PENGEMBANGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 8 PERCUT SEI TUAN

DOI: https://doi.org/10.26618/g4zm0c72

Penulis

  • Dedek Ardiansyah UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN
  • Edi Saputra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran audiovisual guna meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Tahap analisis menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam memahami struktur dan penggunaan bahasa dalam teks eksposisi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi, media, dan bahasa, media yang dikembangkan memperoleh kategori “sangat valid” dengan rata-rata skor di atas 88%. Uji coba lapangan menunjukkan bahwa media dinilai “praktis” dan mudah digunakan, dengan 92% siswa memberikan respon positif. Hasil evaluasi efektivitas menunjukkan peningkatan kemampuan menulis siswa dengan nilai rata-rata pretest sebesar 52,73 dan posttest sebesar 84,58, dengan N-Gain sebesar 0,6657 atau 66,57% yang termasuk kategori efektif. Media audiovisual ini terbukti mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penyajian materi yang menarik, kontekstual, serta memadukan unsur visual dan audio secara seimbang. Dengan demikian, media pembelajaran audiovisual berbasis model ADDIE layak digunakan sebagai inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk memperkuat keterampilan menulis teks eksposisi secara efektif dan menyenangkan.

Diterbitkan

2025-12-29

Terbitan

Bagian

Artikel