ANALISIS PELANGGARAN KESANTUNAN BERBAHASADI INSTAGRAM SEBAGAI MATERI AJAR DIGITAL PRAGMATIK UNTUK PENINGKATAN LITERASI KRITIS
DOI: https://doi.org/10.26618/5re20m68
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk-bentuk pelanggaran kesantunan berbahasa yang muncul dalam kolom komentar Instagram sebagai materi ajar digital pragmatik untuk meningkatkan literasi kritis. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena komunikasi publik di media sosial yang cenderung bebas dan minim kontrol. Instagram, sebagai media sosial yang dominan di kalangan remaja dan dewasa muda, menjadi ruang representatif untuk mengkaji praktik berbahasa yang sopan dan santun di ranah digital. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data diperoleh melalui dokumentasi komentar pada unggahan publik di Instagram dan dianalisis menggunakan teori kesantunan Leech. Hasil analisis menunjukkan bahwa bentuk pelanggaran yang dominan mencakup pelanggaran maksim pujian, simpati, kesetujuan dan kebijaksanaan, serta konteks penggunaan yang terkait erat dengan topik politik. Temuan ini memberikan gambaran bahwa meskipun berlangsung di ruang daring yang bebas, praktik kesantunan tetap hadir dan dapat dikaji secara ilmiah untuk memperkaya pemahaman pragmatik, sekaligus menjadi rujukan dalam pengembangan pembelajaran bahasa berbasis media digital untuk meningkatkan literasi kritis.
Kata Kunci: instagram; kesantunan berbahasa; literasi kritis; materi ajar; pragmatik
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id


.png)

