Perancangan Sea World di Makassar dengan Pendekatan Arsitektur Biomorfik

murnawati murnawati, mursyid mustafa, ashari abdullah, irnawati idrus, andi Syahriyunita, siti fuadillah

Abstract


Indonesia merupakan negara dengan kepulauan terbesar didunia. Dengan luas lautan sebesar 63% dari luas keseluruhan tidak heran jika Indonesia memiliki banyak titik dengan potensi bahari yang tersebar di sepanjang pesisir pulau. Sayangnya, potensi ini tertutupi oleh isu over exploitation dan sampah yang merusak ekosistem laut Indonesia. Dari latar belakang tersebut, masyarakat Indonesia harus mempunyai edukasi untuk mengapresiasi keanekaragaman ini dengan benar, khususnya keanekaragaman laut. Seaworld memiliki beragam fasilitas edukasi, rekreasi, dan konservasi yang mempunyai peran penting dalam hal mengedukasi masyarakat Indonesia. Tetapi sangat disayangkan Seaworld belum dipereradakan di Kota Makassar. Hasil pengumpulan data yang dicapai melalui observasi, survey lapangan, dan kuisioner membuktikan bahwa diperlukan sebuah Seaworld di Kota Makassar. Untuk lebih memperkuat tujuan perancangan digunakan lah sebuah konsep tema Arsitektur Biomorfik yang dimana konsep ini sangat memperhatikan pertumbuhan alam sekitar yang kemudian di tuangkan dalam bentuk bangunan, fasad bangunan dan struktur bangunan. Lokasi projek yang di pilih yaitu Jalan Metro Tanjung Bunga, dimana lokasi sangat berpotensi untuk pembangunan pusat rekreasi berbasis edukasi. Dengan luasan sebesar 51.537,74 M2 yang kemudian akan diolah dengan presentase 30% terbangunan dan 70% Tidak terbangun. Bentuk dasar bangunan ini di angkat dari bentuk Ubur- ubur ( jelly fish) dengan peletakkan massa bangunan yang mengambil analogi ddari cara hidup merekan yaitu dengan berkelompok. Dasar bentuk kemudian diolah menjadi setengan lingkaran kemudian di tambahkan ornament struktur sekaligus menjadi astetika pada fasad bangunan.

Full Text:

259-266 PDF

References


Arsitektur, P. S., Teknik, F., & Kuning, U. L. (2021). Model Konsep Rancangan Batam Sea Aquarium. (1), 28

Agustina, T., 2014. Kontaminasi Logam Berat Pada Makanan Dan Dampaknya. Teknobuga Vol 1 No.1 - Juni 2014 2, 53 65.

Ancol. (2022). https://www.ancol.com/unit-rekreasi/sea-world-ancol--3

Anditriplea. (2022). http://anditriplea.blogspot.com/2011/07/terminologi-dan- pengertian-seaworld.html

Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan. (2022). https://disbudpar.sulselprov.go.id/ Feuerstein, G. (2002). Biomorphic architecture.

Menges.

Ishomuddin, M. (2014). Perancangan sea world di kawasan Wisata Bahari lamongan: Tema biomorphic architecture. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Kapugu, R., & Waani, J. O. (2012). Biostruktur DalamArsitektur. Media Matrasain, 9(3), 104–119. Kuncoro, E. B. (2004). Akuarium Laut. Kanisius.

Liga Dwi, dkk. (2022) Pengaruh Arsitektur Simbolis terhadap Banyuwangi Sea World Center. http://ejurnal.itats.ac.id/tekstur/article

/view/2918/pdf

Meikalista, A., Musyawaroh, M., & Hardiana, A. (2016). Akuarium Biota Laut dengan Pendekatan Arsitektur Metafora di Taman Nasional Karimun Jawa. ARSITEKTURA, 14(2).

Neufert, E., & Neufert, P. (2012). Architects’data. John Wiley & Sons.

QS. An-Nahl Ayat 14, (2022). https://www.merdeka.com/quran/an-nahl/ayat-14

Sarifuddin, A., Dwitya, A., Alamsyah, T., Saepuddin, E., Jurusan, A., Elektro, T., Negeri, P., Teknik, J., Politeknik, E., Jakarta, N., 2016.

Pengukuran Gas , Karbon Monoksida ( Co ), Nitrogen Dioksida ( No2 ) Dan Ozon ( O3 ) Berbasis 15.

Supardjo, S. (2014). Aplikasi Arsitektur Biomorfik Dalam Rancangan Arsitektur. Media Matrasain, 11, 1. https://ejournal. unsrat.ac.id/index.php/jmm/article/viewFile/4983/4499

Sukarno, A. N., Agung Haryawan, I. G., & Ratih Prajnyani Salain, N. (2019). Redesain Interior Seaworld, Teater 4 Dimensi Taman Festival Bali Di Denpasar. Jurnal Patra. https://doi.org/10.35886/patra.v1i1.15




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v1i3.8650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats