Kemampuan Menarik Kesimpulan Berdasarkan Tabel Dan Grafik Fisika Pada Peserta Didik Kelas X(MIA) SMA Barrang Lompo

Astiani Astiani, M Agus Martawijaya, Rahmini Hustim

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian Ex-Post Facto yang bersifat deskriptif-survei Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X(MIA) SMA Barrang Lompo yang terdaftar pada tahun 2014/2015 dengan jumlah peserta didik 43 orang dengan 21 orang peserta didik sebagai sampel penelitian.Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitan ini adalah data mengenai kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan tabel dan grafik peserta didik yang diambil dengan cara memberikan tes uraian tertulis. Pemberian skor dirangkum dengan menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan statistik deskriptif untuk memperoleh gambaran secara kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh skor rata-rata kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan tabel dan grafik peserta didik adalah sebesar 41,52  dari skor ideal yaitu 60. Dari 21 orang peserta didik, umumnya memiliki kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan tabel dan grafik berada pada kateogri sedang.

Kata kunci: penelitian Ex-Post Facto bersifat deskrpitif-survei, kemampuan menarik kesimpulan berdasarkan tabel dan grafik, data kuantitatif.

This study is the Ex-Post Facto descriptive-survey. Thesubjects are registered students of class X (MIA) SMA Barrang Lompo in 2014/2015 with 43 people as population and 21 students asthe sample.Data collection techniques isdata regardinglearnersability to draw conclusions based on tables and graphs by providing a written description test.Scoring summarized using the observation sheet.Collected data analyzed using descriptive statistics to obtain a quantitative description.Based on the results of data analysis and discussion,the average score of ability to draw conclusions based on tables and graphs of learners obtainedis at 41.52 from the ideal score,thatis 60. Generally, the 21 students have ability to draw conclusions in moderate category.

Keywords: Deskrpitif-surveyof Ex-Post Facto study, ability to draw conclusions based on tables and graphs, quantitative data.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Arsyad, Z. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Djaali, dkk. 1986. Evaluasi Pendidikan. Ujung Pandang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Proyek Sistem Pendidikan Jarak Jauh dengan Satelit (SISDIKSAT) BKS-PTN-INTIM-IPB-USAID-/AED Kantor Pusat.

Gie, The Liang. 2006. Pengantar Logika Modern I/II. Yogyakarta: Karta Kencana.

Hasbullah. 2005 Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kementrian Pendidikan Nasional. 2010. Pendidikan Karakter di SMP. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Noor, M. 2001. Pendekatan Keterampilan Proses. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Saifuddin. 1996. Tes Prestasi, Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.

Soekardijo. R. G. 1989. Logika Dasar Tradisional, Simbolik, dan Induktif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sulityono, T. 2003. Wawasan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Tirtahardjo, U. 2005. Pengantar pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang System Pendidikan Nasional.

Khaeruddin, dkk. 2006. Peningkatan Hasil Belajar Proses Sains – Fisika Melalui Strategi Berpikir Secara Berpasangan pada SMA Negeri 9 Makassar. Makassar: Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Fisika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar.




DOI: https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pendidikan Fisika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View JPF Stats

   Free counters!

Jurnal Pendidikan Fisika  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.