TEACHERS’ DIRECTIVE SPEECH ACTS IN INDONESIAN LANGUAGE INSTRUCTION
DOI:
https://doi.org/10.26618/xsmww371Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan tindak tutur direktif oleh guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Al-Madinah Islamic Boarding School. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari dua guru Bahasa Indonesia, yaitu Anggi Nofrizon dan Yasmin Delta Kori, yang dipilih berdasarkan perbedaan gaya mengajar untuk memperoleh variasi data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak bebas libat cakap (SBLB), rekam, dan catat, dengan peneliti sebagai instrumen utama dibantu alat perekam (Redmi 12) dan catatan lapangan. Data berupa tuturan guru diklasifikasikan ke dalam bentuk tindak tutur direktif (meminta, memerintah, bertanya, melarang, memohon, dan memberi nasehat), strategi bertutur (bertutur terus terang, basa-basi kesantunan positif, basa-basi kesantunan negatif, bertutur samar-samar, dan bertutur dalam hati), serta dianalisis berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa (maksim kebijaksanaan, maksim kesederhanaan, maksim penghargaan, maksim pemufakatan, dan maksim kesimpatian). Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk tindak tutur yang paling dominan adalah bertanya (98 data), strategi bertutur yang paling sering digunakan adalah bertutur terus terang (170 data), dan prinsip kesantunan yang paling dominan adalah maksim penghargaan (145 data). Temuan ini menunjukkan bahwa guru cenderung menggunakan komunikasi langsung dan pertanyaan terbuka untuk meningkatkan partisipasi siswa, namun tetap perlu mempertimbangkan aspek kesantunan agar suasana belajar tetap mendukung dan humanis.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id