Perancangan Museum Angkut Sebagai Pusat Rekreasi Pariwisata dengan Pendekatan Arsitektur Futuristik di Kota Makassar

Intan Batari Saputri, Ashari Abdullah, Siti Fuadillah, Rasmawarni Rasmawarni, Andi Annisa Amalia, Andi Syahriyunita Syahruddin

Abstract


Museum adalah sebuah lembaga yang berfungsi untuk mengumpulkan, merawat, melestarikan dan memamerkan untuk tujuan, pendidikan dan hiburan yang terbuka untuk umum. Di Indonesia alat transportasi mengalami transformasi, khususnya transportasi darat, baik dari segi bentuk, fungsi, hingga efisiensi waktu. Pada saat ini banyak alat transportasi lokal yang tersingkirkan akibat perkembangan teknologi. Museum transportasi menjadi pilihan yang tepat untuk mewadahi warisan sejarah bangsa, khususnya bidang transportasi. Rancangan museum ini dimaksudkan sebagai wadah untuk mengumpulkan, memelihara, meneliti, memamerkan bukti sejarah dan perkembangan transportasi, serta peranannya dalam perkembangan zaman. Hasil perancangan ini mencakup beberapa hal, diantaranya analisis tapak, konsep bentuk bangunan, kebutuhan ruang, aktivitas pengguna, konsep futuristic dan dilanjutkan dengan perancangan master plan, site plan, denah, tampak, potongan, rencana struktur, rencana arsitektur, detal-detail 3 dimensi dan animasi. Pada perancangan ini akan menggunakan konsep pendekatan arsitektur futuristik yang merupakan suatu paham yang mengarah ke masa depan dengan kebebasan mengungkapkan atau mengekspresikan ide gagasan kedalam suatu bentuk tampilan yang tidak biasa, kreatif dan inovatif. Futuristik sejalan dengan perkembangan teknologi, dengan semakin maju teknologi yang diciptakan manusia, maka keberadaan futuristik akan semakin berkembang.Dengan adanya museum angkut dengan konsep arsitektur futuristik ini, museum ini akan menciptakan sebuah desain elegan dan berkelas untuk merawat kendaraan-kendaraan klasik serta dapat pula menarik minat para wisatawan untuk kembali mengujungi museum

Full Text:

76-85 PDF

References


Alukman, M. P., Rieuwpassa, Y. F., & Junaedy. (2018). Sistem Lampu Otomatis Dengan Sensor Gerak, Sensor Suhu Dan Sensor Suara Berbasis Mikrokontroler . Resistor, Vol.

No 2.

Aprilia, S. (2015). Kajian Tema Secara Persepsi Visuak Pada Museum Angkut Di Kota Batu, Jawa Timur. Jurnal Intra,Vol. 3, No. 2.

Asmara, D. (2019). Peran Museum Dalam Pembelajaran Sejarah.Jurnal Pendidikan Sejarah dan Riset Sosial Humaniora, 2(1), 2598-4934.

Hermansyah, E. (2018). Jurnal Seni Rupa. Mobil Antik Sebagai Subjek Gambar Dengan Teknik Pointilis, Vol 7 No 2.

Neufert, E. (1997). Data Arsitek. (Sunarto Tjahjadi, Trans).Jakarta: Erlangga.

Runtuwene J, J. (2020). Mix Use Building Hotel, Rental Office, Mall, Dan Convention Di Manado “Arsitektur Futuristik”. Jurnal Arsitektur Daseng, 9(2).

Setiaji, W. (2019). Penerapan Prinsip Arsitektur Futuristik Pada Tampilan Bangunan Pesantren ModernBerbasis Technopreneur Di Kudus. Jurnal Senthong.

Suranny, L. (2016). Moda Transportasi Tradisional Jawa. Jurnal PenelitianArkeologi, Vol.8 No.2.

Susanti, A. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecenderungan Kunjungan Wisatawan Ke Museum Angkut Kota Batu. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, Vol. 4,

No. 2.

Sutisna, E. (2020). Penerapan Konsep Arsitektur Futuristik Pada Bangunan Museum Transportasi di Kota Baru Parahyangan. Prodi Arsitektur Itenas, V(14).

Wiarta, A. (2018). Museum Transportasi Darat di Surabaya. JurnalEdimensi Arsitektur, 51(1), 49-56


Refbacks

  • There are currently no refbacks.