Uji Metode Hidrograf Satuan Sintetis pada Das Bialo dengan Menggunakan Hidrograf Satuan Amatan Collins

Khafifa Khafifa, Yusril Yusril, Abd. Rakhim Nanda, Agusalim Agusalim

Abstract


Banjir rencana (desain banjir) adalah salah satu rencana besar untuk suatu rencana pembuatan bangunan udara atau bangunan yang keberadaannya (fungsi operasi dan stabilitas) dipengaruhi oleh karakteristik aliran banjir. Rencana banjir dapat diperoleh melalui kegiatan analisis hidrologi yang secara umum hasilnya dapat berupa debit banjir maksimum, volume banjir, ataupun hidrograf banjir. Tujuan untuk menyempurnakan metode Hidrograf Satuan Sintetis pada daerah aliran sungai (DAS) Bialo dan metode collins sebagai pembandingnya. Metode penelitian yang direncanakan akan memberikan informasi tentang parameter yang berpengaruh dalam perhitungan hidrograf satuan. Adapun hasil penelitian dalam perhitungan metode HS amatan dan HSS masing-masing menggunakan persamaan empiris, yang paling signifikan yang membedakan adalah metode HS Amatan Collins menggunakan data AWLR sedangkan hidrograf satuan sintetis tidak. Metode HSS Gamma 1 menggunakan parameter lebar DAS sedangkan metode yang lain tidak menggunakan lebar DAS, metode HSS Snyder dan metode HSS Limantara menggunakan koefisien karakteristik cekungan sedangkan yang lainnya tidak.


Full Text:

19-25 PDF

References


Agusalim M. 2018, Perbandingan Hidrograf Satuan Amatan Dan Satuan Sintesis (DAS Maros Sub DAS Maros Tompubulu).

Harto, S, 1993 Analisis Hidrologi, P.T. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Harto, S. B. 1985. Hidrologi Terapan Edisi Ketiga. Yogyakarta.

Limantara, L.M, 2010, Hidrologi Praktis, CV. Lubuk Agung, Bandung.

Praja. S. E. dan Erwin, 2017, Perbandingan Hidrograf Satuan Dan Hidrograf Satuan Sintesis Dalam Menghitung Banjir Rancangan (DAS Maros Dan SUB DAS Maros Tompobulu)

Rakhim, Abd, 1998, Analisis Hidrograf Satuan Untuk Menghitung Debit Banjir Rancangan (Studi Kasus di DAS Jeneberang, SulawesiSelatan), Thesis, Universitas Brawijaya, Malang.

Seyhan, E, 1997, Dasar-Dasar Hidrologi. Translation Copyright 1990 by Gadjah Mada University Press P.O.Box 14, Bulaksumur, Yokyakarta.

Seyhan, E, 1977. Dasar-Dasar Hidrologi. Subagyo, Sentot, penerjemahan; Prawirohatmodjo, soenardi, editor, Yogyakarta (ID): Gadjah Mada University Press. Terjemahan dari : Fundamental of Hydrology.

Sherman, L. K, 1932. Stream Flow From Rainfall by The Unit Graph Method, Engineering News Record, Vol. 108, pp. 501-505.

Sosrodarsono, D., dan Tekada, K, 1983, Hidrologi untuk Pengairan, Pradnya Pramita Jakarta.

Subarkah, I. 1980., Hidrologi Unuk Perencanaan Bangunan Air, Idea Dharma, Bandung.

Suripin, 2003, Sistem Drainase Perkotaan Yang Berkelanjutan, Andi, Yogyakarta.

Triatmodjo, B, 2008. Hidrologi Terapan. Yogyakarta : Beta Offset.

Viessman, W, 1989, Pengantar Hidrologi. Harper Collins pub. New York.

Wilson, E.M, 1993, Hidrologi Teknik, (diterjemahkan oleh : Marjuki. A), Penerbit Erlangga, Jakarta.

SIHOTANG, R., HAZMI, M., & RAHMAWATI, D. (2019). Analisis Debit Banjir Rancangan Dengan Metode Hss Nakayasu. Jurnal.Nusaputra.Ac.Id, 01, 56–65.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i1.9214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats