Menyulam Potensi: Rancangan Kebijakan Terhadap Guru Honorer di Era Transformasi Digital Menuju Indonesia Emas 2045
Abstract
Transformasi teknologi di dunia pendidikan salah satu upaya dalam mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 yang terlihat dari strategi-strategi pembangunan pendidikan dan ilmu pengetahuan serta teknologi (iptek). Kemendikbudristek sejak 2019 telah menjalankan berbagai kebijakan dan program dalam mewujudkan pendidikan berkualitas berbasis teknologi, salah satunya adalah program Pelatihan Mandiri pada Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang berorientasi pada pemberdayaan dan peningkatan kompetensi terpadu bagi guru. Namun, manfaat dan peluang yang diberikan tidak seluruhnya dapat dirasakan para guru honorer, terutama bagi guru honorer di daerah-daerah terpencil dan miskin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui realitas guru honorer di daerah berpenduduk miskin dalam menyesuaikan diri dengan era transformasi digital dan untuk mengetahui skema kebijakan pemberdayaan guru honorer dalam meningkatkan akses CASN di daerah miskin di era transformasi digital. Metode yang digunakan adalah yuridis-empiris dengan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, artikel ilmiah, dan sumber internet, serta data sekunder berupa hasil wawancara. Digitalisasi pendidikan bagi guru honorer di daerah berpenduduk miskin menghadapi tantangan keterbatasan akses internet, biaya tambahan, infrastruktur yang buruk, dan manfaat sertifikasi pelatihan digital lebih dirasakan oleh guru ASN sehingga menciptakan kesenjangan karier. Skema kebijakan yang dirancang yakni perlunya revitalisasi kebijakan Kurikulum Merdeka untuk guru honorer di daerah miskin dengan penyediaan akses yang lebih inklusif terhadap modul Pelatihan Mandiri, penyesuaian kewajiban guru honorer, serta prioritas bantuan kuota internet.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustia, N. R., Sirozi, M., & Sumarti, S. T. (2024). Analysis Vision Education in Election President 2024 in Indonesia: Urgency, Relevance And Opportunity Implementation from Partner Presidential and Vice Presidential Candidates Number Sequence 01. Didaktika: Jurnal Kependidikan , 13(2), 2729–2738.
Antara. (2024, February 19). Institute of Adult Learning (IAL) di Singapura Pilih ClassIn untuk Meningkatkan “Lifelong Learning” dengan ClassIn Lifelong Learning Ecosystem (LLE). Antara News.
Aryawan, I. W., & Rai, I. B. (2024). Praktik Baik Manajemen Pendidikan di Finlandia untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Indonesia. Widya Accarya, 15(1), 35–41. https://doi.org/10.46650/wa.15.1.1532.35-41
Bereczki, E. O., & Kárpáti, A. (2021). Technology-enhanced creativity: A multiple case study of digital technology-integration expert teachers’ beliefs and practices. Thinking Skills and Creativity, 39, 100791. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2021.100791
Cahya Purnama, S. P. G., & Suyanta, I. W. (2025). Optimalisasi Platform Merdeka Mengajar (PMM) Untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 1 Bangli. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 5(1), 59–74. https://doi.org/10.37329/metta.v5i1.3536
Darmawan, A. D. (2023, December 19). 13,06% Penduduk di Kab. Jeneponto Masuk Kategori Miskin. Databoks.
Darmawan, I. G. N., Suryadi, A., Budimansyah, D., & Susilo. (2024). Indonesian Education: Past, Present, and Future. Taylor & Francis.
Emynorane, R. H., Huda, M., Degeng, I. N. S., Supriyanto, A., & Citriadin, Y. (2024). Challenges and Supports for Enhancing Teacher Professionalism in Private High Schools of Malang: A Qualitative Study. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan , 16(2), 1606–1615. http://dx.doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5215
Fadya, D. K., Pratiwi, A. R. S., & Muhtarom, T. (2024). Analisis Perbandingan Infrastruktur Teknologi Informasi untuk Pendidikan di Negara Indonesia dan Negara Finlandia: Tantangan dan Solusi bagi Pemerataan Akses Pendidikan Berkualitas. 03(01), 123–130.
Fauzan, F., Ansori, R. A. M., Dannur, Moh., Pratama, A., & Hairit, A. (2023). The Implementation of the Merdeka Curriculum (Independent Curriculum) in Strengthening Students’ Character in Indonesia. Aqlamuna: Journal of Educational Studies, 1(1), 136–155. https://doi.org/10.58223/aqlamuna.v1i1.237
Fortner, K. M., Lalas, J., & Strikwerda, H. (2021). Embracing Asset-Based School Leadership Dispositions in Advancing True Equity and Academic Achievement for Students Living in Poverty. Journal of Leadership, Equity, and Research , 7(1), 1–19.
Hidayati, D., Kurniawan, A., & Asakir, I. (2023). The Effect Of Teacher Well-Being, Teacher Competency, And Teacher Commitment To Improving School Quality. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 7(1), 103. https://doi.org/10.29240/jsmp.v7i1.5595
Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, A. H. H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. JISMA: Journal of Information Systems and Management , 2(6), 70–73.
