Faktor Determinan yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Darul Hikam Bandung
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42
Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871
Arif Musthofa, M., & Ali, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia: Kesisteman, Tradisi, Budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.666
Arjun Yoga Pratama. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23021
Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232
Berndt, A. E. (2020). Sampling Methods. Journal of Human Lactation, 36(2), 224–226. https://doi.org/10.1177/0890334420906850
Busti, M. F., Yulihasri, & Rivai, H. A. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Resiliensi terhadap Job Burnout dengan Stres Kerja sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 632–640. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.566
Djaswadi, G. O., Wibawa, B. M., & Kunaifi, A. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Taxi Ride Sharing: Studi Kasus Perusahaan Taxi Ride Sharing. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25500
Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414
Fatullah, M. B., Sumaryoto, S., & Permana, R. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 122. https://doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.14426
Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education |, 7(3), 1–8. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/view/51324/21006
Gass, R. H., & Seiter, J. S. (2019). The Nature of Critical Thinking. Taylor & Francis. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781351242493-4
Hildayati, B., & Mayasari, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin Analysis of The Implementation of The Independent Curriculum on Learning Outcomes in Economics subjects in class X-1 of. 3(2), 53–60. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2247
Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943–952. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482
Lacuba, S., Khosmas, F. Y., Syamsuri, S., & Syahrudin, H. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 665. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2798
Laurent, D. S. C. (2020). Social thinking and history: A sociocultural psychological perspective on representations of the past. In Social Thinking and History: A Sociocultural Psychological Perspective on Representations of the Past. Milton Park: Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780429465116
Mahmud, M. S., Huang, J. Z., Salloum, S., Emara, T. Z., & Sadatdiynov, K. (2020). A survey of data partitioning and sampling methods to support big data analysis. Big Data Mining and Analytics, 3(2), 85–101. https://doi.org/10.26599/BDMA.2019.9020015
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126
Novitasari, E., & Ayuningtyas, T. (2021). Analisis ekonomi keluarga dan literasi ekonomi terhadap perilaku menabung mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 di STKIP PGRI Lumajang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 35–46. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5293
Nurul Fadilla, & Puri Pramudiani. (2023). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 304–313. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5430
Pering, I. M. A. A. (2020). Kajian Analisis Jalur Dengan Structural Equation Modeling (Sem) Smart-Pls 3.0. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 28–48. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.177
Pilgrim, J., Vasinda, S., Bledsoe, C., & Martinez, E. (2019). Critical Thinking Is Critical: Octopuses, Online Sources, and Reliability Reasoning. Reading Teacher, 73(1), 85–93. https://doi.org/10.1002/trtr.1800
Pratiwi, A. Z., Salamah, N. S. K., & Chadjijah, S. (2024). Perspektif Teori Kognitif pada Kesulitan Belajar dalam Kurikulum Merdeka. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 328–351. Retrieved from https://jurnal.staip.ac.id/index.php/hasanah/article/view/619
Pratiwi, R. T., Hadiyanti, N., Setiawan, I., & Nuryatin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 29–36. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7042
Putra, H. A. D., & Fitrayati, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1765–1774. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.676
Rahmawaty, D., & Nur, A. R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Jurnal Ekonomi, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.47896/je.v23i1.99
Ramezan, C. A., Warner, T. A., & Maxwell, A. E. (2019). Evaluation of sampling and cross-validation tuning strategies for regional-scale machine learning classification. Remote Sensing, 11(2). https://doi.org/10.3390/rs11020185
Rusdha, D. M., Lestari, I., & Sapriati, A. (2022). Hubungan Konsep Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Ipa. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.4766
Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615
Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education, 06(01), 2836–2846. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3324
Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461
Suryaningsih, C., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 119–128. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44933
Widoyo, H., Rofi’i, A., Jahrir, A. S., Rasimin, R., Purhanudin, M. V., & Sitopu, J. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3133
DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17054
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats