Kemampuan Mengelaborasi Konsep Fisika Peserta Didik Kelas XII IPA SMA Barrang Lompo
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Ex post facto yang bersifat deskriptif bertujuan mendiskripsikan bagaimana kemampuan mengelaborasi konsep fisika peserta didik kelas XII IPA SMA Barrang Lompo, semester ganjil tahun ajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah 23 orang peserta didik kelas XII IPA SMA Barrang Lompo yang terdaftar pada tahun 2015/2016. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data mengenai kemampuan mengelaborasi konsep fisika pada peserta didik. Pemberian skor yang diberikan menggunakan lembar tes uraian. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan statistik deskriptif untuk memperoleh gambaran secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang diperoleh skor kemampuan mengelaborasi konsep fisika peserta didik dapat dikategorikan sedang.
Kata kunci: Penelitian Ex Post Facto bersifat deskriptif, kemampuan mengelaborasi konsep fisika
This research is ex post facto descriptive aims to describe how the ability to elaborate on the concepts of physics learners class XII IPA SMA Barrang Lompo semester 2016/2017 academic year. The subjects were 23 learners class XII IPA SMA Barrang Lompo registered in the year 2015/2016. Data collection techniques used in this research is data regarding the ability to elaborate on the concepts of physics on the learner. Scoring is given using a description of the test sheet. Data collected was processed using descriptive statistics to obtain a quantitative basis. Based on the results of data analysis and discussion obtained a score of ability to elaborate the concepts of physics learners can be categorized as moderate.
Key words: Ex Post Facto research is descriptive, the ability to elaborate on the concepts of physicsFull Text:
PDFReferences
Itasari, Yuliana. 2012. Higher Orde Thinking Skill (HOTS). http://yuiannaitasari.blogspot.co.id/2012/12/higher-orde-thinking-skill-hots.html. Diakses pada rabu 26 desember 2012.
Suastra, I Wayan dan Luh Putu Budi Yasmini. 2013. Model Pembelajaran Fisika Untuk Mengembangkan Kreativitas Berfikir dan Berkarakter Bangsa Berbasis Kearifan Lokal Bali. Jurnal Pendidikan Indonesia. 2(2)
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Puspitasari, Lasmini. 2012. Pengembangan Berpikir Kreatif Siswa Melalui Praktikum Sederhana. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Prasetyo, Anton David dan Lailatul Mubarkah. 2014. Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo. 2(1)
Pratiwi, Yenni Putri. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Biologi. Skripsi. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
Hamzah dan Nurdin Muhammad. 2011. Belajar dengan Pendekatan Pakem. Jakarta : Bumi Aksara
Yuliani, Nurani Sujiono. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Bandung. Universitas Terbuka
Wahidin, Didin. 1993. Kemampuan Melakukan Penalaran Ilmiah dan Kemampuan Melakukan Elaborasi untuk Memahami Konsep-Konsep Lingkungan Hidup. Tesis.Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Bandung
Tisnawati, Demi. 2012. Penerapan Peta Konsep pada Pokok Bahasan Tekanan untuk Mendeskripsikan Penguasaan Konsep Siswa. Unnes Physics Education Journal.1(1)
Dahar, Ratna Willis. 2011. Teori-Teori Pembelajaran. Bandung:Erlangga
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.687
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.