ANALISIS KUALITAS PELAYANAN STATISTIK TERPADU (PST) BADAN PUSAT STATISTIK DI KABUPATEN JENEPONTO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Mutu Pelayanan Terpadu (PST) Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto yang berfokus pada mutu pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu variabel yang menentukan tercapainya tujuan dan berhubungan langsung dengan kepuasan masyarakat/pengunjung dalam proses pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu menganalisis data dengan mendeskripsikan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan sebagaimana adanya, yang berkaitan dengan kualitas Pelayanan Statistik Terpadu (PST) Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto dengan 42 responden sebagai pengguna data. Statistik dipilih menggunakan teknik incidental sampling dan data penelitian berupa angka dan analisis menggunakan statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi masing-masing indikator antara lain: Indikator Tangible dengan persentase 3,19 (79,55%), Indikator Reliabilitas dengan skor rata-rata 4,13 (82,65%), Indikator Responsivitas dengan skor rata-rata 4,49 (89,86%), Indikator Assurance dengan skor rata-rata 4,19 (83,80%), Indikator Empati dengan skor rata-rata 4,28 (85,73%).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
_____
Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar
Jalan Sultan Alauddin Nomor 259
Kota Makassar - Sulawesi Selatan