NILAI-NILAI ETIKA DALAM LONTAR SARASAMUSCAYA: KAJIAN ISI DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER
DOI:
https://doi.org/10.26618/jgtyxk23Abstrak
Lontar Sarasamuscaya merupakan salah satu teks sastra religius Hindu yang sarat dengan ajaran moral dan etika kehidupan. Teks ini tidak hanya menjadi pedoman spiritual umat Hindu, tetapi juga mengandung nilai-nilai universal yang relevan dengan pembentukan karakter manusia, terutama dalam konteks pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan nilai-nilai etika yang terkandung dalam Sarasamuscaya, serta menganalisis relevansinya terhadap pendidikan karakter di era modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian isi (content analysis). Data diperoleh melalui telaah teks Sarasamuscaya dan diperkuat dengan studi literatur yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam Sarasamuscaya terkandung berbagai nilai etika seperti kejujuran (satya), pengendalian diri (dama), welas asih (karuṇā), kesabaran (kṣamā), serta kewajiban menjalankan dharma. Nilai-nilai tersebut sejalan dengan pilar-pilar pendidikan karakter yang dicanangkan dalam dunia pendidikan Indonesia, seperti religius, jujur, disiplin, dan bertanggung jawab. Oleh karena itu,ajaran dalam Sarasamuscaya sangat relevan dijadikan sumber penguatan pendidikan karakter, khususnya bagi peserta didik di lingkungan pendidikan berbasis agama Hindu. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi pengembangan kurikulum berbasis nilai dan mendorong pelestarian sastra lontar sebagai sumber ajaran moral yang luhur.
Kata Kunci: Sarasamuscaya, Nilai Etika, Pendidikan Karakter
Referensi
A. Pt. Suari, G. A. (2021). PERSAHABATAN MENURUT AJARAN AGAMA HINDU DALAM GEGURITAN DUKUH WANASARI. Subasita: Jurnal Sastra Agama dan Pendidikan Bahasa Bali, 1-9.
Farida Setyaningsih, D. A. (2020). KONSEP NILAI MODERASI DALAM KITAB SARASAMUSCAYA. Prosiding Seminar Nasional Moderasi Beragama STHD , 72-82.
Gede Sandita Vidyadana, I. M. (2022). FUNGSI AJARAN DALAM BAGIAN STRI PUSTAKA SUCI SARASAMUCCAYA TERHADAP PENINGKATAN ETIKA DAN MORAL HINDU BAGI TAHAPAN BRAHMACARI. JAPAM : Jurnal Pendidikan Agama, 72-84.
I Ketut Wisarja, N. W. (2022). PELITA DHARMA: Keutamaan Dharma Menurut Sarasamuccaya. Jurnal Genta Hredaya, 69-82.
I Made Hartaka, N. M. (2020). MENINGKATKAN KESADARAN INDIVIDU MELALUI AJARAN KARMAPHALA. Widya Katambung:Jurnal Fisalfat Agama Hindu, 18-34.
I Nyoman Sedana, N. A. (2013). Preservasi Berbasis Kearifan Lokal (Studi Kasus Mengenai Preservasi Preventif dan Kuratif Manuskrip Lontar Sebagai Warisan Budaya di Kabupaten Klungkung Bali). JURNAL KAJIAN INFORMASI & PERPUSTAKAAN, 91-105.
I Putu Agus Aryatnaya Giri, K. D. (2023). Daridra Perspektif Susastra Hindu . Dharma Sastra : Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Daerah, 10-20.
Ni Ketut Puspita Sari, I. N. (2023). PENDIDIKAN KARAKTER HINDU DALAM KITAB SARASAMUCCAYA. Jurnal Maha Widya Duta, 101-111.
Nur Intan Nirwang, A. N. (2022). ANALISIS ETIKA DALAM INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA . SOSIOLOGIA : Jurnal Agama dan Masyarakat, 109-115.
Oktaviana, D. (2023). DHARMA DALAM KITAB SARASAMUCCAYA SEBAGAI PEDOMAN HIDUP DI ZAMAN KALI YUGA. Jurnal Maha Widya Duta, 11-21.
Pramana, K. A. (2022). PENERAPAN NILAI TRI HITA KARANA DI TK ADI WIDYA . Widya Kumara Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini , 81-91.
Sari, N. (2023). EFL Students’ Understanding of Moral Values in Reading English Narrative Text. Indonesian Journal of ELT and Applied Linguistics (IJEAL), 20-29.
Sariani, N. W. (2020). TEKS GEGELARAN SANG SEWAKA ANGRIPTA SASTRA HOYENG LONTAR MUANG PRASASTI: SEBUAH KAJIAN LINGUISTIK ANTROPOLOGI. Jurnal Stilistika, 254-268.
Untara, I. M. (2020). ABORSI DALAM PANDANGAN NORMA AGAMA HINDU. Satya Dharma: Jurnal Ilmu Hukum , 1-22.
Yasa, I. W. (2020). MANUSKRIP “LONTAR” SEBAGAI SUMBER PENULISAN SEJARAH LOKAL ALTERNATIF DI BALI . JPSI : Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia, 63-87
Sedana, I. Nyoman, Ninis Agustini Damayani, and Ute Lies Siti Khadijah. "PRESERVASI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (STUDI KASUS MENGENAI PRESERVASI PREVENTIF DAN KURATIF MANUSKRIP LONTAR SEBAGAI WARISAN BUDAYA DI KABUPATEN KLUNGKUNG BALI)." Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan 1.1 (2013): 91-106
ALFIANA, MIFTAHUL JANAH. Pengaruh Model Pembelajaran Sentra Olah Tubuh Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Tk Islam Ar-Ridho Way Kanan. Diss. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2023.
Jayawangsa, I. G. A. R., & Suari, A. P. (2021). Relevansi Penguasaan Bahasa Bali Dengan Pendidikan Karakter Dan Implementasinya Dalam Pendidikan. Haridracarya: Jurnal Pendidikan Agama Hindu, 1(2), 119-128.
Hartaka, I. Made. "Membangun Semangat Kebangsaan Perspektif Etika Hindu." Genta Hredaya: Media Informasi Ilmiah Jurusan Brahma Widya STAHN Mpu Kuturan Singaraja 3.2 (2020).
Putra, Kadek Dwi Sentana, and I. P. A. A. Giri. "PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIFSUSASTRA HINDU." Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 8.1 (2023): 59-71.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KONFIKS

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The author owns the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License which allows others to share the work with acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the published journal version of the work (for example, posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (for example, in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchanges, as well as earlier and larger citations of published work (See The Effect of Open Access).
Statement of Authenticity and Manuscript Copyright can be downloaded: Here
After filling in the statement letter, please send via e-mail: konfiks@unismuh.ac.id