Comprehensive Teaching Materials Based on Cognitive Conflict Strategies to Reduce Misconception of Calories for Junior High School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adnyani, N. W., Sadia, I. W., & Natajaya, I. N. (2013). Pengaruh strategi pembelajaran konflik kognitif terhadap penurunan miskonsepsi fisika ditinjau dari gaya kognitif siswa kelas X di SMA negeri 1 bebandem. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 4(1).
Anderson, L., Krathwohl, D., & Airasian, P. (2001). A taxonomy for learning, teaching, and assessing: a revision of bloom’s taxonomy of educational objectives. Boston: Pearson Education Group
Fatmawati, A. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran konsep pencemaran lingkungan menggunakan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk SMA kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2), 94-103.
Giancoli, D. C. (2001). Fisika edisi kelima jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Haryono, H., Selirowangi, N., & Aini, K. (2018). The development of worksheets ipa with cognitive conflict strategy to reduce misconception in heat material. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia, 3, 152-156.
Haryono, H. E., Samsudin, A., Aini, K. N., & Siahaan , P. (2021). Teams’ games tournaments with cognitive conflict instruction (CCI) model to unveil students’ misconceptions. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(4), 1343–1355. https://doi.org/10.18844/cjes.v16i4.5983
Hewson, M. G. 1988. The ecological context of knowledge: Implications for learning science in developing countries. Journal of Curriculum Studies, 20(4), 317–326.
Hidayatulloh, M., Humairoh, F., Wachidah, U., Iswati, D. A., & Suliyanah, S. (2015). Pengembangan bahan ajaruntuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi rangkaian listrik dengan scientific approach. Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 5(1), 28-32.
Ihsani, N., Al Idrus, A., & Jamaludin, J. (2020). Perangkat pembelajaran biologi berbasis masalah terintegrasi nilai-nilai islami untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 103-109.
Ismaimuza, D. (2010). Pengaruh pembelajaran berbasis masalah dengan strategi konflik kognitif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis dan sikap siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
Kristianti, E. (2011). Penerapan pendekatan konflik kognitif sebagai upaya mengatasi miskonsepsi pada siswa kelas VIII SMPN 10 Tegal dalam pembelajaran pokok bahasan cahaya tahun ajaran 2010–2011. Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang (UNNES).
Multasyam., Yani, A., Maruf. (2016). Pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar fisika pada siswa kelas X SMA Handayani Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(3), 298-308.
Mosik & Maulana, P. (2010). Usaha mengurangi terjadinya miskonsepsi fisika melalui pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(2), 98-103.
Nana, N. (2018). Penggunaan pendekatan konflik kognitif untuk remediasi miskonsepsi pembelajaran suhu dan kalor. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 8-14).
Pathare, S., & Pradhan, H. C. (2010). Student’s misconceptions about heat transfer mechanisms and elementary kinetic theory. Physics Education, 45(6), 629-634
Pesman, H., & Eryilmaz, A. (2010). Development of a three-tier test to assess misconceptions about simple electric ciccuits. The Journal of Educational Research, 103(3), 208-222.
Prihatiningtyas, S., & Sholihah, F. N. (2020). Project based learning e-module to teach straight-motion material for prospective physics teachers. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(3), 223-234.
Purwanto, M. N. (2000). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Riduwan, A., & Akdon, A. (2013). Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.
Sadia, I W. (2006). Model konstruktivistik (suatu model pembelajaran berdasarkan paradigma konstruktivisme). Makalah. Disajikan pada pelatihan strategi pembelajaran inovatif bagi para guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Klungkung tanggal 1 s/d 2 September 2006.
Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh model pembelajaran langsung (direct instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. In Exacta, 10(1), 1– 10.
Sirait, J. (2012). Pendekatan pembelajaran konflik kognitif untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa SMA pada topik suhu dan kalor. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 1(2), 26-34.
Stavy, R., & Berkovitz, B. (1980). Cognitive conflict as a basis for teaching quantitative aspects of the concept of temperature. Science Education, 64(5), 679–692
Sugiawati, V. A. (2013). Penggunaan strategi konflik kognitif dalam pembelajaran tps untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada materi termokimia. Jurnal Nalar Pendidikan, 1(1), 26-31.
Suryani., Sunarno, W., Soeparmin (2014). Pengembangan modul ipa terpadu berbasis konflik kognitif tema peredaran darah di SMP Negeri 6 Wonogiri. Inkuiri, 3(3), 19-29.
Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Mimbar Pendidikan, 3(24), 4-9.
Wahyuni, A. S. A. (2018). Konsepsi dan miskonsepsi siswa, mahasiswa calon guru, dan guru pada topik cahaya dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(3), 235 – 250.
Wiradana, I. W. G. (2012). Pengaruh strategi konflik kognitif dan berpikir kritis terhadap prestasi belajar ipa kelas vii smp negeri 1 nusa penida. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(2), 1-19.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v9i3.5224
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.