect of Trust, Easiness, and Promotion on Online Purchase Decision Of Lazada.Co.Id.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 1(1): 78–96.

Arbaini, Pratiwi. 2020. “Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia.” Jurnal Bisnis dan Manajemen 7(1): 25–33.

Ardianti, Asri Nugrahani, and M.AB Widiartanto. 2019. “Pengaruh Ulasan pelanggan Dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee .” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis: 1–11.

Arif Agung Saputro, Nur Hidayati, Mohammad Rizal. 2020. “Pengaru Celebrity Endorsment, Testimoni,Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop BLIBLI.COM.” Agora 5(1): 1–7. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-bisnis/article/view/5227.

Bayu Panuju. 2020. “Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Tokopedia.” analisis pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan dan akan risiko terhadap keputusan pembelian pada situs tokopedia 21(1): 1–9. https://doi.org/10.1016/j.tmaid.2020.101607%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijsu.2020.02.034%0Ahttps://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/cjag.12228%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ssci.2020.104773%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.04.011%0Ahttps://doi.o.

Fajar Andiani. 2019a. “Institut Agama Islam Negeri Kudus Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Program Studi Manajemen Bisnis Syariah ( Mbs ).” pengaruh harga, ulasan pelanggan, kemudahan dan keamanan terhadap keputusan pembelian online pada e-commerce shopee: 1–6.

Hartati, Sri, and Sumitro. 2020. “PENGARUH RISIKO, REVIEW KONSUMEN, DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SHOPEE (Studi Kasus Konsumen Komplek TNI-AD I Cakung, Jakarta Timur).” : 1–18.

Ilmiyah, Khafidatul, and Indra Krishernawan. 2020. “Pengaruh Ulasan Pelanggan, Kemudahan, Kepercayaan, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee Di Mojokerto.” Maker: Jurnal Manajemen 6(1): 31–42.

Lestari, I. T. & Widyastuti, W. 2019. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Belanja Online (Studi Pada Pengguna Tokopedia).” Jurnal Ilmu Manajemen 7(2): 478–84.

Nasution, Siti Lam’ah, Christine Herawati Limbong, and Denny Ammari Ramadhan. 2020. “PENGARUH KUALITAS PELANGGAN, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, Dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu).” Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen) 7(1): 43–53.

Netrawan, M. 2019. “Pengaruh Tagline Dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jd. Id Di Kota Bandar Lampung.” http://repo.darmajaya.ac.id/1847/1/SKRIPSI GABUNG.pdf.

Ni Made Maitri Priandewi, Muinah Fadhilah, Bernadetta Diansepti Maharani. 2022. Pengaruh Kualitas Produk, Desain Produk, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di E-Commerce Lazada (Studi Kasus Pada Mahasiswa Yogyakarta). JBE Vol. 7, No. 1, Januari 2022, pp: 17 - 26.

Pratama, Yoga Endhi, Sudarwati Sudarwati, and Istiqomah Istiqomah. 2019. “Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee Di Surakarta Ditinjau Dari Kualitas Layanan, Ulasan pelanggan Dan Kepercayaan.” Jurnal Ilmiah Edunomika 3(02): 445–53.

Purwanto, Nuri. 2019. “Pengaruh Perceived Risk Dan Online Costumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Online Di Tokopedia ( Studi Pada Konsumen Tokopedia Di Kota Jombang).” Jurnal Eksekutif 16(2): 175–86.

Putri, Haque Rifky Anggela, Muinah Fadhilah, Bernadetta Diansepti Maharani. 2021. Meningkatkan Keputusan Pembelian Make Up Brand Lokal Wardah Melalui Celebrity Endorser, Brand Image dan Product Quality Pada Mahasiswi S1 Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Jurnal Produktivitas 8 (2021)

Putri, Murindawati Sari, and AMA Suyanto. 2019. “Analysis the Effect of Trust , Easy , and Information Quality on Purchase Decisions on Marketplace in Indonesia.” e-Proceeding of Management 6(2): 2077–82.

Ramadhani, Dika Aghfas Sari, and Arum Prastiwi. 2019. “Pengaruh Nilai Harga, Ulasan, Kemudahan, Keamanan, Dan Rating Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Shopee.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99.

Wadi, Muh Hasban, Muinah Fadhilah, Lusia Tria Hatmanti Hutami. 2021. Analisis Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Specs (Studi Kasus Pada Konsumen Sepatu Specs Di Kota Lombok Timur). Jurnal Manajemen dan Sains, 6(1), April 2021, 172-181.

Yunita, Nahla Rahma, Hadi Sumarsono, and Umi Farida. 2019. “PENGARUH RISIKO, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE DI BUKA LAPAK (Studi Kasus Pada Komunitas Buka Lapak Ponorogo).” ISOQUANT : Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi 3(1): 90.




DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v7i1.10253

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal ilmu Manajemen Profitability Is Licenced Under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License