Peranan Metode Pictorial Riddle Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Pada Siswa SMAN 1 Bontonompo

Sitti Awal, Ahmad Yani, Bunga Dara Amin

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen dengan one-group-pretest-posttest-design yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar penguasaan konsep Fisika sebelum dan setelah diajar menggunakan metode Pictorial riddle, serta peningkatan penguasaan konsep Fisika sebelum dan setelah diajar menggunakan metode Pictorial Riddle. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI. IPA.5. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes penguasaan konsep fisika peserta didik yang terdiri dari 20 item dalam bentuk pilihan ganda yang telah divalidasi oleh dua orang validator. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan inferensial (Uji N-Gain). Dari hasil analisis deskriptif penguasaan konsep siswa sebelum diajar dengan menggunakan metode Pictorial Riddle diperoleh skor tertinggi 12, skor terendah 6, skor rata-rata 8,86 dan standar deviasi 7,77. Adapun hasil analisis setelah diajar dengan  menggunakan  metode Pictorial Riddle  diperoleh skor tertinggi 18, skor terendah 7, skor rata-rata 13,36 dan standar deviasi 10,23. Dari Uji N-Gain diperoleh N-Gain = 0,48 yang berarti penguasaan konsep fisika siswa mengalami peningkatan dalam kategori sedang.

Kata Kunci: Penguasaan konsep, Metode Pictorial Riddle

This research is pre experiment with one-group-pretest-posttest-design that aims to determine how the mastery of physics concepts before and after being tauht using methods pictorial riddle and as well as improving mastery of the concepts of physics before and after being taught using methods pictorial riddle. Subjects in this study is the class XI IPA.5. the date collections technique used is the mastery test the concepts of physics students consisting of 20 items in the form of multiple choice questions that have been validated by 2 validator. Date were analyzed using descriptive analysis techniques and inferential (test N-Gain). descriptive analysis of the results of the mastery of the concepts of physics before taught using methods pictorial riddle earned the highest score of 12, the lowest score of 6, the average score of 8,86 and the standard deviation of 7,77. The results of the analysis after being taught bu using methods pictorial riddle earned the test riddle earned the highest score of 18, the lowest score of 7, the average score of 13,36 and the standard deviation of 10,23. Of N-Gain test retrieved N-Gain of 0,48 which means mastery of the concepts of physica students has increased in the medium category test

Keywords: Mastery Test, Methods Pictorial Riddle



Full Text:

PDF

References


Fauziah, dkk. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Pictorial riddle dalam Bentuk Animasi terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Batusangkar. Pillar Of Physics Education, Vol. 2

Mahmudah, dkk. 2014. Pembelajaran Fisika Menggunakan Metode Pictorial riddle dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemampuan Analisis. Jurnal Education, Vol. 3, No II

Marlinasari. 2013. Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri dengan Medi Pictorial Riddle Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Pontianak: Universitas Tanjungpura

Purwanto. 2014. Efektivitas Model Pembelajaran Inquiri Tipe Pictorial riddle dengan Konten Integrasi-Interkoneksi pada Materi Suhu dan Kalor terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Inquiri, Vol. X, NO. 2

Bahri. 2000. Ilmu Tentang Konsep. Yogyakarta: Kanisius

Punaji. 2013. Motode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Malang: Kencana

Sudarminta. 2002. Epistemologi Dasar: Pengantar Filsafat Pengetahuan. Yogyakarta: Kanisiu.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hake, Richard. 2002. Analyzing Change/ Gain Scores. (Online), (http://list.asu.edu), diakses 32 April 2015.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i2.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.