Pendekatan Arsitektur Tropis pada Perancangan Boarding School MAN Program Keagamaan di Kabupaten Gowa

Authors

  • Berkah Fadhila Rahmah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Sahabuddin Latif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Irnawaty Idrus Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muhammad Syarif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Ashari Abdullah Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rohana Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.26618/tcbcs265

Abstract

Kabupaten Gowa memiliki potensi besar dalam pengembangan pendidikan berbasis keagamaan melalui konsep boarding school yang menekankan keseimbangan antara akademik dan spiritual. Namun, kondisi iklim tropis dengan intensitas panas dan curah hujan tinggi menuntut penerapan pendekatan arsitektur yang adaptif terhadap lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan pendekatan arsitektur tropis pada perancangan Boarding School MAN Program Keagamaan di Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif melalui studi literatur, analisis iklim, dan observasi tapak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan prinsip arsitektur tropis seperti orientasi bangunan, ventilasi silang, penggunaan shading device, dan material lokal mampu meningkatkan kenyamanan termal serta efisiensi energi. Kesimpulannya, pendekatan arsitektur tropis tidak hanya menciptakan bangunan yang sesuai iklim, tetapi juga mendukung kegiatan pendidikan dan keagamaan yang kondusif. Implikasinya, desain ini dapat menjadi model arsitektur sekolah berkelanjutan di wilayah tropis Indonesia.

Downloads

Published

2024-06-30

Issue

Section

Articles