PENGEMBANGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA HEYZINE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI SISWA SESKOLAH MENENGAH PERTAMA
DOI:
https://doi.org/10.26618/d50p3405Kata Kunci:
Project Based Learning, Heyzine, keterampilan Menulis, Pengembangan Media.Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan suatu model pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning atau PjBL) yang didukung oleh media interaktif Heyzine, guna meningkatkan kemampuan siswa SMP dalam menulis teks cerita fantasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model Borg & Gall yang telah dimodifikasi menjadi sepuluh langkah, meliputi: identifikasi kebutuhan dan masalah, pengumpulan informasi relevan, perancangan produk, validasi desain oleh para ahli, revisi desain awal, uji coba terbatas, revisi lanjutan, uji coba luas, perbaikan akhir, dan penyusunan produk final. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, angket, dan tes menulis. Subjek yang dilibatkan dalam proses uji coba terdiri dari 9 siswa dalam kelompok kecil dan 23 siswa dalam uji coba lapangan. Hasil validasi yang dilakukan oleh dua ahli materi dan dua ahli media menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan berada dalam kategori sangat layak untuk digunakan di kelas. Efektivitas model dinilai melalui perbandingan hasil tes menulis cerita fantasi sebelum dan sesudah penerapan media. Analisis data dengan menggunakan paired sample t-test menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05), yang mengindikasikan adanya peningkatan hasil belajar secara signifikan setelah penggunaan media. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model PjBL berbasis media interaktif Heyzine terbukti efektif dalam mengembangkan keterampilan menulis siswa. Produk akhir yang dihasilkan telah tervalidasi dan berpotensi untuk diterapkan secara luas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di tingkat sekolah menengah pertama.
Referensi
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (1983). Educational Research: An Introduction (4th (ed.)). Longman.
Dalimunthe, F. A., Gajah, E. S., Sari, Y., & Lusianti, E. F. (2023). Peran Model Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita Fantasi Kelas VII MTsN 2 Deli Serdang. Eunoia, 4(2). http://dx.doi.org/10.30821/eunoia.v4i2.4153
Denisa, S. B., & Astimar, N. (2024). Pengembangan media flipbook digital menggunakan aplikasi Heyzine pada pembelajaran IPAS di kelas V Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 112–126. https://doi.org/10.23969/jp.v9i4.17140
Margawati, S. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII.3 SMP Negeri 5 Depok Melalui Model Project Based Learning Berbantuan Media Film. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 95–104. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i01.72
Munajah, R., & Anggraini, M. (2025). Development of Interactive Learning Media Using Heyzine Flipbook on Indonesian Language Learning in Elementary School. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 1165–1174. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.5960
Mustika, R. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan, 24(2), 110–118. https://doi.org/10.21009/jtp.v24i2.28976
Nirmalasari, O., & Yahya, M. (2022). Peningkatan keterampilan menulis teks narasi (cerita fantasi) dengan model Project Based Learning dan media film “Ambilkan Bulan” pada siswa kelas VII E MTsN 2 Surakarta. Metamorfosis: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 15(2), 24–37. https://doi.org/10.55222/metamorfosis.v15i2.830
Nurhadi, A., & Pratiwi, A. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 10(1), 22–29. https://doi.org/10.21009/JPBSI.101.03
Pratama, R., & Suparno, P. (2021). Pengaruh Media Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap Keterampilan Menulis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(1), 45–56. https://doi.org/10.26737/jpbi.v11i1.1345
Pratiwi, S. N., & Andriyani, N. (2021). Pengembangan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan menulis teks narasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JIPPSD), 5(2), 110–118. https://doi.org/10.22219/jippsd.v5i2.16712
Rahmi, N., Hasibuan, S., & Wahyuni, T. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 55–65. https://doi.org/10.21009/jtp.v10i1.22876
Ramadhani, R., Astuti, B., & Sulastri, F. (2021). Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Literasi Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 23(2), 105–116. https://doi.org/10.23887/jtp.v23i2.37824
Sari, D. P., & Suhartono, S. (2021). Penerapan media digital interaktif untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 9(1), 45–51. https://doi.org/10.17977/um005v9i1p45
Sari, N. W., & Cahyono, H. (2022). Pengembangan Media Flipbook Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 15–23. https://doi.org/10.21009/JIPP.071.02
Setiawan, A., & Mulyasa, E. (2022). Penggunaan media digital interaktif berbasis flipbook untuk pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 7(1), 15–24. https://doi.org/10.21107/metalingua.v7i1.14509
Sugilestari, D. (2022). Peningkatan kreativitas menulis cerita fantasi melalui pendekatan multimodal. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 12(2), 112–124. https://doi.org/10.24832/jpbi.v12i2.39112
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Alfabeta.
Sukmariantika, A. Z. (2023). Pengembangan model PBL berorientasi digital storytelling pada materi cerita fantasi di SMP [Universitas Pendidikan Indonesia]. http://repository.upi.edu/id/eprint/104238
Zahroh, U., & Suyatno. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerita. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 45–55. https://doi.org/10.21107/metalingua.v8i1.7502
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KONFIKS

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id