EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI
DOI: https://doi.org/10.26618/3zjsyy09
Abstrak
Perkembangan teknologi digital dan media sosial telah membawa perubahan signifikan terhadap cara generasi muda belajar dan berinteraksi, termasuk dalam pembelajaran sastra. Instagram sebagai salah satu platform yang populer di kalangan pelajar memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai media belajar yang kreatif, visual, dan interaktif. Keterampilan menulis puisi yang merupakan bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia kerap dianggap sulit oleh siswa sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan dunia mereka. Model Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan Instagram diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi sekaligus mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan PjBL berbantuan Instagram terhadap keterampilan menulis puisi siswa SMP dengan menggunakan metode eksperimen semu berdesain nonequivalent control group. Sampel terdiri atas 80 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cimahi yang terbagi menjadi kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran PjBL berbasis Instagram dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis puisi yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji-t sampel independen dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (63,83) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (59,92) namun perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik (p = 0,187). Nilai effect size (Cohen’s d = 0,298) menunjukkan pengaruh kecil tetapi positif. Penggunaan Instagram terbukti mampu meningkatkan partisipasi, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa, serta memiliki potensi sebagai media pembelajaran sastra yang relevan dengan karakteristik generasi Z meskipun penerapannya memerlukan perencanaan yang lebih terstruktur dan berkelanjutan untuk hasil yang lebih optimal.
Kata Kunci: instagram, project based learning, menulis puisi, media digital.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id


.png)

