TINJAUAN STRUKTUR, IMAJINASI, DAN KOHERENSI SERTA MOTIVASI BELAJAR MENULIS CERITA FIKSI FABEL PADA SISWA SD KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.26618/rr34vc91Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa Sekolah Dasar, khususnya dalam menyusun cerita fiksi fabel yang terstruktur, imajinatif, dan koheren. Padahal, kemampuan menulis merupakan keterampilan literasi dasar yang penting dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas III SD ditinjau dari aspek struktur, imajinasi, dan koherensi serta hubungannya dengan tingkat motivasi belajar menulis. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi analisis linguistik dan psikopedagogis, yaitu mengaitkan kualitas tulisan siswa dengan profil motivasi mereka. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif eksploratif, dengan melibatkan 50 siswa dari satu SD di Gugus II Kecamatan Pulo Ampel sebagai sampel. Instrumen penelitian terdiri atas tes menulis dan kuesioner motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa secara umum berada pada kategori mulai berkembang (rata-rata skor 10,06 dari 18), sedangkan motivasi belajar menulis berada pada kategori sedang (rata-rata 43,82 dari 60). Terdapat hubungan positif namun lemah antara motivasi belajar dan kemampuan menulis (r = 0,367; p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan perlunya penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan menulis dan memotivasi siswa secara bersamaan.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id