Analisis Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika Pada Peserta Didik Kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang

Nurlaila D Nurlaila D, Muh Tawil, Abd Haris

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan berpikir kreatif fisika pada peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang. Jenis penelitian yaitu merupakan penelitian survei (Ex Post Facto) yang bersifat deskriptif untuk memperoleh data kuantitatif karena peneliti tidak memberikan perlakuan kepada responden sehingga penelitian ini hanya mengungkap variabel itu apa adanya tanpa menghubungkan dengan variabel lain. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 2 Bua Ponrang tahun ajaran 2015/2016 dan sampelnya dipilih secara kelompok dengan pengambilan kelas secara utuh yaitu kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang yang berjumlah 32 peserta didik dengan 8 laki-laki dan 24 perempuan yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kreatif fisika yang telah valid untuk digunakan. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa skor rata-rata keterampilan berpikir kreatif fisika peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang berada dalam rentang kategori rendah dengan persentase 46,88%. Adapun hasil analisis untuk setiap indikator keterampilan berpikir kreatif fisika menunjukkan bahwa indikator yang paling menonjol adalah menemukan sebab-sebab dengan skor rata-rata yaitu 2,70 dan indikator yang paling rendah adalah menerka akibat dari suatu kejadian dengan skor rata-rata yaitu 0,95 dibandingkan dengan indikator yang lainnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tingkat keterampilan berpikir kreatif fisika pada peserta didik kelas XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang masih rendah.

Kata Kunci: Penelitian Ex Post Facto Bersifat Deskriptif-Survei, Keterampilan Berpikir Kreatif Fisika.

This research aims to know the level of skill creative thinking physics at learners class XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang. The kind of research is survey (ex post facto) that are descriptive to obtain quantitative data for research not giving treatment to respondents so that this research is only uncover and that it was without connect with to other variables. But the population or the research is all students class XI IPA SMA Negeri 2 Bua Ponrang academic year 2015/2016 and sample selected conditions groups with the class in their entirety the class XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang amounting to 32 students with 8 man and 24 woman becoming sample in this research. Research instruments used is the test skill creative thinking of physics have valid to be used. The result of the descriptive analysis indicate that skill mean score think is creative thinking physics learners class XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang be over the category low with percentage 46,88%. As for the result of analysis to every indicator creative thinking physics show that the most prominent indicator is to find causes with mean score that is 2,70 and those the lowest indicator of guess is a result of an event with mean score that is 0,95 compared to the with other indicator. So that it can be concluded that level of skill creative thinking physics at learners/participant class XI IPA1 SMA Negeri 2 Bua Ponrang still lower.

Key Words: Ex Post Research Is Descriptive-Survei, Skill Creative Thinking Physics.



Full Text:

PDF

References


Mukaromah, dkk. 2013. Peningkatan Kreatifitas belajar Fisika Mengunakan Model Pembelajaran Snowball Throwing pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Klirong. Jurnal Radiasi, Vol 3(2): Universitas Muhammadiyah Purworejo

Sanjayanti,dkk. 2013. Model Contextual Teaching Learning Bermuatan Pendidikan Karakter terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Sikap Ilmiah Ditinjau dari Motivasi Belajar. E-Journal Program Pascasarjana, Vol 3: Universitas Pendidikan Ganesha.

Suhandi, Wibowo. 2013. Penerapan Model Science Creative Learning (SCL) Fisika Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Vol 2 (1): Universitas Pendidikan Indonesia.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Liliasari, Muh Tawil. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, dkk. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Tiro, Muhammad Arif. 2008. Dasar-dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Ismienar, dkk. 2009. Makalah Thingking (Berpikir). Malang: Universitas Negeri Malang.

Ramadhan, Akbar. 2013.Penerapan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika pada Siswa Kelas IXB SMP Muhammadiyah 12 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Unismuh Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i1.304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.