Faktor Determinan yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Darul Hikam Bandung

Bayu Prasetio, Titik Handayani Bawadi, Komang Ade Komala Savitri

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki komponen penentu yang memengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa di kelas X di SMA Darul Hikam Bandung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan melibatkan 109 siswa dari kelas XI SMA Darul Hikam Bandung. Empat variabel utama yang diteliti adalah Prestasi Belajar, Proses Belajar, Waktu Belajar, dan Efikasi Diri. Sebanyak 76 siswa terpilih dari kuesioner yang dibagikan selama satu minggu. Aplikasi SmartPLS versi 3.0 digunakan untuk melakukan analisis data menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis seseorang. Dengan nilai t hitung 10,067 (> 1,66) dan p-value 0,000 (< 0,05), prestasi belajar menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis seseorang. Prestasi belajar menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan nilai t hitung 10,067 (> 1,66) dan p-value 0,000 (< 0,05). Proses pembelajaran juga memiliki pengaruh yang signifikan dengan nilai t hitung 2,385 (> 1,66) dan p-value 0,000 (< 0,05). Efikasi diri memiliki nilai t hitung 1,699 (> 1,66) dan p-value 0,045 (< 0,05). Hasil ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa ditingkatkan oleh keempat variabel, baik secara kolektif maupun individual. Penelitian ini memberikan informasi yang relevan tentang bagaimana membuat pendekatan pembelajaran yang lebih baik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis di sekolah.

Keywords


Berpikir Kritis, Pencapaian Pembelajaran, Proses Pembelajaran, Waktu Belajar, Efikasi diri

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. C., & Sagita, G. (2019). Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. JURNAL SOSIAL : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59. https://doi.org/10.33319/sos.v20i2.42

Aprilianingrum, D., & Wardani, K. W. (2021). Meta Analisis: Komparasi Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Basicedu, 5(2), 1006–1017. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.871

Arif Musthofa, M., & Ali, H. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam Di Indonesia: Kesisteman, Tradisi, Budaya. Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 1–19. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.666

Arjun Yoga Pratama. (2023). Pengaruh Self Efficacy Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 5(1), 1–9. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v5i1.23021

Ayunda, S. N., Lufri, L., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan LKPD terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Journal on Education, 5(2), 5000–5015. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1232

Berndt, A. E. (2020). Sampling Methods. Journal of Human Lactation, 36(2), 224–226. https://doi.org/10.1177/0890334420906850

Busti, M. F., Yulihasri, & Rivai, H. A. (2023). Pengaruh Beban Kerja dan Resiliensi terhadap Job Burnout dengan Stres Kerja sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Informatika Ekonomi Bisnis, 5, 632–640. https://doi.org/10.37034/infeb.v5i2.566

Djaswadi, G. O., Wibawa, B. M., & Kunaifi, A. (2017). Analisis Deskriptif dan Tabulasi Silang pada Konsumen Taxi Ride Sharing: Studi Kasus Perusahaan Taxi Ride Sharing. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 6(2). https://doi.org/10.12962/j23373520.v6i2.25500

Fahlevi, M. R. (2022). Upaya Pengembangan Number Sense Siswa Melalui Kurikulum Merdeka (2022). Sustainable Jurnal Kajian Mutu Pendidikan, 5(1), 11–27. https://doi.org/10.32923/kjmp.v5i1.2414

Fatullah, M. B., Sumaryoto, S., & Permana, R. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kritis dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 6(1), 122. https://doi.org/10.30998/herodotus.v6i1.14426

Fridayani, J. A., Riastuti, A., & Jehamu, M. A. (2022). Analisis Faktor yang Memengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis pada Mahasiswa. Journal of Business Management Education |, 7(3), 1–8. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/JBME/article/view/51324/21006

Gass, R. H., & Seiter, J. S. (2019). The Nature of Critical Thinking. Taylor & Francis. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9781351242493-4

Hildayati, B., & Mayasari, A. (2023). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi pada Kelas X-1 SMAN 4 Banjarmasin Analysis of The Implementation of The Independent Curriculum on Learning Outcomes in Economics subjects in class X-1 of. 3(2), 53–60. https://doi.org/10.30872/jimpian.v3i1.2247

Ismayanti, W., Santosa, C. A. H. F., & Rafianti, I. (2022). Minat Belajar, Efikasi Diri, dan Kemampuan Berpikir Kritis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(3), 943–952. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i3.2847

Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S. D., Pratiwi, H. Y., & Ayu, H. D. (2022). Analisis Keterampilan Abad 21 Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39–53. https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i1.2482

Lacuba, S., Khosmas, F. Y., Syamsuri, S., & Syahrudin, H. (2023). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 665. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2798

Laurent, D. S. C. (2020). Social thinking and history: A sociocultural psychological perspective on representations of the past. In Social Thinking and History: A Sociocultural Psychological Perspective on Representations of the Past. Milton Park: Routledge Taylor & Francis Group. https://doi.org/10.4324/9780429465116

Mahmud, M. S., Huang, J. Z., Salloum, S., Emara, T. Z., & Sadatdiynov, K. (2020). A survey of data partitioning and sampling methods to support big data analysis. Big Data Mining and Analytics, 3(2), 85–101. https://doi.org/10.26599/BDMA.2019.9020015

Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah. BIOEDUSAINS:Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 3(2), 195–207. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849

Muhali, M. (2019). Pembelajaran Inovatif Abad Ke-21. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 3(2), 25. https://doi.org/10.36312/e-saintika.v3i2.126

Novitasari, E., & Ayuningtyas, T. (2021). Analisis ekonomi keluarga dan literasi ekonomi terhadap perilaku menabung mahasiswa Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 di STKIP PGRI Lumajang. Jurnal Riset Pendidikan Ekonomi, 6(1), 35–46. https://doi.org/10.21067/jrpe.v6i1.5293

Nurul Fadilla, & Puri Pramudiani. (2023). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dengan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 304–313. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5430

Pering, I. M. A. A. (2020). Kajian Analisis Jalur Dengan Structural Equation Modeling (Sem) Smart-Pls 3.0. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 3(2), 28–48. https://doi.org/10.47532/jis.v3i2.177

Pilgrim, J., Vasinda, S., Bledsoe, C., & Martinez, E. (2019). Critical Thinking Is Critical: Octopuses, Online Sources, and Reliability Reasoning. Reading Teacher, 73(1), 85–93. https://doi.org/10.1002/trtr.1800

Pratiwi, A. Z., Salamah, N. S. K., & Chadjijah, S. (2024). Perspektif Teori Kognitif pada Kesulitan Belajar dalam Kurikulum Merdeka. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 328–351. Retrieved from https://jurnal.staip.ac.id/index.php/hasanah/article/view/619

Pratiwi, R. T., Hadiyanti, N., Setiawan, I., & Nuryatin, A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 29–36. https://doi.org/10.25134/equi.v20i01.7042

Putra, H. A. D., & Fitrayati, D. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1765–1774. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.676

Rahmawaty, D., & Nur, A. R. (2020). Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Oppo. Jurnal Ekonomi, 23(1), 1–12. https://doi.org/10.47896/je.v23i1.99

Ramezan, C. A., Warner, T. A., & Maxwell, A. E. (2019). Evaluation of sampling and cross-validation tuning strategies for regional-scale machine learning classification. Remote Sensing, 11(2). https://doi.org/10.3390/rs11020185

Rusdha, D. M., Lestari, I., & Sapriati, A. (2022). Hubungan Konsep Diri Dan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Ipa. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 9(1), 1–12. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v9i1.4766

Sanaky, M. M. (2021). Analisis Faktor-Faktor Keterlambatan Pada Proyek Pembangunan Gedung Asrama Man 1 Tulehu Maluku Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–439. https://doi.org/10.31959/js.v11i1.615

Sinaga, A. V. (2023). Peranan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Membentuk Karakter dan Skill Peserta Didik Abad 21. Journal on Education, 06(01), 2836–2846. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3324

Sukma, Y., & Priatna, N. (2021). Pengaruh Self-Efficacy terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Soulmath : Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 75–88. https://doi.org/10.25139/smj.v9i1.3461

Suryaningsih, C., & Dewi, N. R. (2021). Kajian Teori: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual Materi Aritmetika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis pada Pembelajaran Preprospec Berbantuan TIK. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 119–128. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/44933

Widoyo, H., Rofi’i, A., Jahrir, A. S., Rasimin, R., Purhanudin, M. V., & Sitopu, J. W. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Dan Menyenangkan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal on Education, 6(1), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3133




DOI: https://doi.org/10.26618/jp.v12i1.17054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal PENA : Penelitian dan Penalaran

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats