Implementasi Stategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah fisika melalui strategi pembelajaran aktif siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), yang dilaksanakan sebanyak dua siklus yang masing-masing berlangsung 3 kali pertemuan dan 4 kali pertemuan, dengan materi Tekanan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sinjai Kabupaten Sinjai sebanyak 30 siswa. Indikator yang digunakan Nilai Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika dalam kategori baik yang diperoleh dari hasil tes setiap akhir siklus, mengalami peningkatan hingga mencapai atau melampaui KKM, yaitu N≥72 dan ketuntasan klaksikal tercapai jika minimal 65% mencapai N≥72. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran aktif dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah fisika, pada siklus I ketuntasan secara klaksikal diperoleh 60,00% dan meningkat menjadi 83,33% pada siklus II.
Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Masalah Fisika.
This study aims to improve the ability to solve physics problems through active learning strategies of students in grade VIII SMP Negeri 1 Sinjai. This type of research is a classroom action research, conducted in two cycles, each of which lasted 3 meetings and 4 meetings, with Pressure material. The subjects of this study are students of class VIII SMP Negeri 1 Sinjai Sinjai District as many as 30 students. Indicators used Ability to solve Physical Problems in good category obtained from test results at each end of the cycle, increased up to or exceeded KKM, ie N≥72 and climax completeness if at least 65% reached N≥72. The results showed that: active learning strategy can improve the ability to solve physics problems, the cycle I completeness klaksikal obtained 60.00% and increased to 83.33% in cycle II.
Keywords: Active Learning Strategy, Physical Problem
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi, Suhardjono., & Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Arikunto, Suharsimi, 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta : Bumi Aksara.
Arif Tiro Muhammad. 1999. Dasar-Dasar Statistik. Makassar : State University Of Makassar.
Dahar, 1988. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Depdikbud Dikti P2LPTK.
Depdikbud, 2000. Pedoman Guru Memahami dan Menangani Siswa Dalam Belajar. Jakarta: Depdikbud.
Depdikbud, 2003. Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Dimyati, Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta. Jakarta.
Djamarah, Syaiful Bahri, 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta.
Hamalik, Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Harminingsih. 2008. Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif Utuk Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran Materi Logaritma Bagi Siswa Kelas X Program Akselerasi SMA 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2008-2009. PTK. Surakarta.
Indrawati, dan Maman, W. 2001. Penelitian Tindakan Kelas. Deppenas. Bandung.
Kamaluddin, Jalil. 2011. Implementasi Perangkat Strategi Pembelajaran Aktif Dalam meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Masalah Fisika pada Siswa SMP Negeri 2 Mandai. Tesis. UNM Makassar.
Muijs,Daniel dan Reynolds,David .2008. Effective Teaching Teori dan Aplikasi (Edisi ke -2 ) Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nurdin. 2007. Model Pembelajaran Matematika yang Menumbuhkan Kemampuan Metakognitif untuk Menguasai Bahan Ajar. Ringkasan Disertasi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs UNESA
Nurkencana W, 1983. Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional.
PPs UNM, 2012. Pedoman Penulisan Tesis dan Didertasi. Makassar : Badan Penerbit UNM
Rabiah, 2016. Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Siswa Kelas VIII A SMPN 1 Watanpone. Tesis. UNM Makassar.
Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Rustaman. 1994. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Bina Aksara. Jakarta.
Rusyan,T.A,dkk.1989. Pendekatan dan Tesis Magister Pendidikan Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remadja Karya.
Sakka, Ambo.2009. Efektifitas Pembelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Pengajuan Masalah Di Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Makassar. Makassar: UNM.
Silberman. 1996. Active Learning, 101 Strategy to Teach Any Subject. Yappendis. United Stated of America
Sudjana, Nana . 1988. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wina, Sanjaya. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Zaini, Hisyam.2007. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i3.854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.