TINJAUAN STRUKTUR, IMAJINASI, DAN KOHERENSI SERTA MOTIVASI BELAJAR MENULIS CERITA FIKSI FABEL PADA SISWA SD KELAS III

Penulis

  • Ni Made Winursiti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Dedeh Kurniasih Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ni Made Winursiti Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26618/rr34vc91

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis siswa Sekolah Dasar, khususnya dalam menyusun cerita fiksi fabel yang terstruktur, imajinatif, dan koheren. Padahal, kemampuan menulis merupakan keterampilan literasi dasar yang penting dikembangkan sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita fabel siswa kelas III SD ditinjau dari aspek struktur, imajinasi, dan koherensi serta hubungannya dengan tingkat motivasi belajar menulis. Kebaruan dari penelitian ini terletak pada integrasi analisis linguistik dan psikopedagogis, yaitu mengaitkan kualitas tulisan siswa dengan profil motivasi mereka. Metode yang digunakan adalah survei kuantitatif eksploratif, dengan melibatkan 50 siswa dari satu SD di Gugus II Kecamatan Pulo Ampel sebagai sampel. Instrumen penelitian terdiri atas tes menulis dan kuesioner motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan menulis siswa secara umum berada pada kategori mulai berkembang (rata-rata skor 10,06 dari 18), sedangkan motivasi belajar menulis berada pada kategori sedang (rata-rata 43,82 dari 60). Terdapat hubungan positif namun lemah antara motivasi belajar dan kemampuan menulis (r = 0,367; p < 0,05). Temuan ini mengindikasikan perlunya penerapan model pembelajaran yang mampu meningkatkan kemampuan menulis dan memotivasi siswa secara bersamaan.

Diterbitkan

2025-09-29

Terbitan

Bagian

Artikel