Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 9 Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 9 Makassar. Populasinya adalah seluruh peserta didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 9 Makassar Tahun Ajaran 2015/2016. Data yang diperoleh dianalisis dengan Statistik deskriptif dan kualitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan perolehan persentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 21,88% dan pada siklus II meningkat menjadi 62,50%. Berdasarkan hasil analisis statistik kualitatif diperoleh kesimpulan bahwa aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran pada siklus II lebih baik dari pada siklus I. Jadi, dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik Kelas XI IPA5 SMA Negeri 9 Makassar.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD), hasil belajar fisika.
This study is a Class Action, which aims to determine the effect of the application of cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) to improve learning outcomes physics students IPA5 Class XI SMA Negeri 9 Makassar. The population is all students Class XI SMA Negeri 9 Makassar IPA5 Academic Year 2015/2016. Data were analyzed with descriptive statistics and qualitative. Descriptive analysis showed the percentage of completeness acquisition of learning outcomes in the first cycle of 21.88% and the second cycle increased to 62.50%. Based on the results of statistical analysis of qualitative conclusion that the activities of students during the learning process in the second cycle is better than the cycle I. Thus, we can conclude the implementation of cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD) can improve learning outcomes of students Class XI physics IPA5 SMA Negeri 9 Makassar.
Key words: cooperative learning model Student Teams Achievement Division (STAD), physics learning outcomes.
Full Text:
PDFReferences
Admin. 2013. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.
Anneahira. 2010. Pengertian pendidikan.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara
Indramunawar. 2009. Hasil belajar, pengertian dan defenisi.
Lie, Anita. 2002. Mempraktekkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: PT. Gramedia
Nisbah, Faisal. 2013. Model Pembelajaran STAD.
Sahabuddin. 2007. Mengajar dan belajar. Makassar : Badan Penerbit UNM
Slavin, Robert E. 2010. Cooperative Learning. Diterjemahkan oleh: Narulita Yusron. Bandung: Penerbit Nusa Media.
Suprijono. 2009. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Surabaya : Pustaka Pelajar
Trianto, M.Pd. 2012. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i1.301
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.