Sistem Antrian dan Pelayanan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum SPBU Studi Kasus : SPBU 74.921.17 Sungguminasa Kab. Gowa

Israil Israil, Muh Amir, Mahmuddin Mahmuddin, Fithriyah Arief Wangsa

Abstract


Kebutuhan bahan bakar untuk kendaraan sepeda motor dan mobil membuat pihak manajemen SPBU 74.921.17 Sungguminasa Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan harus bisa meningkatkan pelayanan terhadap customernya dalam upaya mengurangi antrian panjang didalam sistem transaksi pengisian bahan bakar minyak. Tujuan penelitian ini adalah membuat model simulasi antrian pengisian bahan bakar dan memberikan alternatif simulasi mengurangi waktu antrian. Metoda yang digunakan adalah melakukan eksperimen model antrian jalur tunggal dan jalur berganda. Hasil yang diperoleh adalah tingkat kedatangan 34,1 kendaraan/jam sedang tingkat pelayanan 33,9 kendaraan/jam. Rata-rata kendaraan dalam sistem adalah 1,0308 permenit (61,85/jam) dimana model antrian jalur berganda yang lebih efektif dalam hal waktu yang digunakan dalam sistem maupun panjang antriannya.


Full Text:

113-122 PDF

References


Harrell, C., Gosh, Biman K., Bowden, Royce O., Jr. (2012). Simulation Using ProModel, Third Edition. New York: McGraw-Hill

Handoko, T. Hani. (2000). Manajemen Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Heizer,Jay dan Rander,Barry. 2004. Manajemen Operasi (edisi ketujuh) Salemba Empat, Jakarta

Kotler,Philip dan Kevin Lane Killer, (2009). Manajemen Pemasaran (edisi ke 12). Indeks, Jakarta

Ma’arif dan Tanjung.(2003). Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi.Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Jakarta.

Mukhlizar1 Simulasi Sistem Antrian pada SPBU 14.236.100 Menggunakan Promodel 1Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Teuku Umar.

Nasution, Nur. M. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor. Ghalia Indonesia. [5] Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Operation Management. Terjemahan oleh Dwianoegrawati Setyoningsih dan Indra Almahdy. Edisi 7. Buku I. Jakarta: Salemba Empat.

Sari, Novela S. (2013). Analisis Teori Antrian pada Stasiun Pengisin Bahan Bakar Umum (SPBU) Gajah Mada Jember. Skripsi Universitas Jember.

Soegito,Eddy Soeryatno, (2007). Markerting Research, Elex Komputindo, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v1i2.8406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats