Pendekatan Arsitektur Islam pada Perancangan Islamic Education Park di Kota Makassar

Reski Vendi Musa, Sahabuddin Latif, Nurhikmah paddiyatu, Aris Sakkar Dollah, Irnawaty Idrus, Siti Fuadillah A Amin

Abstract


Taman belajar atau taman pendidikan adalah suatu konsep yang menggabungkan pendidikan informal, rekreasi dan kreativitas dalam suatu wadah yang terbuka. Konsep ini memungkinkan masyarakat untuk belajar, dan berinteraksi dengan lingkungan serta mengembangkan kreativitas. Aktivitas yang dilakukan di taman belajar dapat melipuiti berbagai hal seperti, membaca buku, mengaji, diskusi dan berbagai kegiatan interaktif lainnya yang bermanfaat. Taman belajar memberikan peluang bagi Masyarakat untuk bersantai, mengeksplorasi minat mereka, dan belajar sambal bermain. Taman belajar juga berfungsi sebagai sarana untuk meningkatkan interaksi social, Orang dapat berinteraksi dengan sesame pengunjung, berbagi pengetahuan, dan belajar dari pengalaman oranglain. Secara keseluruhan, konsep taman belajar menghubungkan Pendidikan, rekreasi dan kreativitas dalam lingkungan non formal dan santai. Pada rancangan tapak Islamic education Park berada di jalan urip sumohardjo, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar. Pada rancangan tapak tersebut terdapat beberapa bagian yaitu bangunan utama, parkiran, food court, taman baca, taman olahraga, ruang terbuka hijau, Gedung serbaguna dan food court. Semua bangunan ini secara keseluruhan berfungsi untuk menfasilitasi kegiatan dan kenyaman pengunjung.


Keywords


Taman, Education, Arsitektur Islam.

Full Text:

75-81 PDF

References


Depdikbud. (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Depdiknas. (2003). UU RI No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan. Nasional. Jakarta : Cv. Mitra Karya

Djamal, Irwan. (2005). Tantangan Lingkungan dan Lansekap Hutan Kota. Jakarta : Bumi Aksara

Edrees, Munichy Bachroon. (2010). Konsep Arsitektur Islam Sebagai Solusi Dalam Perancangan Arsitektur.

Journal of Islamic Architecture Vol. No.1

Hakim, Rustam (2012). Komponen Perancangan Arsitektur Lansekap. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Wicaksana, A., & Rachman, T. (2018). Angewandte Chemie International Edition,6(11),951-952.,3.,10-27.

https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case

Ismail, Noor Kholid & Samsudin. (2014). Evaluasi Fungsi Taman Kampus Edupark Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sebagai Open Space Kampus. Sinektika, Jurnal Arsitektur Vol. 14 No.2

Mahdi, Nur Zhafira. (2017). Taman Edukasi di Makassar Dengan Tema Desain Dekonstruksi. Skripsi, Universitas Hasanuddin Makassar

Mifatahul Jannah, Wahyu Qomara & Andi Gunawan. (2015). Kajian Konsep Taman Islam Berdasarkan Al-Qur’an dan Hadits.

El Harakah Vol. 17 No.1

Moch, Fathoni Setiawan. (2010). Tingkat Kebisingan Pada Perumahan di Perkantoran.

Jurnal Teknik Sipil dan Perencanaan Vol. 12 No.2

Nurhidayah. (2020). Perancangan Binaan Az-zumar Dengan Pendekatan Arsitektur Islam di Kota Tangerang.

Diploma Thesis, Institut Teknologi Indonesia Tangerang

Rifar, Manani. (2020). Perancangan Bioskop menggunakan Pendekatan Arsitektur Islam di Banda Aceh. Thesis, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

RH, Rofiana. (2012). Perancangan Taman Pintar di Taman Senaputra Kota Malang:

Tema Arsitektur Perilaku. Undergraduate Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim

Tuffahati, Deasy. (2016). Penataan Lansekap Ruang Terbuka Kawasan Industri di Gresik. Masters Thesis,

Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya

Umar. (2019). Integrasi Konsep Islami dan Konsep Arsitektur Modern Pada Perancangan Arsitektur Masjid.

Jurnal Peradaban Sains, Rekaya dan Teknologi Sekolah Tinggi Teknik (STITEK) Bina Taruna Gorontalo. Vol. 2 No.1

Wartono, Kostrad Hari. (2015). Pondok Pesantren Internasional di Surakarta dengan Pendekatan Arsitektur Islam. Diploma Thesis,

Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v3i1.14322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats