Meningkatkan Keterampilan Desain Media Pembelajaran Melalui Canva Bagi Tenaga Pendidik SMP Muhammadiyah Takkalasi
Abstract
Kemajuan teknologi telah membawa transformasi signifikan dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penggunaan alat desain grafis seperti Canva. Media pembelajaran berbasis Canva dinilai mampu meningkatkan motivasi siswa serta efektivitas proses belajar mengajar, seiring dengan tuntutan generasi digital yang membutuhkan metode pembelajaran yang lebih dinamis dan kreatif. Dengan antarmuka yang ramah pengguna dan fitur desain yang canggih, Canva memungkinkan guru dan siswa menciptakan materi pembelajaran visual yang menarik, seperti infografis, presentasi, dan poster, sehingga memperkaya pengalaman belajar. Namun, masih terdapat kesenjangan dalam penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di kalangan guru, seperti yang terjadi di SMP Muhammadiyah Takkalasi, di mana 60% guru belum menguasai teknologi pendidikan. Untuk mengatasi tantangan ini, dilakukan pelatihan bertajuk Meningkatkan Keterampilan Desain Media Pembelajaran Melalui Canva bagi Tenaga Pendidik SMP Muhammadiyah Takkalasi pada 12 September 2024. Kegiatan ini diikuti oleh 13 guru dengan metode yang mencakup presentasi teori, demonstrasi praktis, dan sesi praktik bersama. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan desain grafis peserta, pemahaman konsep desain visual, serta kemampuan menciptakan media pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Guru juga merasa lebih percaya diri dalam memanfaatkan Canva untuk mendukung pembelajaran yang inovatif dan interaktif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfian, A. N., Putra, M. Y., Arifin, R. W., Barokah, A., Safei, A., & Julian, N. (2022). Pemanfaatan media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva. Jurnal ABDIMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat UBJ), 5(1), 75–84.
Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43.
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman.
Hamzah, I., Puspaningtyas, N. D., Amelia, D., Parjito, P., Gulo, I., & Romadhona, W. (2023). Pendampingan pembuatan materi ajar menggunakan aplikasi Canva di SMA Negeri 2 Kota Agung. Teknomas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Teknokrat Indonesia, 1(1), 47-54.
Irmawati, M., & Iqbal, I. (2023). Workshop pembuatan media pembelajaran interaktif berbasis Canva. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 734–744.
Irmawati, I. (2020). Makna dan simbol kesenian sintren sebagai media dakwah Islam. Khulasah: Islamic Studies Journal, 2(1), 38–56.
Mila, N., Nuralamsyah, Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). Efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media pembelajaran daring. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian, 978–623.
Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran matematika di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334.
Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media pembelajaran audio visual berbasis aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.
Sartika, S., Nurkhasanah, N., & Rohmiasih, C. (2021). Literasi baca tulis dalam menyimak lagu bagi pemelajar bahasa Indonesia bagi penutur asing. Seminar Nasional SAGA 3, 3(1), 2136–2223.
Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika, 7(2), 79-85.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats