EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INSTAGRAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI

DOI: https://doi.org/10.26618/3zjsyy09

Penulis

  • Syarifatul Musyarofah Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Heri Isnaini Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • R. Ika Mustika Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

Abstrak

Perkembangan teknologi digital dan media sosial telah membawa perubahan signifikan terhadap cara generasi muda belajar dan berinteraksi, termasuk dalam pembelajaran sastra. Instagram sebagai salah satu platform yang populer di kalangan pelajar memiliki potensi besar untuk digunakan sebagai media belajar yang kreatif, visual, dan interaktif. Keterampilan menulis puisi yang merupakan bagian dari pembelajaran Bahasa Indonesia kerap dianggap sulit oleh siswa sehingga dibutuhkan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan dunia mereka. Model Project Based Learning (PjBL) yang diintegrasikan dengan Instagram diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi sekaligus mendorong keterlibatan aktif siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan PjBL berbantuan Instagram terhadap keterampilan menulis puisi siswa SMP dengan menggunakan metode eksperimen semu berdesain nonequivalent control group. Sampel terdiri atas 80 siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Cimahi yang terbagi menjadi kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran PjBL berbasis Instagram dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes menulis puisi yang telah melalui uji validitas dan reliabilitas, sedangkan analisis data dilakukan dengan uji-t sampel independen dan perhitungan effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai posttest kelompok eksperimen (63,83) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (59,92) namun perbedaan tersebut tidak signifikan secara statistik (p = 0,187). Nilai effect size (Cohen’s d = 0,298) menunjukkan pengaruh kecil tetapi positif. Penggunaan Instagram terbukti mampu meningkatkan partisipasi, kreativitas, dan kepercayaan diri siswa, serta memiliki potensi sebagai media pembelajaran sastra yang relevan dengan karakteristik generasi Z meskipun penerapannya memerlukan perencanaan yang lebih terstruktur dan berkelanjutan untuk hasil yang lebih optimal.

Kata Kunci: instagram, project based learning, menulis puisi, media digital.

Diterbitkan

2025-12-29

Terbitan

Bagian

Artikel