Pengaruh Perubahan Bentuk Bangunan Peralihan Saluran Terbuka Terhadap Energi Spesifik dan Kehilangan Energi

Andi Ulfa Mutiah, Nirwana Nilan Ramdhani, Fauzan Hamdi, Nurnawaty Nurnawaty, Nenny Karim, Mahmuddin Mahmuddin

Abstract


Saluran terbuka adalah saluran dimana air yang mengalir mempunyai permukaan bebas yang langsung berhubungan dengan udara luar. Pada saluran teruka sangat umum dijumpai banguna peralihan dan penyempitan, peralihan bangunan dan penyempitan akan membuat tinggi muka air, kecepatan, debit dan energi berubah. Oleh karena itu dilakukan penelitian terkait energi spesifik dan kehilangan energi pada 3 bentuk bangunan peralihan yakni segitiga, segiempat dan streamline. Adapun metode penelitian yang dilakukan yaitu uji laboratorium dengan menggunakan 3 variasi debit pada masing-masing bentuk bangunan peralihan. Adapun hasil penelitian yang didapatkan yaitu energi spesifik terbesar pada bangunan peralihan segiempat sedangkan yang terkecil pada bangunan peralihan streamline. Lalu titik tinjauan untuk kehilangan energi terbesar ada pada daerah peralihan ke penyempitan pada setiap bentuk peralihan. Dan dari tiga bentuk bangunan peralihan tersebut, dapat disimpulkan besar debit sangat menentukan nilai energi spesifik maupun kehilangan energi.

Keywords


Bangunan Peralihan , Energi Spesifik, Kehilangan Energi, Penyempitan Saluran, Saluran Terbuka.

Full Text:

259-269 PDF

References


Aribawa, F, S., Teknik, F., Jember, U, M. (2003). Pengaruh Kehilangan Energi Akibat Saluran Terbuka Dalam Prototipe dengan Kemiringan Bersudut Studi Lapangan di Saluran Irigasi DAM Bago di Kecamatan Balung Desa Mlokorejo.

Amanda, F., Sipil, J. T., Teknik, F., & Jember, U. (2017). Perubahan Kedalaman Muka Air Pada Saluran.

Binilang, A. (2014). Kajian Pengaruh Hubungan Antar Parameter Hidrolis Terhadap Sifat Aliran Melewati Pelimpah Bulat Dan Setengah Lingkaran Pada Saluran Terbuka. Jurnal Ilmiah Media Engineering, 4(1), 55-61.

Chow, Ven Te 1992, “Hidrolika Saluran Terbuka, “ Errlangga, Jakarta.

Daud, F., Andi, S. N., Gifari, R., & Rani, A. (2018). KARAKTERISTIK PENGALIRAN ISSN : 1979 9764 Junal Teknik Hidro Air yang Ada di Permukaan Bumi ini Memiliki Peranan yang Sangat Penting Bagi Makhluk Hidup Baik itu Muka Air, Kecepatan Dan karakteristik Saluran Terbuka ad. 11(1), 23-30.

Harianja, J. A., & Gunawan, S. (2007). Majalah Ilmiah UKRIM Edisi 1/th XII.

Ikhlasul, A. (2020). Perencanaan Ulang Saluran Terbuka Disebabkan Oleh Penyempitan Bersudut pada Saluran yang Mengakibatkan Kehilangan Energi.

Jonas, dan H. (2007). Studi Eksperimental Aliran Berubah Beraturan pada Saluran Terbuka Bentuk Prismatis. Studi Eksperimental Aliran Berubah Beraturan pada Saluan Terbuka Bentuk Prismatik, 1-26.

Kalsum, U,. Aprilyanto, A,. (2021). Pengaruh Saluran Terhadap Karakteristik Aliran pada Saluran Terbuka Menggunakan Ambang.

Kartasapoetra, A.G,. dan Muh Mulyani Sutedjo (1991). Teknologi Pengairan Pertanian Irigasi.

Lukmang,. Alwahidin., (2017). Analisis Kehilangan Energi Akibat Variasi Tinggi Ambang Lebar Pada Saluran Terbuka (uji model laboratorium).

Lucio Canonica., 2013, Memahami Hidraulika Edisi Revisi. Bandung: CV Angkas

Saleh, S. S., Musa, R., & As’ad, H. (2019). Kajian Karakteristik Aliran terhadap Bangunan Pelimpah pada Saluran Terbuka. Teknik Hidro, 12(2), 40-52. https://doi.org/10.26618/th.v12i2.2811.

Setiohadi, B. A., Teknik, F., Jember, U, M,. (2014). Desain Saluran Terbuka Akibat Kehilangan Energi Spesifik yang Disebabkan Penyempitan pada Saluran.

Suyono Sosrodarsono, Kensaku Takeda, DR,. (1989). “Bendungan Type Urugan:, Pradnya Paramita, Jakarta.

Yusuf, M. (2013). the Effect of Stepped Spillway (“Akar Terpotong” Type) To the Length of Hidraulic Jump and Energy Loss in Stilling Bassin. International Conference on Infrastructure Development, 2008, 1-3.




DOI: https://doi.org/10.26618/jumptech.v2i3.10155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Journal of Muhammadiyah’s Application Technology is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Flag Counter

 View My Stats