Penerapan Arsitektur Humanis Pada Perancangan Autism School And Care Dengan Pendekatan Aspek Rasa Aman Dan Aktualisasi Diri

Sania Ramadhani Kadir, Citra Amalia Amal, Irnawaty Idrus, Sahabuddin Latif, A. Syahriyunita Syahruddin, Siti Fuadillah A. Amin

Abstract


Penelitian ini mengkaji penerapan arsitektur humanis pada perancangan Autism School and Care dengan pendekatan aspek rasa aman dan aspek aktualisasi diri. Arsitektur Humanis menekankan pentingnya menciptakan ruang yang mendukung kebutuhan emosional, psikologis dan fisik pengguna terutama bagi individu dengan kebutuhan khusus (Autisme). Rasa aman dan aktualisasi diri menjadi dua aspek penting dalam merancang fasilitas pendidikan dan perawatan bagi anak-anak dengan Autisme, agar dapat meningkatkan kenyamanan, kemandirian serta potensi mereka. Metode penelitian ini meliputi studi literatur mengenai arsitektur humanis dan kebutuhan ruang bagi anak-anak autisme, serta analisis studi kasus bangunan pendidikan yang telah menerapkan prinsip serupa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain yang mempertimbangkan aspek rasa aman, seperti penggunaan tata ruang yang jelas, aksesbilitas yang mudah, serta kontrol sensorik yang baik, dapat mengurangi stress dan kecemasan pada anak-anak autism. Sementara itu penerapan elemen-elemen yang mendukung aspek aktualisasi diri, seperti ruang kreatif, area bermain yang interaktif, dan ruang terapi yang fleksibel, dapat membantu anak-anak mengembangkan kemampuan dan potensi mereka secara optimal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan arsitektur humanis pada Autism School and Care dengan pendekatan rasa aman dan aktualisasi diri dapat menciptakan lingkungan yang ramah, mendukung perkembangan individu, serta meningkatkan kualitas hidup pengguna. Studi ini diharapkan menjadi masukan bagi perencana dalam merancang fasilitas pendidikan dan perawatan bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.


Keywords


Arsitektur Humanis, Autism School, Autism Care, Berkebutuhan Khusus

Full Text:

PDF 205-211

References


Dr.dr. Martira Maddepungen, S. A. (2019). Autism Spectrum Disorder. RSWS Wahidin Sudirohusodo Makassar.

Badan Pusat Statistik. (2021). Proyeksi Penduduk Kabupaten/Kota Provinsi Sulawesi Selatan. Badan Pusat Statistik.

Western Autistic School. (n.d.). https://westernautisticschool.vic.edu.au/

Centre, J. A. (2020, March 28). BERBAGAI METODE PENANGANAN ANAK AUTIS | J-Kid’s Autism Centre. https://jokoyuwonoautis.com/2020/03/28/berbagai-metode-penanganan-anak-autis/

Afrini, L. H. B. (2020). PERAN OLAH TUBUH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK TARI PADA ANAK TUNA RUNGU KELAS X DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI 1 GOWA. Fakultas Seni dan Desain.

At-Toyibi, M. N. H., & Kusuma, S. D. (2020). Dasar pemikiran arsitektur humanistik: Pemahaman dan tokohnya dari era ke era. Sinektika: Jurnal Arsitektur, 17(1), 49–53.

Damanik, F. I., & Al-Idrus, S. I. (2023). Diagnosa Autisme Pada Anak Dengan Sistem Pakar Menggunakan Metode Forward Chaining. Journal of Student Research, 1(2), 448–460.

Marselina, N. S. W. (2021). HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN HASIL BELAJAR PADA ANAK PENYANDANG AUTIS USIA SEKOLAH DASAR DI SLB KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. STIKES WIRA HUSADA.

Nurfadhillah, S., Mahromiyati, M., Nurkamilah, S., Anggestin, T., Manjaya, R. A. H., & Nasrullah, N. (2021). Analisis Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Sekolah Inklusi SDN Cipondoh 3 Kota.

Safitri, N., Arsesiana, A., Agustina, V., & Mawarni, R. (2023). Pengaruh Terapi Bermain Flashcard Terhadap Interaksi Sosial pada Anak Autis di Yayasan Pendidikan Melati Ceria di Kota Palangka Raya: The Effect of Playing Flashcard Thetaphy to Social Interaction in Toddlers in Melati Ceria Educational Foundation of Pala. Jurnal Surya Medika (JSM), 9(3), 173–178.

Sunardi, K. K., & Mustafa, A. (2020). Aksesibilitas Anak Penyandang Disabilitas dalam Mengakses Pendidikan Formal di Kabupaten Gowa. SIYASATUNA: JURNAL ILMIAH MAHASISWA SIYASAH SYAR’IYYAH, 1(2), 341–350.

Syah, D. Z. R., Sutarjo, P., & Riescananda, I. (2016). Penerimaan Orangtua Terhadap Anak Dengan Autisme Di Pusat Layanan Autis (Pla) Daerah Istimewa Yogyakarta. Media Ilmu Kesehatan, 5(3), 206–212.

Yanti, N., Bahri, H., & Fitriana, S. (2020). Pelaksananan Terapi Wicara Dalam Menstimulasi Kemampuan Berkomunikasi Anak Autis Usia 5-6 Tahun Di Slb Autis Center Kota Bengkulu. Al Fitrah: Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(2), 78–85.

Zahroh, F. (2023). Kajian Penerapan Konsep Arsitektur Humanisme pada Bangunan UPTD Liponsos Kampung Anak Negeri. Jurnal Arsitektur TERRACOTTA, 4(1).




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v3i3.16164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats