Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pealyanan Surat Tanda Nomor Kendaraan Di Kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Soppeng

Andi Yuli Yuniarti, Ihyani Malik, Nuriyanti Mustari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui  pengaruh  budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan STNK di Kantor   Samsat   Kabupaten   Soppeng.   Metode   penelitian   yang digunakan   dalam penelitian ini adalah metode penelitian mixed methods   dengan tipe penelitian  fenomenologi  dan  survei.  Hipotesis  yang  dikemukakan  adalah  budaya organisasi terhadap kualitas. Data  diperoleh  dari  60 Responden  yang  terdiri dari 11 orang   pegawai   dan 49 orang   masyarakat. Teknik   analisis   data    yang   digunakan adalah  metode  analisis  regresi linear  sederhana  dengan  Y = 41,464 + 436 X  dengan bantuan   Pearson product moment (r) melalui   program SPSS Versi 22.0   pada   taraf signifikan α= 0,05. Hasil penelitian   menunjukkan   bahwa   ada     pengaruh   positif signifikan  antara budaya organisasi  terhadap  kualitas   pelayanan  Surat  Tanda  Nomor Kendaraan   di Kantor   Samsat   Kabupaten Soppeng dengan koefisien regresi 0,436 sebesar   dalam   interpretasi koefisien regresi pada kategori   sedang   sehingga   dapat dikatakan  bahwa  ada  pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas  pelayanan  STNK di Kantor  Samsat Kabupaten  Soppeng.


Full Text:

PDF

References


Andrey Carver Purba. Skipsi. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kantor Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Samsat Medan Selatan. 2015. Diakses 18 Februari 2019.

Dwiyanto, Agus. 2005 . Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fandy Tjiptono and Gregorius Chandra. 2007. . Service, Quality Satisfaction. Yogyakarta : Andi Ofset.

Hikamawati. Skripsi. Pengaruh budaya organisasi terhadap kualitas pelayanan publik di sekretarian daerah kabupaten gowa. 2017. Diakses 18 Februari 2019.

Moenir, H. 2002 . Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Peraturan Menteri No. 63 Tahun

tentang Pendayagunaan Aparatur Negara

Ratminto dan Winarsih. 2006. Manajemen Pelayanan Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Robbins, S. P. 2006. PerilakuOrganisasi . Jakarta: PT Gramedia.

Sinambella. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Pertja

Tangkilisan, Hessel Nogi S. 2005.Manajemen Publik . Jakarta: Gramedia Widia Sarana Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan