Penguatan Infrastruktur Dan Lingkungan Dalam Pendidikan Perencanaan Wilayah Dan Kota Universitas Muhammadiyah Makassar

Firdaus Firdaus, Nini Apriani Rumata, Didiet Haryadi Hakim

Abstract


Pembangunan perkotaan dan wilayah Indonesia merupakan bagian dari tujuan pembangunan berkelanjutan dengan meningkatkan proyek infrastruktur di tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional serta membuka peluang pasar kerja global sebagai kota yang cerdas, hijau, dan berkelanjutan. Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan arah penguatan kurikulum pendidikan perencanaan wilayah dan kota di Universitas Muhammadiyah Makassar dalam aspek infrastruktur dan lingkungan. Jenis tulisan adalah deskriptif-eksploratif. Data disajikan secara eksploratif dan dikumpulkan dari beberapa sumber kepustakaan, tulisan dan penelitian. Tulisan ini menyimpulkan bahwa dalam menyongsong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2030, diharapkan mampu merencanakan, merancang, dan menciptakan wilayah dan kota masa depan yang hijau dan cerdas. Mahasiswa perlu dibekali kompetensi dalam membuat perencanaan wilayah, desain kota, kawasan, infrastruktur, permukiman, mitigasi dan adaptasi bencana, serta pengelolaan lingkungan yang kompeten untuk menciptakan masa depan yang cerdas dan ekologis.

Full Text:

138-144 PDF

References


Ajaps, S, & McLellan, R. (2015). “We don’t know enough”: Environmental education and pro-environmental behaviour perceptions. Cogent Education, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.1080/2331186X.2015.1124490

Anasiru, R.H., Rayes, M.L, Setiawan, B, & Soemarno. (2013). An Agro-ecological Approach for Sustainability Farming in Langge Subwatershed, Bolango Watershed, Gorontalo, Indonesia. Journal of Environment and Earth Science, 3(5).

Cusick, J. (2009). Study abroad in support of education for sustainability: A New Zealand case study. Environment and Development Sustainability, 11(4), 801–813. https://doi.org/10.1007/s10668-008-9144-5

Dewi Sawitri. (2006). Profesi Perencana Dalam Perencanaan Partisipatif, Suatu Kajian Teori dan Praktek Perencanaan. MIMBAR : Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 22(1), 15–32.

Hendriyani, Y. (2006). Pembangunan Berkelanjutan Berwawasan Lingkungan (PBBL). Pusat Pengembangan Penataran Guru Ilmu Pengetahuan Alam.

HP Sutanto. (2017). Kondisi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Cakrawala Pendidikan, 36(3), 320–341. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.13698

Ngoyo, Muhammad Fardan. (2015). Mengawal Sustainable Development Goals(SDGs); Meluruskan Orientasi Pembangunan yang Berkeadilan. Sosioreligius, 1(1), 77–88.

Priyanto, Y., Djati, M. S., & Fanani, Z. (2013). Pendidikan Berperspektif Lingkungan Menuju Pembangunan Berkelanjutan. Wacana : Universitas Brawijaya, 16(1), 41–51.

PW Tristananda. (2018). Membumikan Education For Sustainable Development (Esd) di Indonesia dalam Menghadapi Isu – Isu Global. Purwadita, 2(2), 42–49.

R. Setiadi. (2010). Mengarusutamakan Perubahan Iklim dalam Kurikulum Pendidikan Perencanaan Wilayah dan Kota di Indonesia. The 9 Annual Seminar of Indonesian Planning School Association (ASPI), Semarang.

Sachs, J. D. (2015). The Age of Sustainable Developmen. Columbia University Press.

Setiawan,D. (2019). Guru, Mari Benahi Lingkungan Hidup. (Http://Majalah.P4tkipa.Org.

Sujarto, D. (2006). Etika Dalam Perencanaan Wilayah dan Kota [Materi Pelatihan Jenjang Fungsional Perencana Tingkat I].

UN Habitat and SURP-UP. (2010). Integrating Climate Change in Planning Education. University Seminar and Workshop Proceeding, Manila.

UNEP. (2009). Climate In Peril: A Popular Guide to the Latest IPPC’s Reports. GRID Arendal.

Wignjosoebroto, S. (1999). Etika Profesional: Pengalaman dan Permasalahan. Makalah Simposium. Pemulihan Ekonomi Nasional Bersendikan Industrialisasi dan Pemberdayaan Otonomi Daerah, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v1i2.8574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats