The Effect of Service Quality, Emotional Marketing and Brand Image on Satisfaction

Hardiman Hardiman, Kristina Anindita Hayuningtias

Abstract


This study aims to test the effect of service quality, emotional marketing and brand image on consumer satisfaction. This study used non-probability sampling and purposive sampling techniques as sampling techniques. Data collection in this study was through google form and obtained as many as 138 respondents.  The technical analysis used is multiple liner regression analysis. The results of this study show that the variables of service quality, emotional marketing and brand image have a positive and significant effect on consumer satisfaction, so it can be concluded that the better the quality of service, emotional marketing and brand image in the eyes of customers, the more satisfied consumers will be

Keywords


service quality, emotional marketing, brand image, customer satisfaction

Full Text:

PDF

References


Durmaz, Y., avuÿoÿlu, S., & zer. (2018). Pengaruh Citra Merek dan Manfaat Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan: Kasus.

Fahrudin. (2018). Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Penggunaan Ulang (Studi Kasus Konsumen Go-jek di Jakarta Selatan).

Ghozali, Imam. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, I. H. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 (9th ed). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gunardi, Charlie Giovani., Riza Erdiansyah. (2019). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Mangkok Ku. Vol 3, No.2, EISSN 2598-0777, Prologia.

Hindarsah, Ida, Nurjaya, dkk. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan, Pemasaran Emosional dan Pemasaran Spiritual Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Pendidikan Komputer dan Matematika Turki. Vol 12 No.3, Hal 3685-3689.

Indah, Yuni Rosa dan Sri Suryoko. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Pengguna Jasa Pengiriman Barang Kantor Pos Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis.

Inkiriwang, Melisa Virjinia, dkk. 2022. Pengaruh Digital Marketing, Kualitas Produk dan Emosional Terhadap Kepuasan Konsumen Pinky Kitty Shop Tondano.

Isyanto, Puji dan Kartika Wijayanti. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express pada masa Pandemi COVID-19. Riset & Jurnal Akuntansi. Volume 6 Nomor 2, Hal 2101-2111.

Kartajaya, Hermawan. 2012. Positioning, Brand, dan Diferensiasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. 2016. Marketing Management. Edisi Lima belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. 2016.

Kusuma, Wijaya dan Novi Marlena. 2021. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Go-jek Di Kota Surabaya. Jurnal Pendidikan dan Tata Niaga. Vol 9 No 2, Hal 1174-1180.

Maesaroh dan Hariadi Hadisuwarno. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Tamu Di Favehotel Gatot Subroto Jakarta. Sinomika Jurnal. Volume 1 No.3, Hal 616.

Maimunah, Siti. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Citra Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. Vol.1, No.2, ISSN :2622-6367 (ONLINE).

Nisa, Khoirotun dan Imam Sopingi. 2020. Pengaruh Kualitas Layanan, Emotional Marketing dan Spiritual Marketing Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan. Journal of Islamic Economics Studies. Vol 1 Nomor 1, Hal 50-59.

Rakhmalia, Ika., Yeni Marsih. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT JNE Cabang Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten. Vol.4 , No.2, 101-118.

Ritonga, Husni Muharram, Dewi Nurmasari Pane dan Citra Anita Rahma. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda IDK 2 Medan. Jurnal Manajemen Tools. Vol 12 No 2, Hal 30-43.

Saragih, Nova Indah, Verani Hartati dan Muchammad Fauzi. 2020. Tren, Tantangan dan Perspektif dalam Sistem Logistik pada Masa dan Pasca (New Normal) Pandemik Covid-19 di Indonesia. Jurnal Rekayasa Sistem Industri. Volume 9 No 2.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Tikarina, Q. N. 2019. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tjiptono, Fandy. 2017. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia. 2017.

Tjiptono dan Diana. 2020. Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta : And.




DOI: https://doi.org/10.26618/profitability.v7i1.10235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal ilmu Manajemen Profitability is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter