Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk mengetahui meningkatan hasil dan aktivitas belajar fisika peserta didik melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) kelas XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar, pada konsep geajala alam dan keteraturannya pada mekanika benda titik, khususnya materi gaya gravitasi dan elastisitas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA2 SMA Negeri 9 Makassar Tahun Ajaran 2015/2016 sebanyak 36 orang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Sebelum siklus I dilaksanakan, terlebih dahulu dilakukan observasi awal. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Pelaksanaan siklus II merupakan perbaikan dari pelaksanaan siklus I. Data tentang hasil belajar dianalisis secara kuantitatif, sedangkan hasil observasi aktivitas peserta didik dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata penguasaaan materi atau hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 68 dan pada siklus II sebesar 87. Hasil observasi aktivitas peserta didik terjadi pula peningkatan. Hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika peserta didik.
Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Think Pair Share (TPS)
This study is a class action (Classroom Action Research), which aims to determine improve outcomes and learning activities physics students through cooperative learning model Think Pair Share (TPS) class XI IPA 2 SMA Negeri 9 Makassar, the concept geajala nature and regularity at mechanics point objects, especially the material force of gravity and elasticity. The subjects were students of class XI SMA Negeri 9 Makassar IPA2 Academic Year 2015/2016 36 people. This research was conducted in two cycles. Before the first cycle executed, first made the initial observation. Each cycle consists of: action planning, action, observation and evaluation, and reflection. Implementation of the second cycle is an improvement of the implementation cycle of learning outcomes I. Data were analyzed quantitatively, whereas the observation of the activities of learners analyzed qualitatively. The results showed that the average value penguasaaan material or the study of students in the first cycle was 68 and on the second cycle of 87. The observations of learners activity occurs also increasing. The results of the analysis can be concluded that the use of cooperative learning model Think Pair Share (TPS) can increase physical activity and learning outcomes of students.
Key words: Classroom Action Research (PTK), Think Pair Share (TPS)
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2013.Pembelajaran Kooperatif.
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Metode Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Haling, 2007, Belajar dan Pembelajaran, Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar, Makassar.
Ibrahim. 2000. Pembelajaran Kooperatif. UNESA University Press. Surabaya. Kunandar. 2007. Think-Pair-Share.
Mayasa. 2013. Indikator dan Faktor-Faktor Keaktifan Belajar
Mayasa. 2013. Hakikat Keaktifan Belajar.
Maryam Andi. 2007. Skripsi “Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Berpasangan (Think Pair Share) dalam Pembelajaran IPA Fisika Terhadap Sikap Siswa dalam Bidang Fisika Kelas Vii Smp Negeri 24
Makassar”. Universitas Negeri Makassar (UNM)
Nurmawan, Alif Rizky. 2011. Metode Think Pair Share.
Nasution, S, 1986, Asas Asas-asas Kurikulum, Jemmars Bandung, Bandung.
Slameto, 1991, Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Rineke Cipta, Jakarta.
Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Maret 2011.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i1.299
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.