Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju

Apriani Murlin, Muh Tawil, Abd Samad

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mendeskripsikan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran eksperimen dengan LKPD Terstruktur, dan (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju setelah diterapkan metode pembelajaran eksperimen dengan LKPD Terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan sampel populasi penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 2 SMA  Negeri 2 Sukamaju dengan jumlah peserta didik 36 orang. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-test Post-test Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju setelah diterapkan  metode pembelajaran eksperimen dengan LKPD Terstruktur dengan hasil pre-test diperoleh skor maksimal perolehan peserta didik 15 dan skor minimum 4 dan pada saat post-test skor maksimal perolehan peserta didik 19 dan skor minimum 5. Peningkatan hasil belajar kognitif secara menyeluruh dari uji N-gain, peserta didik termasuk dalam kategori rendah yaitu 0,158. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar fisika peserta didik kelas X IPA 2 SMA Negeri 2 Sukamaju mengalami peningkatan setelah diajar dengan metode pembelajaran eksperimen dengan LKPD Terstruktur.

Kata kunci: Penelitian Pra Eksperimen, Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur, Hasil Belajar, Data kuantitatif

This study aims to : ( 1 ) describe the results of studying the physics students of class X SMA Negeri 2 Sukamaju before and after application of the experimental method with LKPD Structured learning , and ( 2 ) to describe the physics learning outcome of students in class X SMA Negeri 2 Sukamaju after application experimental learning methods with Structured LKPD . The research is a pre - experimental study with a sample of the study population are students of class X IPA 2 SMA 2 Sukamaju the number of learners 36 . The study design used was one group pre-test post- test design . The results showed that there was an increase in student learning outcomes physics class X SMA Negeri 2 Sukamaju after application of experimental teaching methods to LKPD Structured with the pre-test scores obtained learners gain the maximum score of 15 and a minimum of 4 and at post-test maximum score gains students 19 and a minimum score of 5. Improving overall cognitive learning outcomes of the N -gain test , learners are included in the category of low at 0.158 . Based on the results of this study concluded that the results of studying the physics students of class X SMA IPA 2 2 Sukamaju increased after being taught to experiment with teaching methods Structured LKPD .

Keywords: Pre Experimental Research , Application Method Experiment with LKPD Structured Learning , Learning Outcomes , quantitative data.



Full Text:

PDF

References


Aldila, Eva. 2013. Iscovery learning (penemuan terbimbing) Pengembangan LKPD terstruktur berbasis guided. Skripsi :IKIP PGRI: Semarang

Ariesta & Supartono. 2011. Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar II Berbasisi Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kerja Ilmiah Mahapeserta didik. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 7 (2): 62-68

Arikunto, S. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara

Faizi, Mastur. 2013. Ragam Metode Mengajarkan Eksakta Pada Murid. Yogyakarta: Diva Press

Oktaviastuti, Ria. 2014. Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika sebagai Upaya Melatihkan Keterampilan Proses Sains Peserta didik Kelas XI di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo (jurnal issn). Surabaya: UNS

Prastowo, Andi. 2013. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva Press

Purwanto. 2008. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar

Rizema, Sitiatava Putra. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jember: Diva Press

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Propesionalisme Guru (Edisi Kedua). Bandung: Raja Gravindo Persada.

Setyawan, Sigit. 2013. Nyalakan Kelasmu. Jakarta: Grasindo

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View JPF Stats

   Free counters!

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pendidikan Fisika (p-ISSN: 2302-8939, e- ISSN: 2527-4015) Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.