Pengembangan Media Tutorial Pembelajaran IPA Berbasis Web Untuk Peserta Didik Kelas VIII SMPN 5 Pallangga

Nurwahid Syam

Abstract


Telah dilakukan penelitian & pengembangan yang bertujuan untuk melihat profil media tutorial berbasis web. Prosedur penelitian menggunakan model yang diadopsi four-D (4-D) yang terdiri dari : tahap pendefinisian mencakup analisis awal, analisis perserta didik, analisis konsep, dan analisis tugas. Tahap perancangan mencakup pemilihan media, pemilihan format, dan rancangan awal. Tahap pengembangan, dilakukan validasi oleh para ahli dan direvisi sehingga didapatkan hasil yang layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media tutorial berbasis web dinyatakan valid oleh dua orang pakar dan persepsi praktisi/guru terhadap media tutorial berbasis web adalah 80,65% berarti diterima positif sehingga layak digunakan dalam pembelajaran, begitu pula respon peserta didik adalah 80,47% berarti diterima dengan positif.

Kata kunci: Media tutorial berbasis web

Research and Development had been conducted which aimed at discovering the profile of web-base tutorial media. The procedure of the research employed four-D (4-D) model, which consisted of defining phase included preliminary analysis, student analysis, concept analysis, and task analysis; designing phase that the valudation was conducted by the experts and revision was done to obtain feasible result to be used. The result of the study reveal that the web-based tutorial media is confirmed as valid by two experts and the practitioners/teachers’ perception on the web-based tutorial media developed is feasible as well as the students’ perception on web-based media is on very good category.

Keywords: web-based tutorial media


Full Text:

PDF

References


Munir, 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Rosenberg, M. J. 2001. E-Learning: Strategies for Delivering Knowledge in the Digital Age. New York: McGraw-Hill.

Thohari. 1978. Program Pengajaran Ilmu Pengetahuan Alam.Yogyakarta

Suyoso, Suharto dan Sujoko. 1998. Ilmu Alamiah Dasar. Yogyakarta: IKIP

Handiyanto, Koes. 2003. Strategi pembelajaran Fisika. Malang: Universitas NegeriMalang.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar BaruAlgesindo.

Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Rusman.2010. Model – Model Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Majid,Abdul.2005.Perencanaan Pembelajaran (mengembangkan kompetensi guru).Bandung: Remaja Rosdakarya

Oos M, Anwas. 2003.Model Inovasi E-Learning Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.Jurnal TEKNODIK. Edisi No.12/VII/Oktober/2003

Herman. 1999.Pemanfaatan Internet Untuk Memperbaharui Model Pengajaran di Perguruan Tinggi.Jurnal Cakrawala Pendidikan.No.4 (XVII): 162-166

Davidson & K.LRasmussen, G.V.2006. Web based learning: designing, implementation, and evaluation. Upper Saddle River, NJ: PearsonEducation, Inc.

Thiagarajan, Sivasailam Dorothy S. S. & Melvin I. S. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v5i2.621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.