Pengaruh Virtual Experiment Terhadap Hasil Belajar Fisika Kelas XI MA. Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang

Syamsul Rijal, Abd Haris, Rahmini Hustim

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Eksperimen Semu. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang hasil belajar fisika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang Kabupaten Jeneponto  yang diajar dengan menggunakan Virtual Experiment dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa yang diajar dengan menggunakan virtual experiment dan yang diajar menggunakan metode  konvensional. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design yang melibatkan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebasnya berupa: model pembelajaran virtual experimen yang diajar pada kelas eksperimen dan model pembelajaran konvensional yang diajar pada kelas kontrol. Variabel terikatnya berupa hasil belajar fisika kognitif siswa. Hasil analisis statistik deskriptif mengungkapkan bahwa skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas eksperimen adalah 22,70 dan skor rata-rata hasil belajar fisika siswa kelas kontrol adalah 21,32. Hasil analisis statistik inferensial mengungkapkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar fisika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang  yang diajar dengan menggunakan Virtual Experiment dan yang diajar dengan menggunakan metode konvensional pada taraf signifikasi Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa Virtual Experiment dapat digunakan dalam pengajaran fisika siswa kelas XI MA Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang Kabupaten Jeneponto.

Kata Kunci: hasil belajar, Virtual Experiment

This study was a Quasi Eksperimental research. This study aimed to obtain information about the results of learning physics class XI MA Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang district Jeneponto taught  using virtual experiment and to determine whether there is a significant influence between the learning outcomes of student who are taught physics by using virtual experiments and are taught using methods conventional. The design used in this study is Nonequinalent control group design involving two independent variables and the dependent variable. The independent variable such as: virtual eksperiment learning that are taught in class experiments and conventional learning models that are taught in the control class. The dependent variable in the form of result learn cognitive physics students. The result of descriptive statistical analysis revealed that the average score physics student learning outcomes experimental class was 22,70 and the avarage score of student learning outcomes physics control class 21,32. Interferential statistical analysis revaled that a significant difference between the results of studying phisics XI MA Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang taught by using virtual experiments and are taught using conventional methods at significance level  From the analysis of data it can be concluded that the virtual experiment can be used in the teaching of physics students XI MA Nahdlatul Ulum 2 Bontoparang Jeneponto.

Key words: learning outcomes, Virtual Experiment


Full Text:

PDF

References


Aryani.A.K. dan Sunarno, Widha. 2002. Pembelajaran IPA dengan Inkuiri bebas Termodifikasa menggunakan LAB Riil dan LAB Virtuil ditinjau dari Kemempuan Berpikir dan Gaya Belajar siswa. Jurnal Inkuiri, 1(2). Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Mubarrok, F.M. dan Mulyaningsih, S. 2011. Penerapan Pembelajaran Fisika pada Materi Cahaya dengan Media PhET Simulations untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa di SMP. Jurnal Penelitian. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

S. Verdu, Multi-user detection, Cambridge University Press, 1998.

Ali, S dan Kheruddin. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM

Arifin, Z. 2009. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i3.273

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.