Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Melalui Model Pembelajaran Guided Discovery Pada Siswa Kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah

Nadriani Nadriani, Aisya Azis, Nurlina Nurlina

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan seebanyak 5 kali pertemuan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD), tes hasil belajar siswa, lembar observasi aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus petama yang tuntas secara individual dari 30 siswa hanya 19 orang atau 63.3%  yang memenuhi criteria ketuntasan minimal (KKM). Sedangkan pada siklus kedua dimana 30 peserta didik terdapat 29 peserta didik atau 96.7% telah memenuhi KKM, sehingga ketuntasan secara klasikal tercapai.Berdasarkan hasil penelitian tersebut diatas, dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik kelas XI SMA Islam Terpadu Wahdah Islamiyah Makassar melalui Model Pembelajaran guided discovery mengalami peningkatan.

Kata kunci : Guided Discovery, hasil belajar Fisika

This study is a Class Action Research (Classroom Action Research), which consists of two cycles where each cycle executed seebanyak 5 meetings. Subjects in this study were all students of class XI SMA ISAM Wahdah Islamiyah in the second semester of the academic year 2014/2015 as many as 30 people. Data collection techniques used were Worksheet Students (LKPD), the test results of student learning, student activity observation sheet. The results showed that the cycle is completed individually First Instance of 30 students only 19 people or 63.3%, which meets the minimum completeness criteria (KKM). While in the second cycle in which 30 students there are 29 students or 96.7% have met KKM, so that in classical completeness is reached. Based on the results of the above study, we can conclude the study of students of class XI SMA ISAM Wahdah Islamiyah Makassar through guided discovery learning model has increased.

Keywords: Guided Discovery, learning outcomes Physics


Full Text:

PDF

References


Cahyo, AN. 2012. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta : Diva Press

Mohamad, N, dkk. 2011. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara

Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shirna Media

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Suprijono, A. 2009. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Faidah, N. 2014. Penerapan strategi motivasi ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dalam pembelajaran kooperatif tipe Learning together untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar matematika siswa Kelas VIIIA MTs Aisyiyah Sungguminasa Kabupaten Gowa. Skripsi.

Saputro.HE. 2012. Implementasi Metode Guided Discovery dalam pembelajaran PAI di SMA Negri 1 Lasem kabupaten Rambang. Tesis.

Sudrajat. 2008. Pendekatan Strategi Metode Tehnik dan Model Pembelajaran. (Online), http://akhmadsudrajat.wordpress.com, diakses 09 Desember 2014.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i3.275

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.