Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) seberapa besar keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa setelah diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dan (2) Apakah nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa dapat mencapai 70% dari nilai ideal. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen menggunakan desain One-Shot Case Study dengan melibatkan satu variabel bebas yaitu model pembelajaran berbasis masalah dan satu variabel terikat yaitu keterampilan berpikir kritis siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa sebanyak 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis adalah multiple choice test (tes pilihan ganda) sebanyak 60 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa sebesar 77,83. Kemudian, dari hasil analisis dengan uji t diperoleh thitung sebesar 8,798 lebih besar dari setelah ttabel = 1,864 yang berarti nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Sungguminasa Kabupaten Gowa dapat mencapai 70% dari nilai ideal.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Penelitian Pra Eksperimen, nilai rata-rata, dan nilai ideal.
This research aims to determine (1) how much critical thinking skills of student the tenth grade MIA first of second Sungguminasa Senior High School Gowa District after application of problem-based learning model and (2) whether the average value of the critical thinking skills of student the tenth grade MIA first of second Sungguminasa Senior high School Gowa District can reach 70% of the ideal value. This research is a pre-experimental design using One-Shot Case Study involving one independent variable is the problem-based learning model and the dependent variable is the crtical thinking skills of student’s. This research subjects are student of the tenth grade MIA first of second Sungguminasa Senior High Schoool Gowa District as many as 36 students. The instrument used is the critical thinking skills test is a multiple choice test of 60 questioning. The results showed that the average value of the critical thinking skills of student the tenth grade MIA first of second Sungguminasa Senior High School Gowa District at 77,83. Then, from the results of the analysis of the obtained ttest for 8,798 is greater than ttable = 1,864 which means the average value of the critical thinking skills of student the tenth grade MIA first of Second Sungguminasa Senior High School Gowa District can reach 70% of the ideal value.
Key words: problem-based learning model, critical thinking skills, pre-experimental research, the average value, and the ideal value.
Full Text:
PDFReferences
Anto, Berpikir Kritis, 2010. Website: http://duniaanto.blogspot.com/2010/05/berpikir-kritis.html, diakses tanggal 2 Januari 2014.
Ardana, I.K., Arnyana, I. B. P., dan Setiawan, I. G. A. N., Studi Komparatif Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Msalah dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dan Kinerja Ilmiah Biologi SMA, e-Journal Program Pascasarjana Uniersitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, vol. 3, 2013.
Astika, I. Kd. Urip, Suma, I. K., dan Suastra, I. W., Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Sikap Ilmiah dan Keterampilan Berpikir Kritis, e-Journal Program Pascasarjana Uniersitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, vol. 3, 2013.
Darmawan, Penggunaan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPS di MI Darrusaadah Pandeglang, Jurnal Penelitian Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia Serang, vol. 11, no. 2, 2010, pp. 108-109.
Suprapto, N., Suliyanah, Admoko S., Pembelajaran Fisika di SMA melalui Pertanyaan (Learning by Questioning) dan Keterampilan Berpikir, Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA), vol. 3, no.2, 2013, pp. 3, ISSN: 2087-9946.
Fachrurazi, Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar, Penelitian Edisi Khusus, no. 1, 2011, pp. 80-81, ISSN 1412-565X.
Fisher, A., Berpikir Kritis Sebuah Pengantar, Jakarta: Erlangga, 2008.
Putra, Sitiatava R., Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains, Jogjakarta: Diva Press, 2013.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: Rajawali Press, 2011.
Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2013.
DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i3.278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Jurnal Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.