Perencanaan Bangunan Free Intake di Rantemario pada Tikungan Sungai Tomoni Kab. Luwu Timur

Muh. Fathir Mz., Alma Yulianti, Mahmuddin Mahmuddin, Agusalim Agusalim

Abstract


Bangunan Free Intake adalah bangunan sadap tampa bendung tempat  masuknya air dengan segala bangunan kelengkapannya, Di Kabupaten Luwu Timur tepatnya pada Kecematan Tomoni di desa Rantemario terdapat sebuah lahan tambang galian C yang berjalan pada berapa tahun terakhir, mengakibatkan lahan-lahan masyarakat bekas tambangan yang telah usai di tambang  terbengkalai, dimana luasan lahan yang terbatas dan letak geografis area persawahan di desa ini terisolir dari pusat distribusi air  yang terdapat pada daerah tersebut, dan di tinjau pada faktor-faktor yang ada di dalam (Modul-08 Perencanaan bangunan utama, tahun 2016) area persawahan di desa Rantemario tidak memenuhi kreteria  pembangunan Bendung, menjadikan area lahan ini sulit  mendapatkan batuan dalam pengembangannya, yang mengharuskan area lahan persawahan tersebut mendapatkan sumber distribusi airnya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa kebutuhan air di sawah, menganalisa debit andalan dan merencanakan bangunan free intake. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu menggambarkan dan menganalisa data yang bergantung pada kemampuan untuk menghitung data secara akurat yang dilakukan dengan cara mengumpulkan data berdasarkaan keadaan yang nyata, maka penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan sebuah inovasi dan inofatif  mengenai suatu masalah dalam menemukan solusi atau alternative dalam pengembangan lahan yang kurang optimal. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah survey dan pengamatan secara langsung yang dapat di gunakan dalam perencanaan bangunan Free Intake. Metode analisa data pada penilitian ini mengunakan Metode Aljabar,Gumbel dan Rasional pada anilasa Hidrometorologi, Metode Penma Modivikasi  dan Fj.Mock pada anlisa Ketersediaan air irigasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan air disawah (NFR) pada Desa Rantemario 1.52 lt/dt/ha, dengan debit rencana pada bangunan free intake 0.34 m3/dtk, Bangunan free intake di rancang dengan 2 pintu pengambilan bertipe pintu sorong, 1 pilar tengah dan kantong lumpur sepanjang 24 m.


Keywords


Bangunan Free Intake, Debit Andalan, Kebutuhan Air

Full Text:

205-215 PDF

References


Adnan Ikhsan. (2018). Pengaruh Debit Dan Kecepatam Aliran Terhadap Kapasitas Free Intake Air Baku. Makassar : F. Teknik Sipil UNHAS.

Agus Supriadi. (2021). Perencanaan Kantong Lumpur Jaringan Irigasi Bendung Kottok Kab. Jember. Jember : F. Teknik UMJ.

Akbar Muraslim. (2017). Studi Distrubusi Kecepatan Aliran Pada Bangunan Free Intake. Makassar : F. Teknik Sipil UNHAS.

Anwar. (2018). Analisis Ketersediaan Air dengan Metode F.J. Mock untuk Kebutuhan Air Bersih di DAS Borong Kabupaten Manggarai Timur. Malang : Universitas Tribhuwana Tunggadewi.

Anton Priyonugroho. (2014). Analisis Kebutuhan Air Irigasi (Studi Kasus Pada Daerah Irigasi Sungai Air Keban Daerah Kabupaten Empat Lawang). Palembang : F. Teknik Sipil UNSRI.

Binsar Silitongoa. (2018). Perencanaan Hidrolis Pintu Pada Bangunan Pengambilan Air (Intake). Medan : F. Teknik Sipil UNIKA

Dini Pangestu. (2012). Perencanaan Lokasi Dan Perencanaan Sistem Intake Air Baku Di Sungai Jawi Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Pontianak : F. Teknik UNTAN

Hadihardjaja, J. (1997) Irigasi dan Bangunan Air. Edited by S. S.K.Jakarta: Penerbit Gunadarma.

Indra Kusukma Sari. (2012). Analisa Ketersediaan dan Kebutuhan Air pada DAS Sampean). Malang : F. Teknik Sipil UB

Jeni Paresa. (2020). Analisa Debit Andalan Pada Long Storage Dengan Metode Fj Mock. Merauke : F. Teknik UNMUS

Pusat Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Air (2016).Modul-08 Perencanaan Bangunan Utama

Pusair. (2020) Pedoman Pusat Penelitian dan Sumber Daya Air. Bekasi : Balai Litbang Bekasi

Raisha Gazmawi. (2022). Perencanaan Bendung Daerah Irigasi Batang Baringin Di Kota Padang . Padang : F. Teknik Sipil dan Perencanaan, UBH.

Sosrodarsono. (1983). Hidrologi Untuk Pengairan. Jakarta : PT Abadi.

Triatmodjo, B. (2008) Hidrologi Terapan. Yogyakarta: BETA OFFSET.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i3.9298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats