ANALISIS KUALITAS PELAYANAN STATISTIK TERPADU (PST) BADAN PUSAT STATISTIK DI KABUPATEN JENEPONTO

Ririn Anugrah Wahyuli, Hafiz Elfiansyah Parawu, Muhammad Yusuf

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Analisis Mutu Pelayanan Terpadu (PST) Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto yang berfokus pada mutu pelayanan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu variabel yang menentukan tercapainya tujuan dan berhubungan langsung dengan kepuasan masyarakat/pengunjung dalam proses pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu menganalisis data dengan mendeskripsikan atau mendeskripsikan data yang telah dikumpulkan sebagaimana adanya, yang berkaitan dengan kualitas Pelayanan Statistik Terpadu (PST) Badan Pusat Statistik Kabupaten Jeneponto dengan 42 responden sebagai pengguna data. Statistik dipilih menggunakan teknik incidental sampling dan data penelitian berupa angka dan analisis menggunakan statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dikategorikan baik. Hal ini dapat dilihat dari rekapitulasi masing-masing indikator antara lain: Indikator Tangible dengan persentase 3,19 (79,55%), Indikator Reliabilitas dengan skor rata-rata 4,13 (82,65%), Indikator Responsivitas dengan skor rata-rata 4,49 (89,86%), Indikator Assurance dengan skor rata-rata 4,19 (83,80%), Indikator Empati dengan skor rata-rata 4,28 (85,73%).


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

View My Stats

  Flag Counter

_____

Menara Iqra Lantai 5 Universitas Muhammadiyah Makassar

Jalan Sultan Alauddin Nomor 259 

Kota Makassar - Sulawesi Selatan