Pendekatan Arsitektur Bioklimatik pada Perancangan Pondok Pesantren Modern di Kabupaten Takalar

Nurleha Syam, Mursyid Mustafa, Sahabuddin Latif, Muhammad Syarif, Andi Syahriyunita Syahruddin, Citra Amalia Amal, Muh. Rizal Syahdan

Abstract


Ditinjau sistem pendidikan pondok pesantren di Indonesia masih jauh dengan sistem pendidikan modern atau sebagian besar pondok pesantren masih menggunakan pola pendidikan tradisional yaitu pola salafiyah. Bangunan pesantren di wilayah Sulawesi Selatan, masih banyak yang bangunannya belum mengadaptasikan arsitektur yang ramah lingkungan. Konsep perancangan pondok pesantren di Takalar ini menerapkan konsep pendekatan arsitektur bioklimatik yang merupakan salah satu konsep arsitektur ramah lingkungan. Metode yang diterapkan adalah studi observasi lapangan dan studi literatur. Hasil konsep bangunan peondok pesantren ini memiliki karakteristik seperti penentuan orientasi bangunan, peletakan sun-shuding, peletakan bukaan, pemilihan material, pemilihan warna bangunan dan peletakan vegetasi yang menjadi keunggulan bangunan ini.

Full Text:

14-26 PDF

References


Agma, F. Z., Laksmiyanti, D. P., & Hendra, F. H. (2021). Implementasi Konsep Sustainable Architecture pada Desain Pusat Pelatihan Kerajinan Batu Gunung. Tekstur: Journal of Architecture, 2(1), 37-44.

Amiruddin, A. (2017). Pemetaan Kapasitas Pondok Pesantren di Kabupaten Jeneponto dan Takalar. Pusaka, 5(2), 219-234.

Astria Melanira, S. T. (2022). Penerapan Bangunan Rumah Lingkungan Dalam Kajian Arsitektur Bioklimatik (Sekolah Alam Bekasi (Sasi)). Jurnal Ilmiah Arjouna Architecture and Environtment Journal of Krisnadwipayana, 4(2).

Daulay, H. P. (2012). Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Diwari, F. D. B., & Setijanti, P. (2016). Pendekatan Arsitektur Bioklimatik Pada Bangunan Pesisir. Jurnal Sains dan Seni ITS, 5(2).

Edikusuma, A., Ramadhani, S., & Mukmin, A. (2021). Penerapan Tema Arsitektur Bioklimatik pada Perencanaan Beach Resort di Pantai Tanjung Papuma Jember. Tekstur (Jurnal Arsitektur), 2(1), 23-30.

Fuady, A. S. (2020). Relevansi Pemikiran Pendidikan Mohammad Hatta Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 101-118.

Kusumawardhani, R. A., & Hidayat, R. (2020). Perancangan Pondok Pesantren Modern Ummul Quro di Kabupaten Bogor. Lakar: Jurnal Arsitektur, 3(2), 105-111.

Maringka, B., & Sukowiyono, G. (2021). Bantuan Teknis Perencanaan Site Plan–Rest Area Desa Kalisongo, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Pawon: Jurnal Arsitektur, 5(2), 213-222.

Megawati, L. A., & Akromusyuhada, A. (2019). Bioclimatic Architecture Approach To Energy Efficient School Building Concepts. Arsitektura, 17(1), 77-86.

Pratama, M. R. D., Ernawati, A., & Yulistiana, Y. (2018). Perancangan Pondok Pesantren Modern Dengan Pendekatan Arsitektur Modern Di Depok. Jurnal Desain, 5(02), 86-94.

Santosa, A. (2005). Pendekatan Konseptual dalam Proses Perancangan Interior. Dimensi Interior, 3(2).

Tumimomor, I. A., & Poli, H. (2011). Arsitektur Bioklimatik. Media Matrasain, 8(1).

Usman, I. M. (2013). Pesantren sebagai lembaga pendidikan islam. Jurnal Al Hikmah, 14(1), 101-119.

Wekke, I. S. (2018). Pesantren, Madrasah, Sekolah, Dan Panti Asuhan: Potret Lembaga Pendidikan Islam Minoritas Muslim. At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, 6(1), 128-144.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.