Perancangan terminal bus tipe A di Kota Makassar dengan pendekatan arsitektur kontemporer

wirga sandy ahyar, Mursyid Mustafa, Ashari Abdullah, Andi Yusri, Khilda Wildana Nur, Nurhikmah Paddiyatu

Abstract


Terminal Bus tipe A adalah prasarana transportasi jalan yang digunakan untuk keperluan memuat dan menurunkan penumpang serta mengatur keberangkatan dan kedatangan, yang melayani angkutan antar kota antar provinsi, antar kota lintas batas negara, antar kota dalam provinsi dan angkutan desa. banyaknya masalah-masalah yang terjadi diterminal regional daya seperti kekurangan dari sarana maupun prasarana. Berdasarkan permasalahan yang ada maka perlu dirancang terminal bus tipe A dengan pendekatan arsitektur kontemporer. Metode yang di gunakan adalah pendekatan arsitektur kontemporer yang  menampilkan sesuatu yang berbeda yang menampilkan kualitas tertentu terutama dari segi penggunaan teknologi dan juga kebebasan dalam menampilkan suatu gaya arsitektur.Tujuan dari perancangan terminal bus tipe A ini adalah untuk mengatasi masalah-masalah yang telah dijelaskan diatas dan meningkatkan pelayanan terhadap pengguna jasa yang meliputi angkutan  antar kota dalam propinsi (AKDP), angkutan antar kota antar provinsi (AKAP), angkutan kota (AK), serta meningkatkan pendapatan masyarakat dan pendapatan  daerah. Hasil perancangan ini meliputi konsep tapak dengan luas 5,5 Ha yang terdiri dari ruang pengelola 420 m2 , ruang terminal 6.485 m2 dan ruang parkir 9.348 m2. Yang akan disajikan dalam bentuk gambar 2 dimensi yaitu analisis tapak, konsep bentuk, serta 3 dimensi dan animasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terminal bus tipe A dengan pendekatan arsitektur kontemporer ini di desain dengan memperhatikan kenyamanan dan keamanan pengguna.

Full Text:

267-276 PDF

References


Amalia, T. A., Sasmito, A., & Susanti, A. D. (2021). Passenger Circulation Patterns At Internasional Ferry Ports Pola Sirkulasi Penumpang Di Pelabuhan Ferry Internasional. Arsitektur Universitas Pandanaran Jurnal, 1(2), 17-24.

Desi, H., Mauliani, L., & Sari, Y. (2019). Penerapan Arsitektur Kontemporer Pada Sekolah Model Dan Mode Muslim Dian Pelangi. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 2(2), 31-36

Fisu, A. A. (2016). Potensi Demand Terhadap pengembangan Kanal Jongaya & Panampu Sebagai Moda Transportasi (Waterway) di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik, 3(3), 285-298.

Iskandar, R. (2019). Manajemen Pengelolaan Terminal Penumpang Angkutan Darat Pada Terminal Regional Daya Di Kota Makassar.

Mediansyah, A. R. (2017). Jaringan Kebijakan Publik Implementasi Kebijakan Transportasi di Kota Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 14-22

Nasution, M. A., & Nurzal, E. (2019). Arsitektur Kontemporer Pada Bangunan. Rumoh: Journal Of Architecture, 9(18), 63-68.

Nur, N. K., Rangan, P. R., Mahyuddin, M., Halim, H., Tumpu, M., Sugiyanto, G., ... & Rosyida, E. E. (2021). Sistem Transportasi. Yayasan Kita Menulis.

Nursandi, I. A., & Ashadi, A. (2021). Kajian Konsep Arsitektur Kontemporer pada Bangunan Jewish Museum Berlin di Jerman. Prosiding Semnastek.

Pradana, M. F., Intari, D. E., & Apriardiarti, L. (2017). Evaluasi Kinerja Pelayanan Dan Jumlah Armada Angkutan Kota Di Kota Tangerang (Studi Kasus: Trayek Angkutan Kota T. 01, Terminal Poris Plawad–Jatake). Fondasi: Jurnal Teknik Sipil, 6(2).

Pratama, R. W., & Marlinna, E. (2020). Penerapan karakteristik arsitektur kontemporer pada perancangan pusat pelatihan sepak bola PSS Sleman. PURWARUPA Jurnal Arsitektur, 4(1), 81-86.

Sapulette, W. J. (2019). Penerapan Gaya Arsitektur Kontemporer Pada Perancangan Bangunan Stasiun Kereta Api. Repository Tugas Akhir Prodi Arsitektur Itenas, 4(9).

Syarif, A., Ogeswartomal, S., Riyanto, B., & Supriyono, S. (2015). Evaluasi Efisiensi Sirkulasi Terminal Angkutan Perkotaan di Terminal Bus Mangkang. Jurnal karya teknik sipil, 3(4), 1170-1192

Taufik, N. T. S., & Sihombing, R. P. (2021). Penerapan Tema Arsitektur Kontemporer pada Pusat Perbelanjaan Modern di Kota Baru Parahyangan. FAD, 1(1).

Woro, M., & Naili, F. (2013). Pengaruh Nilai Pelanggan dan Kualitas Layanan terhadap Loyalitas Pelanggan, melalui kepuasan pelanggan pada Pelanggan bus efisiensi (studi po efisiensi jurusan yogyakarta-cilacap). Jurnal Administrasi Bisnis.

Yaqin, M. A., Iskandaria, H., & Kurniasih, S. (2021). Perancangan Pondok Pesantren Modern Dengan Arsitektur Kontemporer Di Cengkareng. Maestro, 4(2), 58-66.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v1i3.8705

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats