Peningkatan Kreativitas Dan Hasil Belajar Fisika Melalui Pembelajaran Kontekstual (PTK Pada Peserta Didik SMP Negeri 3 Sungguminasa)

Tri Hastiti Fiskawarni

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Clasroom Action Research), yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Tindakan dilakukan untuk meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan hasil belajar fisika melalui pembelajaran kontekstual yang dilaksanakan dalam dua siklus.Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sungguminasa kelas VIIIc. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menghitung rata-rata kelas, ketuntasan belajar individu dan ketuntasan belajar klasikal. Hasil analisis deskriptif dikelompokkan ke dalam kategori sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi, dengan mengacu pada tabel distribusi frekuensi.Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menggunakan lembar pengamatan aktivitas peserta didik, kuesioner kreativitas dan tes hasil belajar fisika. Dari hasil penelitian ini diperoleh data bahwa, aktivitas belajar, kreativitas dan hasil belajar fisika peserta didik meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pembelajaran kontekstual dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas belajar, kreativitas dan hasil belajar fisika peserta didik kelas VIII. c SMP Negeri 3 Sungguminasa. 

Kata kunci: Kreativitas, Hasil Belajar, Kontekstual

Outcomes through Contextual Learning (supervised by Muhammad Sidin Ali and Aisyah Azis)

This study was a classroom action research which covered the planning, action, observation, and reflection. Action was conducted to improve learnin activity, creativity, and Physics learning outcome thorugh contextual learning whicho was conducted in two cycles. The study was conducted in grade VIIIc at SMPN 3 Sungguminasa. Data analysis employed in this study was descriptive analysis by finding the mean score of the class, individual learning mastery, and classical learning mastery. The result of descriptive analysis was grouped in the categories of extremely low, low, fair, hihg, and extremely high which referred to frequency distribution table. Data was collected by employing observation sheet of students’ activity, questionnaire of creativity, and test of Physics learning outcomes. The result revealed that learning activity, creativity, and Physics learning outcomes were improved. The conclusion based on the result was the application of contextual learning in the learning process could improve learning activity, creativity, and Physics learning outcome of grade VIIIc students at SMPN3 Sungguminasa.

Key words: Creativity, Learning Outcomes, Contextual



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Dkk. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Bloom, Benyamin S. 1981. Taxonomy of Educational Objectives, Book 1 Cognitive Domain. New York:Longman.

Bentley, Trevor . 1997. Sharpen Your Team's Skill in Creativity. New York : McGraw Hill Publishing Company. Csikszentmihalyi, Mihaly. 1996.

Creativity. New York: Harper Collins Publishers, Inc.

Hamilton, Birdena. 2000. The Case for Learning Outcomes (http//www.efcefc.ca/training connection/learning.htm.

Herman, Hudojo. 1988. Mengajar Belajar Matematika. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti.

Munandar, S. C. Utami. 1992. Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta : PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.

Natsir, Muh. 2004. Strategi Pembelajaran Fisika. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Nunnaly, Jum C. 1970. Introduction to Psycologycal Measurement. Tokyo, Japan: Tosho Printing Co Ltd.

Oemar, Hamalik. 2001. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Rokhman, Nur. Dkk. 2004. Pengetahuan Sosial Buku 5. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Saifuddin, Azwar. 1999. Dasar-Dasar Psikometri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wartono. Dkk. 2004. Sains. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v4i1.297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.