Analisis Kehilangan Energi pada Berbagai Bentuk Bangunan Peralihan

Ulfa Mutiah, Andi Makbul Syamsuri, Fauzan Hamdi

Abstract


Abstrak

Saluran terbuka adalah aliran di saluran dimana air mengalir dengan permukan bebas. Pada saluran terbuka, umum ditemukan bangunan pelestarian. Khusunya pada jaringan irigasi dan drainase. Salah satu ciri dari pelestarian yakni dimensi saluran yang mengalami perubahan secara mendadak (penyempitan). Aliran yang melewati bangunan tentunya akan mengalami perubahan yang disebabkan oleh dimensi bangunan yang berubah secara tiba-tiba. Adanya bangunan pelestarian dan penyempitan akan membuat tinggi muka air, kecepatan, debit dan energi berubah dan energi atau tenaga yang besar akan menyebabkan gerusan pada bangunan dan menyebabkan kerusakan jika dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena permasalahan tersebut diatas dilakukan penelitian laboratorium yang memuat 3 macam bentuk bangunan pelestarian yang mengalami penyempitan. Bentuk bangunan pelestarian sangat beragam karena itu kami menggunakan tiga bentuk yaitu segiempat, segitiga dan stream line yang dibuat menggunakan bahan lembaran akrilik. Dari 3 bentuk bangunan pelestarian tersebut dilakukan peninjauan nilai energi spesifik dan kehilangan energi.

 

Kata Kunci : Energi Spesifik, Kehilangan Energi, Saluran Terbuka.

 

Abstrak _

Saluran terbuka adalah aliran dalam suatu saluran yang airnya mengalir dengan permukaan bebas. Pada saluran terbuka sangat umum dijumpai bangunan peralihan. Terutama pada jaringan irigasi dan drainase. Salah satu ciri bangunan peralihan adalah dimensi salurannya mengalami perubahan mendadak (menyempit). Aliran yang melewati bangunan peralihan tentunya akan mengalami perubahan akibat perubahan dimensi bangunan secara tiba-tiba. Adanya bangunan peralihan dan penyempitan akan membuat tinggi muka air, kecepatan, laju aliran dan energi berubah dan jumlah energi atau energi yang besar akan menyebabkan gerusan pada bangunan dan menimbulkan kerusakan jika dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena permasalahan tersebut di atas maka dilakukan penelitian laboratorium yang memuat 3 jenis bangunan peralihan yang mengalami penyempitan. Bentuk bangunan peralihan sangat beragam oleh karena itu kami menggunakan tiga bentuk yaitu persegi panjang, segitiga dan garis aliran yang dibuat menggunakan bahan lembaran akrilik. Dari 3 bentuk bangunan peralihan tersebut dilakukan peninjauan nilai energi spesifik dan kehilangan energi.

 

Kata Kunci : Head Loss, Saluran Terbuka, Energi Spesifik.


Full Text:

08-18 PDF

References


Aribawa, F, S., Teknik, F., Jember, U, M. (2003). Pengaruh Kehilangan Energi Akibat Saluran Terbuka Dalam Prototipe dengan Kemiringan Bersudut Studi Lapangan di Saluran Irigasi DAM Bago di Kecamatan Balung Desa Mlokorejo.

Akhi, L. T., Amanda, F., Sipil, J. T., Teknik, F., & Jember, U. (2017). Perubahan Kedalaman Muka Air Pada Saluran.

Binilang, A. (2014). Kajian Pengaruh Hubungan Antar Parameter Hidrolis Terhadap Sifat Aliran Melewati Pelimpah Bulat Dan Setengah Lingkaran Pada Saluran Terbuka. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(1), 55-61.

Chow, Ven Te 1992, “Hidrolika Saluran Terbuka, “ Errlangga, Jakarta.

Daud, F., Andi, S. N., Gifari, R., & Rani, A. (2018). KARAKTERISTIK PENGALIRAN ISSN : 1979 9764 Junal Teknik Hidro Air yang Ada di Permukaan Bumi ini Memiliki Peranan yang Sangat Penting Bagi Makhluk Hidup Baik itu Muka Air, Kecepatan Dan karakteristik Saluran Terbuka ad. 11(1), 23-30.

Harianja, J. A., & Gunawan, S. (2007). Majalah Ilmiah UKRIM Edisi 1/th XII.

Ikhlasul, A. (2020). Perencanaan Ulang Saluran Terbuka Disebabkan Oleh Penyempitan Bersudut pada Saluran yang Mengakibatkan Kehilangan Energi.

Jonas, dan H. (2007). Studi Eksperimental Aliran Berubah Beraturan pada Saluran Terbuka Bentuk Prismatis. Studi Eksperimental Aliran Berubah Beraturan pada Saluan Terbuka Bentuk Prismatik, 1-26.

Kalsum, U,. Aprilyanto, A,. (2021). Pengaruh Saluran Terhadap Karakteristik Aliran pada Saluran Terbuka Menggunakan Ambang.

Kartasapoetra, A.G,. dan Muh Mulyani Sutedjo (1991). Teknologi Pengairan Pertanian Irigasi.

Lukmang,. Alwahidin., (2017). Analisis Kehilangan Energi Akibat Variasi Tinggi Ambang Lebar Pada Saluran Terbuka (uji model laboratorium).

Lucio Canonica., 2013, Memahami Hidraulika Edisi Revisi. Bandung: CV Angkas

Saleh, S. S., Musa, R., & As’ad, H. (2019). Kajian Karakteristik Aliran terhadap Bangunan Pelimpah pada Saluran Terbuka. Teknik Hidro, 12(2), 40-52. https://doi.org/10.26618/th.v12i2.2811.

Setiohadi, B. A., Teknik, F., Jember, U, M,. (2014). Desain Saluran Terbuka Akibat Kehilangan Energi Spesifik yang Disebabkan Penyempitan pada Saluran.

Suyono Sosrodarsono, Kensaku Takeda, DR,. (1989). “Bendungan Type Urugan:, Pradnya Paramita, Jakarta.

Yusuf, M. (2013). the Effect of Stepped Spillway (“Akar Terpotong” Type) To the Length of Hidraulic Jump and Energy Loss in Stilling Bassin. International Conference on Infrastructure Development, 2008, 1-3.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i1.9172

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats