PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA SESKOLAH MENENGAH PERTAMA

Penulis

  • Tuti Sugilestari SMP Negeri 4 Ngamprah
  • Heris Hendriana Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi
  • Heri Isnaini Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.26618/d50p3405

Kata Kunci:

Project Based Learning, Heyzine, keterampilan Menulis, Pengembangan Media.

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL) yang didukung oleh media interaktif Heyzine, guna meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi sepuluh langkah, meliputi: identifikasi kebutuhan dan masalah, pengumpulan informasi relevan, perancangan produk, validasi desain oleh para ahli, revisi desain awal, uji coba terbatas, revisi lanjutan, uji coba luas, perbaikan akhir, dan penyusunan produk final. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes menulis. Subjek yang dilibatkan dalam proses uji coba terdiri dari 9 siswa dalam kelompok kecil dan 23 siswa dalam uji coba lapangan. Hasil validasi yang dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak untuk digunakan di kelas. Efektivitas model dinilai melalui perbandingan hasil tes menulis cerita fantasi sebelum dan sesudah penerapan media. Analisis data dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan setelah penggunaan media. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbasis media interaktif Heyzine terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa. Produk akhir yang dihasilkan telah tervalidasi dan berpotensi untuk diterapkan secara luas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah menengah pertama.

Referensi

Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th (ed.)). Longman.

Dalimunthe, F. A., Gajah, E. S., Sari, Y., & Lusianti, E. F. (2023). Peran Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Kelas VII MTsN 2 Deli Serdang. Eunoia, 4(2). http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i2.4153

Denisa, S. B., & Astimar, N. (2024). Pengembangan media flipbook digital menggunakan aplikasi Heyzine pada pembelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 112–126. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17140

Margawati, S. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII.3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.72

Munajah, R., & Anggraini, M. (2025). Development of Interactive Learning Media Using Heyzine Flipbook on Indonesian Language Learning in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1165–1174. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.5960

Mustika, R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 110–118. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i2.28976

Nirmalasari, O., & Yahya, M. (2022). Peningkatan keterampilan menulis teks narasi (cerita fantasi) dengan model Project Based Learning dan media film “Ambilkan Bulan” pada siswa kelas VII E MTsN 2 Surakarta. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(2), 24–37. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i2.830

Nurhadi, A., & Pratiwi, A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 22–29. https://doi.org/10.21009/JPBSI.101.03

Pratama, R., & Suparno, P. (2021). Pengaruh Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Menulis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.26737/jpbi.v11i1.1345

Pratiwi, S. N., & Andriyani, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 5(2), 110–118. https://doi.org/10.22219/jippsd.v5i2.16712

Rahmi, N., Hasibuan, S., & Wahyuni, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 55–65. https://doi.org/10.21009/jtp.v10i1.22876

Ramadhani, R., Astuti, B., & Sulastri, F. (2021). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 105–116. https://doi.org/10.23887/jtp.v23i2.37824

Sari, D. P., & Suhartono, S. (2021). Penerapan media digital interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 9(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/um005v9i1p45

Sari, N. W., & Cahyono, H. (2022). Pengembangan Media Flipbook Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.21009/JIPP.071.02

Setiawan, A., & Mulyasa, E. (2022). Penggunaan media digital interaktif berbasis flipbook untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 15–24. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14509

Sugilestari, D. (2022). Peningkatan kreativitas menulis cerita fantasi melalui pendekatan multimodal. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(2), 112–124. https://doi.org/10.24832/jpbi.v12i2.39112

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.

Sukmariantika, A. Z. (2023). Pengembangan model PBL berorientasi digital storytelling pada materi cerita fantasi di SMP [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/104238

Zahroh, U., & Suyatno. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 45–55. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.7502

Diterbitkan

2025-09-22

Terbitan

Bagian

Artikel