Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 30 Makassar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 30 Makassar melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Subyek dari penelitian ini adalah 35 orang. Tindakan penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Tindakan siklus I meliputi plan (perencanaan), action (tindakan), observation and evaluation (observasi dan evaluasi), dan reflection (refleksi). Tindakan siklus II merupakan tindak lanjut dan modifikasi dari siklus I. Kriteria keberhasilan adalah penguasan konsep mencapai KKM yang ditetapkan yakni 70 secara individual dan 65% secara klasikal. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar diakhir masing-masing siklus. Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan perolehan data penguasaan konsep berupa nilai hasil belajar setiap siklus. Nilai rata-rata penguasaan konsep meningkat dari 61,57 pada siklus I menjadi 72,29 pada siklus II dengan kata lain belum tuntas KKM pada siklus I menjadi tuntas KKM pada siklus II. Kesimpulan penelitian adalah upaya meningkatkan hasil belajar fisika siswa kelas VII SMP Negeri 30 Makassar melalui model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.
Kata kunci : Penelitian tindakan kelas, snowball throwing, hasil belajar
This research is classroom action research that aims to identify efforts to improve learning outcomes physic VII4 SMP Negeri 30 Makassar through cooperative learning model snowball throwing. The subject of this research is 35 students. Action research conducted in two cycles. Action to cycle I are plan, action, observation, and reflection. Action to cycle II is a follow-up and modification of cycle I. Success criteria is the concept of achieving mastery KKM set is 70 individually and 65% classically. The results was obtained by giving final test in the end of every cycle. The results are described based on obtaining data by concept of achieving mastery that is result value study in every cycle. The average value of the concept of mastery increased from 61,57 in cycle I to 72,29 in cycle II with other words, the cycle I is not complete KKM to complete in cycle II. Conclusion of the studyis an effort to improve learning outcomes physics class VII SMP Negeri 30 Makassar through cooperative model snowball throwing.
Key words: Classroom action research, snowball throwing, learning results
Full Text:
PDFReferences
Ali, S & Khaeruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM
Erna. 2009. Skripsi : Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 3 Marbo Kabupaten Takalar. Unismuh : Skripsi Tidak Diterbitkan
Fathurrahman, dkk. 2010. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penamaan
Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung : Refika Aditama
Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Suprihatiningrum, J. 2013. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta. Ar-Ruzz Media
Suprijono, A. 2013.Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
M Putri., dkk.2014. Penerapan Model Pembelajaran Konstektual Dengan Pendekatan Snowball Throwing Untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif Dan Rasa ingin Tahu Peserta didik SMP. Jurnal Physic Education Vol. 3 No. 1
Daniati, V., dkk. 2013. Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dengan Model Kooperatif Tipe Snowball Throwing Pada Pembelajaran Seni Tari Kelas VIII C di SMP N 1 Bukit Tinggi. E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang. Vol 2 No 1 2013 Seri E. Hal 1
Kd. Ayu Susanti., dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No. 1
Zulaikha, S.2014. Pengaruh Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol. 2 No. 1
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i3.281
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.