Inkiriwang, R. R. (2020). Kewajiban Negara Dalam Penyediaan Fasilitas Pendidikan Kepada Masyarakat Menurut Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lex Privatum , 8(2), 143–153.
Isma, C. N., Rina Rahmi, & Hanifuddin Jamin. (2022). Urgensi Digitalisasi Pendidikan Sekolah. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 14(2), 129–141. https://doi.org/10.47498/tadib.v14i2.1317
Kamaruddin, N., & Ahmad, L. N. A. (2024). Implementing Technology Leadership Competency Standards for School Leaders: Enhancing Educational Quality in the Digital Age. Online Journal for TVET Practitioners , 9(2), 140–150.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2022). Apa Itu Pelatihan Mandiri? Pusat Informasi Guru. https://pusatinformasi.guru.kemdikbud.go.id/hc/en-us/articles/6856401959321-Apa-Itu-Pelatihan-Mandiri
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2023). Kemendikbudristek Optimis 1 Juta Guru ASN PPPK Segera Tercapai. Kemdikbud. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2023/11/kemendikbudristek-optimistis-1-juta-guru-asn-pppk-segera-tercapai
Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. (2019). Indonesia 2045: Berdaulat, Maju, Adil, dan Makmur. Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia. Perpustakaan Bappenas. https://perpustakaan.bappenas.go.id/e-library/file_upload/koleksi/migrasidatapublikasi/file/Policy_Paper/Ringkasan%20Eksekutif%20Visi%20Indonesia%202045_Final.pdf.
Kumar, J. (2023). Influence of motivation on teachers’ job performance. Humanities and Social Sciences Communications, 10(1), 1–11. https://doi.org/10.1057/s41599-023-01662-6
Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, Dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.
Laras. (2025, January 19). Guru Dituntut Adaptasi dengan Digitalisasi Pendidikan. Natmed.Id (Jaringan Media Siber Indonesia). https://natmed.id/guru-dituntut-adaptasi-dengan-digitalisasi-pendidikan/
Lytra, M. D., Șerban, A. C., Alkhaldi, A., Malik, S., & Aldosemani, T. (2024). Digital Transformation in Higher Education, Part A: Best Practices and Challenges. Emerald Publishing.
Martinez, C. (2022). Developing 21 st century teaching skills: A case study of teaching and learning through project-based curriculum. Cogent Education, 9(1). https://doi.org/10.1080/2331186X.2021.2024936
McHaney, R. (2023). The New Digital Shoreline: How Web 2.0 And Millennials Are Revolutionizing Higher Education. Taylor & Francis.
Novita, P. (2023). Teaching is (not) a career priority for student teachers: Empirical evidence from Indonesia. Journal of Educational Studies and Multidisciplinary Approaches, 3(2), 175–197. https://doi.org/10.51383/jesma.2023.78
Pambudi, G. (2023). Pemahaman Guru Gen Z Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di Tingkat Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3170–3181.
Patoni, A. (2024). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik di SMK PGRI 2 Kota Jambi. Universitas Jambi.
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi No. 2 Tahun 2022 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, Bantuan Operasional Sekolah, Dan Bantuan Operasional Penyelenggaraan Pendidikan Kesetaraan.
Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 Tentang Guru.
Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.
Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021.
Purbiyati, Y. S., & Riyanto, E. A. (2022). The Problem Of Education Fighters’ Sense Of Injustice In The Education System In Indonesia. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(1), 314–336. https://doi.org/10.29040/ijebar.v6i1.4731
Ryan Gabriel Siringoringo, & Muhamad Yanuar Alfaridzi. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira : Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Santoro, D. A. (2021). Demoralized: Why Teachers Leave The Profession They Love And How They Can Stay. Harvard Education Press.
SMP Negeri 1 Kurun. (2023). Manfaat Sertifikat Pelatihan Mandiri di PMM. SMP Negeri 1 Kurun. https://smpnsatukurun.sch.id/read/171/manfaat- sertifikat-pelatihan-mandiri-di-pmm
Sugeng. (2024). Hukum Telematika Indonesia (Revisi). Prenada Media.
Tam, H., Kwok, S. Y. C. L., Hui, A. N. N., Chan, D. K., Leung, C., Leung, J., Lo, H., & Lai, S. (2021). The significance of emotional intelligence to students’ learning motivation and academic achievement: A study in Hong Kong with a Confucian heritage. Children and Youth Services Review, 121(105847). https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105847
Theoharis, G. (2024). The School Leaders Our Children Deserve: Seven Keys To Equity, Social Justice, And School Reform. Teachers College Press.
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.
Universitas PGRI Yogyakarta. (2024). Dampak Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan: Revolusi Belajar di Era Modern. Universitas PGRI Yogyakarta. https://upy.ac.id/berita/dampak-kemajuan-teknologi-dalam-pendidikan-revolusi-belajar-di-era-modern/
Wang, C., Zhang, M., Sesunan, A., & Yolanda, L. (2019). Peran Teknologi Dalam Transformasi Pendidikan Di Indonesia: Tinjauan dampak terkini gerakan Merdeka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17314
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats