ENSIKLOPEDIA TRAFFIC SIGNS; SOLUSI CERDAS MEMPERKENALKAN ROAD SAFETY CULTURE PADA ANAK SEKOLAH

Ashar Hidayah

Abstract


Salah satu permasalahan yang selalu dihadapi beberapa kota besar di Indonesia adalah masalah lalu lintas. Hal ini terbukti dari adanya indikasi angka kecelakaan lalu lintas yang selalu meningkat. Kebiasaan berlalu lintas semakin hari semakin memprihatinkan. Tingkat kesadaran para pengguna jalan raya terhadap pentingnya keselamatan sangat minim khususnya dikalangan para remaja, ini terlihat dari tingginya angka kecelakaan lalu lintas yang sebagian besar dialami anak sekolah/remaja.Salah satu solusinya yaituEnsiklopedia Traffic Signs yang merupakan sebuah buku yang berisi tentang rambu-rambu lalu lintas yang dipasang di pinggir jalan, yang berisi tentang lambang, huruf, angka, kalimat, atau gambar dengan bentuk yang berbeda-beda seperti bentuk lingkaran, segitiga, kotak dan sebagainya. Ensiklopedia Traffic Signs digunakan untuk memberi peringatan (rambu peringatan), perintah (rambu perintah), larangan (rambu larangan), dan pertunjuk (rambu petunjuk) bagi pengguna jalan. Ensiklopedia Traffic Signs diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada remaja atau bahkan masyarakat luas tentang peraturan lalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan yang terjadi di jalan.

 

Kata Kunci :Ensiklopedia Traffic Signs, Road Safety Culture


Full Text:

PDF

References


Fahrial, M. (2011). Kecelakaan Akibat Jalanan Rusak. Diakses 20 Mei 2013, dari http://id.Wikipedia.Org/Wiki/Kecelakaan_Lalu-Lintas.

Fitriyani, N. (2011). Penerapan Pasal 288 UU No. 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dalam Menanggulangi Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Insana, M. D. (2009). Lalu Lintas Masuk Kurikulum Sekolah. Diakses 20 Mei 2013, dari http://suaraguru.wordpress.com/2009/01/08/lalu-lintas-masuk kurikulum- sekolah.

Rahmadi, S. (2011). Kecelakaan Lalu Lintas di Duren Sawit Jakarta Timur. Jakarta: Universitas Indonesia.

Santoso, B, dkk. (2010). Budayakan Tertib Berlalu Lintas (Sesuai UU No.22 Tahun 2009). Jakarta: Ditlantas babinkam Polri.

Soekanto, S. (1990). Polusi dan Lalu Lintas (Analisis Menurut Sosiologi Hukum). Bandung: Mandar Maju.

Subhan, dkk. (2012). Pentingnya Kesadaran para Remaja Pelajar SMAN Padangsimpuan dalam Disiplin Berlalu lintas. Pdang: SMA Negeri 2 Padangsidimpuan.

Ihsan. (2012). Pintar Mengenal Rambu Lalu Lintas. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.

Undang-Undang No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter